Apa itu Paypal dan Sejarahnya

Kelebihan dan Kekurangan Paypal serta Perjalanan Panjangnya sebagai Pembayaran Online

Apa itu paypal dan sejarahnya merupakan hal yang umum ditanyakan terutama oleh mereka yang baru mengenal paypal. Keberadaan paypal sendiri merupakan salah satu sistem pembayaran uang elektronik dengan berbagai manfaat menguntungkan yang bisa dicoba. Penggunaan paypal sendiri cukup populer, termasuk juga di Indonesia.

Apa itu Paypal Sebagai Transaksi Jual Beli Online

apa itu paypal dan sejarahnya

Lantas apa itu paypal? Paypal adalah sistem pembayaran yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran secara mudah dan aman. Alat transaksi yang satu ini merupakan rekening virtual yang menyediakan jasa transfer dan pembayaran yang dilakukan secara online.

Sistem pembayaran dari paypal juga didukung dengan jaringan yang kuat, sehingga menguntungkan bagi para penggunanya. Dengan adanya paypal, hal ini akan mempermudah Anda dalam melakukan pembayaran berbagai produk secara online hingga menerima dana dari mereka yang juga memiliki paypal ataupun jenis kartu kredit.

Dengan adanya paypal, pembayaran produk online akan semakin mudah. Hal ini tidak lepas dari berbagai fasilitas keuangan di dalamnya dan memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi online di seluruh dunia. Banyak penjual toko online yang sudah menggunakan paypal untuk keperluan berbagai transaksi yang dimiliki.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Paypal

kelebihan dan kekurangan paypal

Seperti alat transaksi yang lain, paypal juga memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Untuk itu, calon pengguna diharapkan mengetahui ragam kelebihan dan kekurangan paypal sebelum memutuskan untuk menggunakan alat transaksi yang satu ini.

Adapun kelebihan paypal sendiri cukup beragam. Beberapa kelebihan paypal antara lain adalah sebagai berikut:

1. Kirim uang menjadi lebih cepat

Penggunaan paypal sendiri sangat membantu saat digunakan dalam melakukan transfer uang beda negara secara lebih mudah, sehingga menghemat waktu. Bagi Anda yang gemar melakukan transaksi dengan toko online atau perorangan di luar negeri, keberadaan paypal tentu akan sangat membantu.

2. Biaya tahunan gratis

Banyak orang yang merasa terbebani dengan biaya tahunan dari suatu alat transaksi. Namun, hal ini tidak akan ditemui jika Anda menggunakan paypal. Uniknya lagi, Anda juga bisa menggunakan berbagai fitur di dalamnya tanpa harus membayar biaya sepeserpun.

3. Mendapatkan banyak diskon menarik

Hampir setiap orang senang berburu diskon karena bisa mendapatkan produk dengan harga yang lebih murah. Paypal sendiri bekerja sama dengan banyak toko retail yang ada di berbagai negara. Alhasil, pengguna bisa menjelahi retail yang ada tersebut untuk menemukan produk dengan harga miring atau yang tengah diskon.

Meski memiliki banyak manfaat, namun paypal juga memiliki beberapa kekurangan yang sebaiknya diperhatikan. Adapun beberapa kekurangan yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut:

1. Penyalahgunaan paypal dari pihak yang tidak bertanggung jawab

Ada banyak pihak tidak bertanggung jawab yang menggunakan akun orang lain dan menghabiskan dana mereka. Hal ini tentu sangat merugikan bagi para pengguna akun paypal. Penting bagi Anda untuk selalu waspada terutama dengan email palsu yang dijadikan sebagai pancingan untuk melakukan penipuan.

2. Harus memiliki kartu kredit

Dalam menggunakan paypal, Anda memerlukan kartu kredit. Kartu kredit sendiri berguna untuk dijadikan alat dalam melakukan verifikasi. Kartu tersebut juga akan dijadikan sebagai sumber dana ketika Anda ingin melakukan pengiriman dana hingga membeli barang.

3. Proses penarikan uang yang cukup lama

Bagi Anda yang membutuhkan uang dalam waktu cepat, maka penggunaan paypal kurang direkomendasikan. Hal ini tidak lepas dari proses penarikan uang yang cukup lama, antara 2 sampai dengan 4 hari. Dengan demikian, Anda harus menunggu dulu sebelum bisa menarik uang yang dimiliki.

Selain kekurangan diatas, alat transaksi yang satu ini juga memotong fee tiap transaksi yang cukup besar. Alhasil, paypal dirasa kurang menguntungkan digunakan oleh mereka yang baru memulai usaha dengan laba yang belum stabil.

Sejarah Berdirinya Paypal Dimulai pada Tahun 1998

sejarah paypal

Apa itu paypal serta sejarahnya sendiri dimulai Desember 1998 saat Peter Thiel dan Max Levchin mendirikan perusahaan yang dinamakan Confinity. Perusahaan ini menjadi perantara pembayaran Palm Pilot serta penyedia layanan kriptografi.

Sedangkan pada tahun 1999, Elon Musik mendirikan perusahan X.com yang merupakan perusahaan perencanaan keuangan. Selanjutnya, Confinity dan juga X.com bergabung menjadi paypal Coorporation dengan potensi yang cukup menjanjikan.

Paypal sendiri terus mengembangkan layanannya dengan memperkenalkan tipe akun baru yang digunakan bagi para pengguna bisnis. Pada akhir tahun 2001, lebih dari seperlima dari sekitar 12,8 juta akun paypal telah mengalami upgrade ke tipe paypal yang satu ini.

Hingga pada akhirnya paypal mampu memikat eBay yang kemudian mengakuisisi Paypal pada tahun 2002.

Ada banyak lapak eBay yang sudah menggunakan paypal sebagai alat pembayarannya. Potensi paypal yang bagus membuat pesaingnya mulai dari Citibank C21T dan juga Yahoo! PayDirect yang ditutup pada tahun 2004.

Perkembangan Popularitas Paypal pada Masyarakat Global

penggunaan paypal sebagai pengganti kartu kredit

Hingga sekarang, sudah ada banyak sekali situs internasional yang menggunakan paypal sebagai alat transaksi dalam menerima pembayaran. Beberapa diantaranya adalah Amazon, Alibaba, Jvzoo, Ebay, dan lain sebagainya. Bahkan, saat Anda ingin melakukan perjalanan, Anda juga bisa memanfaatkan paypal sebagai alat untuk melakukan pembayaran trip yang dilakukan.

Paypal juga bisa juga digunakan untuk membayar iklan yang ada di twitter hingga Facebook. Inilah kenapa, ada banyak pemilik toko online yang memiliki paypal, dimana salah satunya agar bisa digunakan untuk membayar iklan.

Penggunaan paypal memang sangat populer, tidak hanya bagi penjual maupun pembeli toko online, namun juga bagi perorangan. Bagi penjual, paypal merupakan alat pembayaran yang fleksibel dan bisa menjadi alat pembayaran yang aman saat melakukan transaksi di eBay.

Sedangkan bagi perorangan, penggunaan paypal memungkinkan seseorang untuk melakukan pengiriman uang secara lebih mudah ke teman, keluarga, atau bahkan kerabat. Dengan ragam kegunaannya, maka tidak heran jika paypal banyak dipilih sebagai alat pembayaran di dunia global dan dimiliki oleh berbagai kalangan untuk berbagai keperluan.

Perkembangan Paypal sebagai Pendukung Transaksi Online di Indonesia

Apa itu Paypal dan Sejarahnya

Seperti yang kita tahu, keberadaan toko online membuat kita bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan. Tidak hanya pelanggan dari Indonesia saja, melainkan juga dari luar negeri. Untuk memudahkan terjadinya transaksi beda negara, maka dibutuhkan sistem transaksi yang bisa mempermudahnya. Salah satunya adalah dengan menggunakan paypal.

Indonesia juga menerima alat pembayaran paypal sebagai salah satu cara transaksi terutama bagi para penjual online. Pemilik toko online di Indonesia banyak yang membuat akun paypal untuk melayani pembelian dari berbagai negara secara lebih mudah dan cepat.

Demikian adalah penjelasan tentang apa itu paypal dan sejarahnya yang harus Anda tahu. Sukmaconvert sendiri merupakan jasa convert pulsa yang bisa Anda andalkan dalam penukaran pulsa menjadi uang tunai.

Tidak hanya itu, namun pulsa yang Anda tukar juga bisa dikembalikan dalam bentuk saldo dompet digital hingga pembayaran di toko online. Sukmaconvert juga  menyediakan jasa tukar pulsa via paypal sesuai dengan kebutuhan.

Posted in Wawasan Umum and tagged , , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *