Perjalanan Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa

Perjalanan Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa

Bagaimana sejarah komputer dari awal ditemukan sampai dengan sekarang? Komputer sendiri merupakan suatu perangkat yang memiliki banyak kelebihan karena mampu mengolah data sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Dengan adanya komputer, pekerjaan sehari-hari juga akan menjadi lebih mudah dan terbantu.

Keberadaan komputer yang memiliki peran penting saat ini, ternyata telah mengalami perjalanan yang panjang. Peningkatan juga telah banyak dilakukan hingga membuat komputer mengalami banyak kemajuan seperti saat ini. Desain komputer juga sudah banyak berubah, bahkan dibuat secara lebih praktis dan mudah untuk dibawa kemana-mana.

Untuk mengenal komputer secara lebih jauh dari generasi pertama hingga sekarang, Anda bisa simak ulasan yang berikut ini :

Komputer Generasi Pertama

Komputer Generasi Pertama

Komputer yang generasi pertama berlangsung antara tahun 1946 sampai dengan 1959. Pada generasi pertama, komputer menggunakan komponen dasar berupa tabung vakum yang cepat sekali panas ketika digunakan. Komputer generasi pertama ini diciptakan oleh J.Presper Eckert bersama dengan John Mauchly.

Keduanya membuat komputer ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) dengan memanfaatkan 18.000 tabung vakum berukuran 1800 kaki dan dengan berat yang mencapai berkisar 30 ton. Dalam pengoperasiannya, komputer untuk generasi pertama ini masih membutuhkan daya listri yang besar.

Adapun beberapa ciri komputer generasi pertama antara lain adalah memiliki perangkat keras yang berukuran besar sehingga memerlukan ruang yang luas. Komputer yang satu ini juga memiliki kinerja yang lambat dan dengan kapasitas penyimpanan yang kecil. Komputer generasi pertama juga menggunakan silinder magnetic untuk penyimpanan datanya.

Untuk bahasa yang digunakan, komputer generasi pertama adalah menggunakan bahasa mesin. Bahasa ini hanya bisa dimengerti oleh komputer dan menjadi bahasa pemrogaman yang dasar. Dibandingkan dengan jenis komputer yang ada saat ini, komputer generasi pertama masih memiliki kemampuan yang terbatas.

Komputer Generasi Kedua

Komputer Generasi Kedua

Generasi kedua berlangsung antara tahun 1959 sampai dengan 1965. Untuk generasi kedua, komputer yang dibuat sudah lebih efisien dibandingkan generasi sebelumnya. Generasi kedua sendiri sendiri telah mengganti tabung vakum dengan teknologi transistor. Dalam pembuatannya, komputer ini menggunakan biaya yang lebih terjangkau.

Perbedaan lainnya juga bisa ditemukan dalam penggunaan bahasa. Jika generasi pertama menggunakan bahasa mesin, maka di generasi kedua komputer sudah mengembangkan bahasa pemrogaman. Komputer tersebut sudah diganti dengan bahasa Assembly dan juga bahasa simbolik.

Komputer generasi kedua juga banyak digunakan di univertasi, pemerintahan, hingga perusahaan. Komputer generasi kedua memiliki beberapa ciri seperti halnya penggunaan bahasa pemrogaman, memiliki kinerja yang lebih cepat, daya listriknya lebih kecil, dan dengan ukuran fisik yang lebih kecil dibandingkan generasi pendahulunya.

Komputer generasi kedua juga mampu memproses secara real time serta real sharing. Komputer tersebut menggunakan simpanan eksternal seperti halnya magnetic disk dan juga magnetic tape. Di berbagai usaha besar juga mulai banyak yang menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan bisnis.

Komputer Generasi Ketiga

Komputer Generasi Ketiga

Komputer generasi ketiga berlangsung antara tahun 1965 sampai dengan 1971. Pada generasi ini, komputer dibuat dengan menggunakan ICs (Intregated Circuit). Dalam pembuatannya, transistor masih digunakan, meski dengan ukuran yang lebih kecil. Pada generasi ketiga, operator komputer sudah bisa menggunakan keyboard dan juga monitor.

Komputer generasi ketiga juga sudah bisa dinikmati oleh masyarakat umum karena memiliki harga yang lebih terjangkau. Beberapa ciri-ciri khas yang bisa ditemukan dalam penggunaan komputer generasi ketiga antara lain adalah harga yang semakin terjangkau, memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar, serta mampu melakukan komunikasi dengan komputer lain.

Ciri lain yang bisa ditemukan dalam penggunaan komputer generasi ketiga adalah penggunaan penyimpanan luar seperti disket magnetic. Komputer tersebut juga sudah bisa menggunakan visual display dan mampu mengeluarkan suara. Dibandingkan dengan generasi yang pertama, generasi ketiga memiliki kecepatan 10.000 kali lebih cepat.

Hebatnya lagi, komputer generasi ketiga sudah bisa melakukan multiprocessing, sehingga menguntungkan bagi para penggunanya. Dibandingkan dengan jenis komputer yang sebelumnya, listrik yang digunakan lebih hemat dan dengan perangkat lunak yang meningkat.

Komputer Generasi Keempat

Komputer Generasi keempat

Sejarah komputer yang selanjutnya adalah komputer generasi keempat yang berlangsung pada tahun 1971 sampai dengan sekarang. Komputer generasi keempat menggunakan komponen dasar yang bernama Microprosesor. Adapun perusahaan yang berpengaruh dalam perkembangan chip microprosesor saat itu adalah Intel.

Perusahaan ini mampu menggantikan perangkat komputer dengan ukuran besar menjadi lebih efisien. Dalam hal ini, perangkat komputer dibuat dengan ukuran menjadi lebih kecil. Dibandingkan dengan generasi yang sebelumnya, generasi ke empat ini memiliki kemajuan yang lebih pesat.

Pada generasi ke empat, komputer sudah menggunakan mouse serta graphical user interface atau GUI. Pada generasi ini komputer juga sudah ada yang bisa di jinjing atau yang dikenal juga dengan laptop.

Beberapa ciri yang bisa ditemukan dalam komputer generasi ke empat ini antara lain adalah sudah di pasarkan pada sektor perorangan, sudah dikembangkannya semikonduktor dan juga mikro processor yang berbentuk chip untuk memorinya, serta sudah menggunakan LSI (Large Scale Integration).

Beberapa jenis komputer pada generasi ke empat sudah lebih efisien saat di bawa kemana-mana. Hal ini karena bentuknya yang lebih kecil dan praktis saat di jinjing. Dengan demikian, Anda juga dimudahkan dengan keberadaan laptop jinjing saat harus bekerja di luar.

Komputer Generasi Kelima

Komputer Generasi Kelima

Komputer generasi ke lima adalah jenis komputer Artificial Intellgence yang berlangsung sekarang sampai di masa depan. jenis komputer pada generasi ini masih dalam tahap pembangunan dan dilakukan dengan memanfaatkan kecerdasan buatan.

Pengembangan yang dilakukan memiliki tujuan untuk dapat membuat komputer yang mampu menggunakan bahasa yang digunakan oleh manusia. Beberapa ciri dari komputer generasi kelima antara lain adalah pemrosesan informasi yang bisa dilakukan semakin cepat, fitur yang dikembangkan juga semakin beragam, dan dengan kemampuan yang lebih baik.

Pada generasi kelima, komputer memiliki kemampuan untuk melihat, berbicara, mendengar, dan tentunya dengan berbagai kemampuan lebih canggih lainnya.

Sejarah komputer dari zaman dulu sampai sekarang telah mengalami berbagai perkembangan dan perubahan di berbagai bagian. Berbagai perkembangan tersebut membuat teknologi yang digunakan di dalam komputer semakin canggih dan mampu membantu manusia juga pekerjaan secara lebih efisien.

Penggunaan komputer juga dilakukan secara lebih menyeluruh mulai dari pekerja, mahasiswa, pemerintahan, atau bahkan untuk keperluan rumahan. Komputer di zaman sekarang juga tersedia dalam berbagai ukuran dan dijual dengan harga yang beragam. Anda bisa memilih sendiri jenis komputer atau laptop dengan spesifikasi sesuai kebutuhan.

Memiliki kelebihan pulsa dan ingin ditukar dengan saldo OVO, gopay, atau bahkan uang tunai? Anda bisa hubungi Sukma Convert. Kami merupakan salah satu jasa convert pulsa terpercaya dan berpengalaman di bidangnya. Anda bisa Klik disini untuk menggunakan aplikasi kalkulator guna menghitung kisaran harga tukar yang akan di dapatkan nantinya.

Posted in Wawasan Umum and tagged , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *