Generasi Teknologi Seluler 1G Hingga 5G Serta Apa Saja Kekurangannya

Sejarah Perkembangan Generasi Jaringan Data 1G 2G 3G 4G 5G

Generasi teknologi seluler 1G hingga 5G serta apa saja kekurangannya merupakan hal menarik untuk dibahas. Keberadaan teknologi ini memungkinkan kita melakukan komunikasi ke berbagai tempat secara lebih mudah dan lancar. Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi seluler juga semakin berkembang sesuai dengan kebutuhan manusia saat ini.

1. Jaringan 1G

jaringan generasi pertama

Jaringan ini adalah generasi pertama yang dulunya menggunakan sistem analog. Dibandingkan dengan keberadaan teknologi yang sekarang, teknologi yang satu ini memiliki cukup banyak kekurangan. Hal ini tidak lepas dari kapasitas sistemnya yang terbatas.

Belum lagi pelayanan yang ditawarkan hanya sebatas suara saja dan tidak seperti teknologi seluler seperti saat ini. Ditambah lagi, sistem keamanan dari 1G tergolong kurang baik dengan modulasi analognya.

2. Jaringan 2G

jaringan generasi 2

Setelah 1G, teknologi mengalami perkembangan hingga muncullah teknologi seluler 2G. Jika 1G dulunya hanya sebatas suara, namun dengan adanya teknologi 2G, maka pengiriman pesan sudah bisa dilakukan. Teknologi ini memungkinkan Anda melakukan pengiriman melalui SMS.

Adapun kelemahan dari teknologi seluler yang satu ini adalah transfer datanya yang masih rendah. Penggunaannya juga kurang efisien lantaran trafiknya rendah hingga jangkauan jaringannya yang masih terbatas. Penggunaan teknologi ini masih sangat bergantung dengan adanya cell tower atau BTS.

3. Jaringan 3G

generasi 3g jaringan

Dibandingkan dengan kedua jenis jaringan di atas, maka jaringan 3G sudah lebih baik. Teknologi yang satu ini merupakan singkatan dari third-generation technology. 3G sendiri muncul di tahun 2003 dengan penggunaannya yang sudah bisa dimanfaatkan untuk video call atau bahkan live streaming.

Penggunaan jenis jaringan seluler yang satu ini memang cukup maju dan telah ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan. Meski demikian, jaringan ini juga tidak lepas dari yang namanya kekurangan.

Adapun kekurangan dari teknologi seluler yang satu ini adalah mulainya banyak kemunculan tindak kejahatan melalui seluler, hingga investasi yang tidak sedikit untuk membangun jaringan 3G di berbagai lokasi.

4. Jaringan 4G

Generasi Teknologi Seluler 1G Hingga 5G Serta Apa Saja Kekurangannya

Selanjutnya adalah jaringan 4G. Jaringan ini telah banyak digunakan untuk menggantikan jenis jaringan seluler yang banyak digunakan sebelumnya, yakni jaringan 3G. Jaringan yang satu ini mampu meminimalkan gangguan yang biasa terjadi di seluler. Penggunaannya juga mendukung untuk dilakukan mobilitas yang tinggi.

Meski bisa digunakan secara lebih baik dibandingkan teknologi sebelumnya, namun 4G juga memiliki kekurangan. Pengeluaran biaya untuk membuat infrastruktur ini lebih mahal dibandingkan dengan jenis teknologi yang sebelumnya. Selain itu, dibutuhkan penginstalan peralatan yang baru jika jaringan diperbarui.

5. Jaringan 5G

Generasi Teknologi Seluler 1G Hingga 5G Serta Apa Saja Kekurangannya

Dibandingkan dengan jenis jaringan lain yang sebelumnya, penggunaan teknologi ini lebih efektif dan efisien. Teknologi seluler yang satu ini juga seolah menjadi jawaban atas leletnya saat internetan.

Adapun kelemahannya adalah pengembangan insfrastrukturnya yang tergolong mahal. Selain itu, kecepatan dari teknologi agaknya sulit dicapai lantaran kurangnya dukungan teknologi yang ada di berbagai belahan dunia.

Generasi teknologi seluler 1G hingga 5G serta apa saja kekurangannya memang cukup beragam. Penggunaannya bisa Anda sesuaikan sendiri dengan kebutuhan, baik untuk berkomunikasi atau mendukung pekerjaan Anda sehari-hari.

Bagi Anda yang memiliki pulsa menumpuk di nomor ponsel yang dimiliki, tidak ada salahnya menukarkan pulsa dengan uang tunai. Anda bisa cek dulu harga tukarnya di Sukma Convert. Jasa convert pulsa di Sukma Convert merupakan solusi penukaran pulsa yang aman dan terpercaya. Hubungi CS yang bertugas untuk informasi yang lebih lanjut.

Posted in Wawasan Umum and tagged , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *