Wawasan Umum

Apa Itu Investasi Bodong dan Ciri-cirinya

terjerat investasi ilegal

Investasi adalah salah satu cara yang dilakukan banyak orang untuk memutar uang merkea. Hasil dari investasi ini nantinya bisa digunakan di hari tua atau jauh-jauh ke depannya. Bentuk investasi sendiri sangat beragam. Ada yang berupa properti, saham, emas, oblogasi dan lain sebagainya. Namun sayangnya, masih banyak orang yang masih tergiur dengan investasi bodong dengan iming-iming keuntungan yang sangat besar.

Karena itu, bagi yang ingin melakukan investasi, maka harus paham betul keuntungan dan kerugian dari langkah yang akan diambil. Cari investasi yang aman dan menguntungkan di masa desan.

Apa Yang Dimaksud Dengan Investasi Bodong

investasi bodong

Investasi adalah aktivitas menempatkan modal yang Kamu miiki baik berupa uang maupun aset ke dalam benda maupun lembaga. Hal ini diharapka akan menghasilkan keuntungan di kemudian hari. Istilah investasi juga bisa disebut sebagai penanaman modal.

Saat ini, banyak tawaran investasi dengan keuntungan yang menggiurkan. Akan tetapi, tidak semua invetasi bisa dipercaya. Ada istilah investasi bodong yang bisa merupikan Kita sebagai penanam modal.

Investasi bodong merupakan kegiatan invetasi dimana Kamu akan dimintai sejumlah uang dulu untuk menanamkan modal dimana bisa dalam bentuk produk ataupun bisnis yang sebenarnya tidak pernah ada. Pada banyak kasus, orang yang menerima uang tersebut kabur dan tidak bertanggung jawab. Jadi, Kamu perlu berhati-hati saat akan menanamkan modal yang dimiliki.

Ciri-Ciri Investasi Bodong

ciri ciri investasi ilegal

Selanjutnya, apa saja ciri investasi bodong yang perlu Kamu ketahui? Ketahui ciri-cirinya di bawah ini agar Kamu terhindar dari bahaya dan kerugiannya di kemudian hari :

  • Tidak memiliki izin => Perusahaan yang menggelar investasi yang tidak bertanggung jawab ini tidak memiliki izin atau memiliki izin palsu. Jadi, perijinannya tidak jelas. Dalam hal ini, ketelitan Kita sebagai calon penanam modal sangat penting dalam mencaru informasi tentang perusahaan terkait. Jangan malas untuk melihat secara detail lembaga atau perusahaan dimana Kita akan menanamkan modal.
  • Kentungan yang ditawarkan sangat menggiurkan dan tidak masuk akal => Jadi, jika ada tawaran yang sangat menarik dimana Kamu bisa mendapatkan untung besar dalam waktu singkat, jangan langsung percaya. Selidiki dulu dan pastikan bagaimana legalitas perusahaan atau lembaga tersebut.
  • Dapat berhenti sewaktu-waktu => Tawaran dari perusahaan pemberi investasi bodong ini biasanya Kamu bisa berhenti kapan saja. Dalam hal ini, keuntungan bisa Kamu ambil saat berhenti. Iming-iming ini terlihat sangat menarik dan mudah sehingga banyak orang yang tergiur dengan investasi tersebut.
  • Tidak ada kejelasan perputaran uang => Jadi, dalam investasi bodong biasanya tidak memberikan informasi lengkap tentang perputaran uang mereka. Investor juga tidak mendapatkan informasi tentang resiko, kerugian, profit, dan lain sebagainya.
  • Tidak ada keterangan lembaga pengawasa keuangan => Dalam memilih investasi, maka pastikan ada informasi tentang lembaga yang mengawasinya. Di Indoensia sendiri, perusahaan investasi yang legal akan diberi izin dari beberapa pihak. Salah satunya¬† adalah OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Cara Agar Terhindari dari Investasi Bodong

investasi ilegal

Investasi memang terlihat sangat mengirukan apalagi yang menawarkan kemudahan dan keuntungan besar. Namun, sebelum itu, pahami dulu bahwa tidak semua tawaran investasi bisa dipercaya. Agar Kamu terhindar dari kerugian akibat investasi yang tidak berizin, maka sebaiknya Kamu bisa lakukan beberapa hal di bawah ini :

  • Konsultasi dulu dengan pihak yang paham akan investasi yang aman
  • Pahami dulu apakah badan usaha dan perusahaan penyedia jasa investasi tersebut legal dan berizin
  • Lihat apakah perusahaan pemberi investasi sudah terdaftar di OJK atau tidak
  • Jangan mudah termakan dengan iklan-iklan yang menggiurkan
  • Jangan menyerahkan dana sebelum Kamu membuat perjanjian resmi
  • Kumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang produk investasi yang ditawarkan kepada Kita

Jenis-Jenis Investasi Bodong

jenis investasi bodong

Korban dari investasi bodong bisa kehilangan uang dan modal yang mereka berikan. Bahkan, hal ini bisa menyebabkan trauma dan kerugian secara psikologis bagi para korbannya. Sebaiknya, Anda kenali dulu apa jenis-jenis investasi bodong yang biasanya berkedok sebagai badan usaha atau perusahaan :

  • Koperasi bodong => Jenis investasi ini banyak muncul di masayarakat yang mengatasnamakan sebuah koperasi. Usaha penipuan ini dilakukan bukan dari pihak atau pengurus koperasi sebenarnya. Salah satu ciri koperasi bodong ini adalah adanya imbal hasil yang menggiurkan dan tidak masuk akal.
  • Investasi online => Investasi online yang dikatakan bodong ini tanpa izin dari OJK. Jenis investasi ini mudah memikat masyarakat karena adanya kemudahan dalam bertransaksi. Produk investasi online bisa berupa saham, emas, valuta asing, dan lain sebagainya.
  • Investasi kebun bodong => Salah satu contohnya adalah investasi kebun tertentu. Caranya adalah pihak perusahaan menawarkan tanah kavling dan sebagai bonusnya, maka investor akan mendapatkan pohon dengan iming-iming keuntungan yang sangat besar.

Hal-Hal yang Harus Kamu Lakukan saat Terjebak dengan Investasi Bodong

berinvestasi bikin rugi

Penawaran investasi memang terihat sangat menguntungkan. Jangan sampai Kamu terjebak masuk ke dalam permianan investasi yang ilegal dan tidak berizin jika tidak mau menjadi korban investasi bodong. Namun, bagaimana jika Kamu sudah terlanjur terjebak investasi tersebut?

Yang pertama, kumpulkan para korbannya. Cari tahu siapa saja yang ikut serta ke dalam investasi tersebut dan kumpukan orang-orangnya. Lalu, kumpulkan bukti-bukti penipuan yang telah dilakukan. Jadi, Kamu bisa melapor ke pengadilan atas penipuan berkedok investasi tersebut.

Untuk mengajukan gugatan hukum atas penipuan investasi ini, maka gunakan pengacara yang berkompeten. Bukti-bukti dan informasi yang telah dikumpulkan bisa menjadi bekal dalam persidangan.

Selanjutnya, cara meminta ganti rugi atas penipun berkedok investasi ini adalah dengan upaya hukum perdata. Jika Kamu berhasil, maka Kamu bisa menerima pengembalian uang. Prosesnya cukup menyita waktu, jadi sebaiknya jangan sampai terjerat investasi bodong jika tidak mau rugi.

Contoh Jenis Investasi yang Aman untuk Kamu Lakukan

berinvestasi aman

Sebenarnya, untuk melkauakn investasi, tidak diperlukan modal yang besar. Mulai dari nilai yang kecil, Kamu sudah bisa menginvestasikan uang dan asetmu. Beberapa contoh jenis investasi yang aman dan populer di masayarakat adalah :

  • Deposito yang aman dan minim resiko
  • Reksadana mulai dari modal rendah dan keuntungan yang cukup menjanjikan
  • Investasi emas dengan harga yang cenderung naik
  • Investasi saham yang harus dilakukan dengan hati-hati dan perlu riset dahulu
  • Tabungan emas online diaman Kamu yang khawatir menyimpan emas dalam bentuk fisik

Masih banyak jenis investasi yang aman lainnya. Namun sebelum itu, jangan malas untuk mengumpulkan informasi tentang perijinan dan juga untung ruginya. Investasi sendiri merupakan cara yang ditempuh banyak orang untuk memperbanyak uang dan aset mereka. Namun jangan tergiur dengan investasi bodong yang bisa merugikan.

Kamu juga perlu mengetahui bahwa saat ini pulsa yang menumpuk di HP mu bisa disulap menjadi uang. Caranya adalah dengan menghubungi Sukma Convert baik lewat CS, live chat di website, maupun lewat aplikasi. Kami adalah jasa convert pulsa yang menguntungkan. Cari tahu tentang Kami dan gunakan layanan yang telah tersedia seperti ubah pulsa menjadi uang.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *