pengertian teknologi wifi

Apa Itu Definisi dan Sejarah Wifi (WaiFai) serta Kelebihan Kekurangannya

Di era yang sudah maju seperti saat ini, masyarakat dituntut untuk lebih melek teknologi termasuk juga tahu apa itu teknologi WiFi. Teknologi yang satu ini tidak lepas dari berbagai jenis penggunaan perangkat mulai dari handphone hingga laptop.

Teknologi wifi sendiri digunakan agar bisa tersambung dengan internet yang kemudian bisa digunakan untuk melakukan browsing sesuai dengan kebutuhan. Penggunaan teknologi yang satu ini juga digunakan oleh hampir semua lapisan masyarakat.

Jika membicarakan tentang teknologi internet yang satu ini, maka tidak akan terlepas dari pengertian, sejarah hingga kelebihan dan kekurangan WiFi itu sendiri. Simak penjelasan berikut untuk keterangan lebih jelasnya.

Apa Itu Definisi dan Pengertian dari Teknologi Wi-Fi

Teknologi WI-FI

Wi-Fi yang merupakan kependekan dari Wireles Fidelity adalah sebuah teknologi yang menggunakan perangkat elektronik untuk digunakan bertukar data melalui gelombang radio (nirkabel) menggunakan jaringan komputer. Dengan adanya Wi-Fi, hal ini memungkinkan Anda untuk berkomunikasi kepada banyak orang melalui perangkat tanpa menggunakan kabel.

Sekarang, penggunaan Wi-Fi sudah bertambah banyak terutama pada masa pandemi ini dimana orang-orang diminta untuk tetap bekerja dari rumah demi keamanan dan kesehatan. Adanya teknologi ini membuat aktivitas dan pekerjaan jarak jauh Anda menjadi semakin mudah.

Sejarah dan Asal Mula Ditemukannya W-Fi

Teknologi WI-FI

Dulu, teknologi Wi-Fi tidak menggunakan penyebutan yang seperti sekarang ini. Pada awalnya teknologi ini dimulai pada tahun 1997 dimana sebuah lembaga bernama IEEE berhasil membuat teknologi berkode 802.11. Teknologi ini merupakan Wireless Local Area Network (WLAN) pertama yang berhasil dibuat.

Teknologi ini dapat digunakan untuk perangkat yang memiliki standar yang sesuai dan dapat bekerja pada frekuensi 2,4 Ghz dengan kecepatan transfer 2 Mbps.

Hingga pada tahun 2002, lembaga independen IEEE berhasil membuat spesifikasi baru dan menambahkan kemampuan pada teknologi 802.11. Kecepatan transfer data sudah meningkat cukup besar, yaitu menjadi 54 Mbps pada frekuensi 2,4 Ghz.

Pada tahun 2006, Multiple Input Multiple Output (MIMO) menjadi teknologi baru yang dikembangkan dari teknologi Wi-Fi. Kecepatan transfer data sebanyak 108 Mbps dan dengan peningkatan lain seperti jumlah pengguna yang dapat terhubung, kecepatan transfer data, dan kelebihan dalam reabilitas.

Wi-Fi ini semakin berkembang seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi. Semakin kesini kecepatan transfer data yang dimiliki oleh Wi-Fi juga semakin cepat. Bukan hanya itu saja, keamanan dalam koneksi internet juga semakin ditambah.

Sekarang bukan hanya digunakan untuk menyambungkan perangkat elektronik ke internet saja. Namun Wi-Fi juga dapat digunakan untuk mentransfer berbagai jenis data dengan berbagai ukuran ke banyak perangkat.

Wi-Fi menjadi teknologi penting yang bahkan sudah banyak terpasang di berbagai tempat. Misalnya saja di restoran, kafe, hingga sekolah. Selain memudahkan untuk mengakses internet juga bisa meningkatkan bisnis Anda.

Apa Saja Manfaat dari WiFi Sebagai Teknologi Lalu-lintas Data

Teknologi WI-FI

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan teknologi Wi-Fi. Beberapa manfaat Wi-Fi dalam lalu lintas data diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Transfer video => Anda dapat dengan mudah memindahkan file seperti video dari kamera langsung ke komputer. Hasil video yang telah Anda ambil bisa langsung Anda transfer ke komputer jika kamera dan komputer sudah terhubung melalui Wi-Fi.
  • Terhubung ke internet => Dengan menggunakan Wi-Fi maka secara otomatis perangkat elektronik Anda juga akan terhubung ke internet. Perangkat seperti smartphone, PC, dan tablet bisa Anda gunakan untuk terhubung ke dunia maya.
  • Cetak printer => Anda sudah tidak perlu menggunakan kabel USB jika perangkat sudah terhubung ke printer melalui Wi-Fi. Sehingga ketika akan mencetak sebuah file Anda cukup klik tombol Print dan file akan langsung tercetak.
  • Kirim file => Mengirim file maupun folder ke perangkat lain menjadi mudah berkat adanya Wi-Fi. Misalnya Anda ingin mengirim file berupa foto ke teman Anda maka perangkat yang sudah terhubung ke Wi-Fi bisa langsung menerima kiriman file Anda.
  • Sinkronisasi handphone => Jika biasanya menghubungkan handphone ke komputer harus menggunakan bantuan kabel USB, sekarang sudah tidak perlu lagi. Cukup dengan mengaktifkan bagian wireless pada handphone Anda dan perangkat sudah terhubungkan satu sama lain.

Dengan berbagai manfaat yang dimiliki oleh Wi-Fi membuat Anda dapat dengan mudah bertukar data dan infromasi ke teman maupun rekan Anda.

4 Kelebihan dari Teknologi Wi-Fi

Teknologi WI-FI

Setelah menggunakan jaringan nirkabel seperti Wifi, mungkin Anda sudah bisa merasakan sendiri kelebihan yang dimiliki oleh teknologi ini. Beberapa kelebihanĀ  Wifi adalah sebagai berikut.

  • Praktis => Penggunaan Wifi membuat pekerjaan Anda menjadi semakin mudah. Anda bisa melakukan pekerjaan seperti mengirim email dan bertukar file dimana pun dan kapan pun sehingga lebih praktis dan meningkatkan produktivitas.
  • Hemat biaya => Dengan menggunakan Wi-Fi Anda bisa menghemat anggaran dan waktu untuk biaya pemasangan, biaya tenaga kerja, dan biaya kabel.
  • Tahan lama => Penggunaan jaringan nirkabel selain mudah dalam perawatan juga dapat bertahan cukup lama. Ketika ingin memindahkan jaringan ke tempat lain pun mudah untuk dilakukan.
  • Tanpa banyak konfigurasi => Banyak perangkat yang bisa terhubung ke router tanpe perlu menggunakan konfigurasi apapun. Hal ini tentu memudahkan pengguna karena hhanya butuh beberapa detik saja untuk menghubungkannya.

Dengan kelebihan-kelebihan di atas tentu pekerjaan Anda menjadi semakin mudah.

4 Kekurangan dari Teknologi Wifi

4 kekurangan

Selain kelebihan, Wi-Fi juga memiliki kekurangan. Beberapa kekurangan yang bisa Anda rasakan adalah sebagai berikut.

  • Sinyal terganggu => Sinyal dari perangkat Wi-Fi dapat terganggu jika ada perangkat elektromagnetik ataupun dinding yang menghalangi kelancaran sinyal Anda. Sinyal yang terganggu dapat membuat kegiatan transfer data menjadi lebih lambat atau bahkan berhenti di tengah jalan.
  • Lambat dibanding LAN => Penggunaan kabel untuk proses transfer data lebih cepat dibanding menggunakan Wi-Fi. Hal ini dikarenakan Wi-Fi terdapat banyak gangguan salah satunya adalah sinyal yang tidak selalu besar.
  • Masalah keamanan => Jika jaringan Wi-Fi milik Anda adalah jaringan terbuka maka akan rentan dengan peretasan. Ini mudah dilakukan oleh oknum tak bertanggungjawab yang menggunakan ID milik Anda untuk mengakses jaringan nirkabel di rumah Anda. Gunakan password jika memang ingin lebih aman.
  • Jangkauan sinyal terbatas => Ketika Anda menjauh dari sumber Wi-Fi maka sinyal yang Anda dapatkan juga semakin kecil. Hal ini karena jangkauan yang dimiliki oleh jaringan Wi-Fi di gedung biasanya terbatas hanya sekitar 150 meter saja.

Kekurangan yang dimiliki oleh teknologi WiFi dapat Anda gunakan untuk mempertimbangkan pemasangan jaringan nirkabel di rumah Anda. Tidak ada salahnya jika Anda ingin berhati-hati bukan.

Anda memiliki kelebihan pulsa dan ingin menukarnya dengan uang tunai? Anda bisa langsung menghubungi Sukma Convert, jasa convert pulsa yang terpercaya. Sebelum melakukan penukaran, Anda bisa cek terlebih dahulu harga tukar yang kami tawarkan.

Posted in Wawasan Umum and tagged , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *