apa itu beidou

Pengertian BeiDou Sebagai Sistem Navigasi Buatan China

Apa itu BeiDou sebagai salah satu sistem navigasi satelit di dunia? Beidou adalah satelit navigasi yang dimiliki oleh negara China yang terdiri dari 2 konstelasi satelit terpisah. Satelit ini telah beroperasi sejak tahun 2000 yang lalu dan merupakan sistem navigasi global yang telah banyak digunakan.

Apa Itu BeiDou dan Sejarah Diciptakannya

apa itu beidou dan sejarah diciptakannya

Beidou adalah sistem navigasi yang berbasis satelit yang menyerupai GPS atau Global Positioning System yang dimiliki oleh Amerika Serikat. Satelit ini dibangun untuk mengurangi ketergantungan pada penggunaan GPS. Negara China mengembangkan sistem satelitnya pada tahun 1990an dan dengan peluncuran satelit pertama yang mereka lakukan pada Oktober tahun 2000.

Sistem BeiDou yang pertama secara resmi disebut juga dengan sistem Eksplorasi Navigasi Beidou Satellite yang juga dikenal dengan sebutan BeiDou-1. Sistem ini terdiri dari 3 satelit dengan cakupan yang masih terbatas serta untuk keperluan aplikasi. Sistem ini menawarkan layanan terutama bagi para pelanggan China dan juga negara tetangga sejak tahun 2000.

Adapun iterasi terbarunya adalah BDS-3 dengan 30 satelit yang berguna untuk aplikasi untuk pemosisian dan komunikasi pesang singkat.

BDS-3 sendiri memiliki bandwidth yang lebih tinggi dan memungkinkan terjadinya peningkatakan kemampuan komunikasi hingga membawa jam atom untuk meningkatkan ketepatan waktu. Kemampuan ini tentu lebih baik dibandingkan dengan pendulunya yakni BDS-2.

BeiDou Jika Dibandingkan GPS

apa itu beidou dan jika dibandingkan dengan gps

Seperti yang diketahui, GPS merupakan pemimpin dalam sistem pemosisian satelit global. GPS juga telah banyak digunakan untuk berbagai keperluan di banyak negara. Namun, sekarang ada juga BeiDou yang disebut-sebut sebagai saingan berat dari GPS.

BeiDou juga menjadi salah satu dari sistem navigasi terbesar di dunia, selain GPS (Global Positioning Global) milik Amerika, GLONASS (Global Navigation Satellite System) milik Rusia, dan juga Galileo milik Eropa.

BeiDou mampu berkembang secara cepat. Hal ini dibuktikan dengan peluncuran 18 satelit di tahun 2018. Namun di tahun berikutnya, peluncuran kembali dioperasikan dengan total 35 satelit. Jumlah satelit tersebut tentunya melebihi GPS yang hanya memiliki total 31 satelit.

Adapun generasi ketiga dari satelit BeiDou milik China diklaim memiliki tingkat akurasi yang lebih baik dibandingkan dengan GPS.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan BeiDou

apa itu beidou serta kelebihan dan kekurangannya

Selain mengetahui pengertian BeiDou, penting juga untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan sistem navigasi satu ini. Adapun kelebihan yang ditawarkan oleh BeiDou adalah satelit-satelitnya yang dilengkapi dengan layanan untuk pencarian hingga penyelamatan internasional.

Keunggulan lainnya juga bisa ditemukan dalam layanan untuk pelaporan lokasi dan juga komunikasi pesan singkat. Sebagai salah satu navigasi satelit terbesaar, BeiDou juga telah digunakan untuk tujuan komersial dengan jangkauan yang diperluas, bukan hanya di kawasan Asia saja.

Untuk kekurangan dari sistem navigasi ini sendiri adalah proses transmisi 2 arahnya yang melibatkan satelit pengirim sinyak ke permukaan dan perangkat penerimanya yang mengurangi tingkat presisi atau keakuratan. Ia juga membutuhkan lebih banyak bandwith. Meski demikian, China terus berusaha untuk meningkatkan kemampuan satelit yang dimilikinya.

Bagi Anda yang tertarik ingin menukar pulsa dengan uangĀ  atau dalam bentuk saldo ecommerce dan yang lainnya, bisa segera menghubungi Sukma Convert. Kami merupakan jasa convert pulsa yang aman dan terpercaya di bidangnya. Jika tertarik, Anda bisa segera menghubungi kami di salah satu kontak yang tersedia dan customer service akan segera melayani Anda.

Posted in Wawasan Umum and tagged , , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *