Pengertian VPN dan Kelebihan serta Kekurangannya

Pengertian VPN dan Kelebihan serta Kekurangannya

Bagi yang suka bermain internet tentu harus tahu apa itu VPN atau Virtual Private Network. Banyak pengguna internet yang mengunakan jaringan ini untuk mengakses berbgaai situs dengan lebih mudah. Ketika kamu menggukaan VPN, maka kamu bisa mengakses situs secara pribadi melalui server lain.

Definisi dan Pengertian VPN yang Perlu Kamu Tahu

Definisi dan Pengertian VPN yang Perlu Kamu Tahu

VPN bisa membantu menghubungkan komputer atau telepon selulermu ke perangkat lain. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengakses internet menggunakan koneksinya meskipun berada di tempat yang berbeda.

Bukan hanya organisasi saja yang bisa menggunakan VPN. Saat ini, layanan ini semakin ramai digunakan agar bisa mengakses jaringan tanpa batasan wilayah serta waktu. VPN juga bisa dikatakann sebagai satu fitur pada komputer yang membuat kita semakin aman dalam mengakses internet.

Apa Saja Manfaat dan Kegunaan VPN

Apa Saja Manfaat dan Kegunaan VPN

VPN memang banyak digunakan terutama agar semakin mudah baik browsing maupun surfing di internet. Beberapa manfaat dan kegunaan dari jaringan ini sendiri adalah :

  • Membuat proses download semakin cepat => Jadi, VPN ini mampu meningkatkan speed atau kecepatan internet. Secara otomatis, maka kecepatan download file atau data juga bisa meningkat. Jika ingin mendownload file dalam ukuran besar, maka VPN bisa jadi solusinya.
  • Menjaga privasi pada saat browsing di internet => VPN bsia membantu kamu menutupi aktivitas browsing. Jadi, penggunaan VPN sangat cocok bagi kamu yang butuh privasi saat browsing dan mengakses konten penting yang bersifat rahasia. History di internet tidak akan terdeteksi oleh pihak lain.
  • Kamu bisa mengakses situs yang telah diblokir dan disensor => Meskipun tidak disarankan, namun menggunakan VPN bisa memungkinkan kamu untuk mengakses situs yang diblokir atau kena sensor. Kegiatan ini tidak disarankan karena bisa menimbulkan dampak yang kurang baik. Contohnya adalah akses ke situs porno maupun situs lainnya.
  • Transaksi online lebih aman degan VPN => Bagi yang memiliki bisnis dan suka melakukan transaksi online, maka menggunakan VPN akan lebih aman. Data yang dimiliki bisa lebih terlindungi. Apalagi jika kamu sedang memakai layanan wifi atau warnet, maka disarankan untuk memakai VPN guna menghindari pencurian data.
  • Menyamarkan lokasi saat memakai internet => VPN bsia digunakan sebagai proxy di internet. Perlu kamu tahu bahwa mungkin beberapa penyedia layanan VPN akan menyimpan log aktivitas kamu, sedangkan layanan lain tetap akan merekam aktivitas yang kamu lakukan. Akan tetapi, mereka tidak akan memberikan informasi tersebut sehingga privasimu tetap aman.

3 Jenis VPN yang Bisa Kamu Gunakan

3 Jenis VPN yang Bisa Kamu Gunakan

Saat ini, layanan VPN semakin ramai digunakan, apalagi bagi karyawan yang bertugas secara work from home. Karena itu, kamu wajib tahu layanan VPN apa saja yang bisa kamu gunakan. Berikut ini adalah 3 jenis layanan tersebut :

1. SSL VPN

Untuk menggunakan jenis jaringan ini maka gunakan browser dengan kemampuan HTML 5 dimana hampir semua sistem operasi menyediakannya. Agar lebih aman, maka gunakan username dan password saat menggunakannya.

2. Site to Site VPN

Jaringan ini sengaja dirancang untuk menyembunyikan intranet pribadi. Karena itu, kamu akan semakin aman dalam mengakses satu satu situs ke situs yang lainnya. Jenis layanan ini sering digunakan jika kamu memiliki beberapa lokasi di perusahaan. Setiap lokasi tersebut memiliki LAN atau Local Area Network sendiri yang terkoneksi dengan WAN atau Wide Area Network.

Perlu kamu tahu kalau jenis VPN site to site ini sering digunakan oleh perusahaan atau organisasi. Salah satu alasannya karena jaminan keamanan yang diberikan. Dengan demikian, maka komunikasi antar departemen perusahaan akan semakin mudah dan lancar.

3. Client to Server VPN

Saat teknologi komunikasi semakin canggih, maka kamu bisa melakukan pekerjaan dari mana saja, bahkan dari kamar kamu sendiri. Semua bisa terhubung dengan internet bahkan dari negara dan benua berbeda. Hal ini dipermudah dengan adanya VPN dimana memungkinkan kamu untuk dengan mudah terhubung dengan klien dari manapun.

Kamu bisa menghubungi network milik perusahaan meskipun dari rumah saja dengan koneksi yang aman. Sebelumnya, instal dulu VPN client dan konfigurasikan dengan perangkat yang kamu miliki.

Jenis VPN lainnya mungkin akan kamu temukan. Namun pastikan bahwa semua sesuai dengan kebutuhan dan pastikan menjaga keamanan data dan privasimu.

Kelebihan VPN baik bagi Penggunaan Pribadi Maupun Perusahaan

Kelebihan VPN baik bagi Penggunaan Pribadi Maupun Perusahaan

VPN bisa dikatakan sebagai jaringan dan layanan yang banyak diminati. Karena itu, kamu bisa mengaksesnya dengan mudah kapan saja dan dimana saja. Bukan hanya perseorangan saja, akan tetapi perusahaan dan organisasi juga bisa menggunakan layanan ini. Dengan demikian, maka keamanan data dan setiap transkasi bisa lebih aman. Agar kamu lebih jelas lagi, berikut ini ada berbagai kelebihan yang bisa dimiliki ketika menggunakan VPN :

  • Solusi biaya yang murah bagi perusahaan dan pribadi dengan jaminan jaringan yang aman
  • Memudahkan kegiatan work from home dari mana saja kamu berada termasuk dari rumah
  • Semua karyawan dapat terhubung dengan jaringan kantor meskipun dengan menggunakan perangkat pribadi dari rumah
  • Terdapat fitur keamanan VPN yang bisa kamu sesuaikan sendiri sesuai dengan kebutuhan
  • VPN dapat fleksibel untuk digunakan bahkan saat bepergian
  • Dapat diakses dari berbagai perangkat mulai dari Hp, PC hingga laptop. Beberapa pernagkat sekaligus juga bisa dihubungkan sesuai dengan layanan VPN yang tersedia.

Kekurangan VPN saat Menggunakannya

Kekurangan VPN saat Menggunakannya

Bukan hanya untuk menjaga kerahasiaan data, akan tetapi VPN juga berfungsi untuk mengautentikasi sumber pengirim data yang akan diterima. Di sisi lain, VPN juga memiliki kekurangan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Bagi perusahaan yang menyediakan akses ke karyawan, maka perlu mempertimbangan faktor keamanan. Hal ini karena informasi yang bersifat sensitif dari perusahaan memungkinkan untuk diakses.
  • Kamu perlu memperhatikan sistem keamanan VPN agar datamu terlindungi karena kamu tidak mengetahui seberapa kuat sistem enkripsi yang tersedia
  • Bisa mengancam keamanan perangkat jika mengunduh bukan dari market resmi sehingga kamu harus mengunduh VPN dari sumber yang bisa dipercaya
  • Penggunaan VPN bisa menghabiskan kuota data dalam jumlah yang besar. Jadi, data bukan hanya untuk browsing saja namun data juga akan tersedot juga untuk akses ke aplikasi VPN
  • Kamu bisa kebanjiran iklan saat menggunakan VPN gratis yang tentunya membuat kamu kurang nyaman saat browsing

VPN memang menawarkan banyak sekali keunggulan dan kelebihan. Namun sebaiknya gunakan VPN hanya saat dibutuhkan saja.

Berbagai informasi di atas bisa menjelaskan tentang apa itu VPN serta kelebihan dan kekurangannya. Selain itu, ketahui pula tentang website Sukma Convert. Kami bisa  membantu kamu mengubah kelebihan pulsa yang menumpuk menjadi uang tunai. Ada pula berbagai layanan yang kami sediakan. Kami juga memiliki kalkulator pulsa yang bisa kamu coba di website kami. Kami adalah jasa convert pulsa terpercaya.

Posted in Wawasan Umum and tagged , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *