Sejarah dan Perjalanan Nokia sebagai Merek Ponsel Terkemuka

Sejarah dan Perjalanan Nokia sebagai Merek Ponsel Terkemuka

Tentu kamu sudah akrab dengan merek Nokia, namun apakah kamu mengetahui sejarah Nokia yang cukup panjang dan menarik untuk ditelusuri? Nokia atau Nokia Corporation merupakan sebuah perusahaan telekomunikasi dan teknologi informasi asal Finlandia. Kantor pusatnya ada di Espoo, Finlandia tepatnya di kawasan metropolitan. Perusahaaan ini terbilang sukses dengan 103.000 karyawan di lebih dari 100 negara.

Pencapaian yang Diperoleh Nokia pada Masa Jayanya

Pencapaian yang Diperoleh Nokia pada Masa Jayanya

Nokia merupakan sebuah brand sekaligus perusahaan sukses yang telah berhasil masuk ke bursa saham Helsinki dan bursa saham New York. Bukan hanya itu, berdasarkan Fortune Globe 500, perusahaan ini berhasil memperoleh pendapatan terbesar ke 415 di dunia pada tahun 2016. Bahkan, pada tahun 2009, Nokia berhasil berada pada peringkat ke 85. Nokia juga menjadi salah saru komponen di indeks pasar saham Euro Stoxx 50.

Nokia sebagai Produsen Telepon Seluler

Nokia sebagai Produsen Telepon Seluler

Nokia merupakan perusahaan telekomunikasi yang telah beroperasi selama lebih dari 150 tahun lamanya. Awalnya, Nokia berdiri sebagai pabrik pulp. Baru pada 1990 an, Nokia berfokus pada infrastruktur telekomunikasi dengan skala besar. Nokia juga terlibat pada kegiatan pengembangan teknologi. Karena itu, Nokia memberi kontribusi besar pada bidang telekomunikasi seluler.

Nokia bahkan pernah menjadi produsen handphone terbesar di dunia. Akan tetapi, karena mengalami kesulitan di pasaran, maka Microsoft membeli bisnis ponsel Nokia.

Sejarah Panjang Nokia dari Masa ke Masa

Sejarah Panjang Nokia dari Masa ke Masa

Nokia merupakan perusahaan yang telah berusia lebih dari abad. Sejarah perusahaan ini dimulai pada tahun 1865. Saat itu, insinyur pertambahan Swedia-Finlandia, Federick Idestam mendirikan pabrik pulp. Pabrik ini berada di kota Tampere, Finlandia. Tidak berselang lama, bisnis ini membuka pabrik kedua pada tahun 1868.

Baru pada tahun 1871, Idesman dan Leo Mechelin, temannya membentuk perusahaan dengan nama Nokia Ab atau Nokia Company. Idesman pensiun pada tahun 1896. Setelah itu, Michelin menjadi chairman Nokia yang kemudian melakukan ekspansi perusahaan ke bidang pembangkitan tenaga listrik di tahun 1902.

Pada tahun 1967, terbentuklah Nokia Coorporation yang baru yang memiliki empat unit bisnis. Yang pertama adalah kehutanan, lalu kabel, karet dan elektronik. Dari sini, Nokia memulai perjalanannya sebagai sebuah perusahaan yang terkemuka di dunia.

Produk Elektronik Nokia yang Mengawali Kejayaannya

Produk Hp Nokia yang Pernah Berjaya Pada Masanya

Nokia menjadi salah satu perusahaan handphone yang tertua di dunia. Nokia adalah produsen telepon seluler yang populer sebelum kejayaan smartphone seperti saat ini. porduk Nokia pun dikenal sebagai produk yang tahan banting.

Kamu mungkin pernah menggunakan produk-produk Nokia yang berjaya pada masanya. Beberapa diantaranya adalah handphone CDMA, GSM, hingga W-CDMA. Karena itu, tidak mengherankan jika nama Nokia begitu akrab di telinga masyarakat Indonesia bahkan dunia. Secara lebih lengkap, di bawah ini ada perkembangan dari produk Nokia dari masa ke masa :

Mobira Cityman dari Nokia

Untuk produk Nokai di bidang telekomunikasi, khususnya pda produksi telepon seluler dimulai pada tahun 1963. Pada saat itu, Nokia memproduksi radio telepon dan emergency responders.

Baru pada tahun 1982, perusahaan ini meluncurkan perangkat car phone dengan nama Mobira Senator. Produk ini digunakan sebagai media komunikasi tentara yang membawa tank.

Selanjutnya, pada tahun 1987, perusahaan memproduksi Mobira Cityman dan menjadi telepon genggam pertama dari Nokia. Bentuk produk ini besar dan berat yaitu 0.7 kilogram dan mirip dengan walkie talkie.

Nokia Seri 2110

Produk selanjutnya dari Nokia yang mengawali masa kejayaan perusahaan adalah seri 2110. Produk ini telah dilengkapi dengan nada dering dan ringtone yang populer. Nada dering ini hingga kini telah menjadi trademark dari Nokia.

Masa kejayaan Nokia adalah pada tahun 1990an tepatnya pada 1998 dimana saat itu, telepon seluler dari Nokia semakin banyak digunakan oleh masyarakat. Nama Nokia pun semakin mendunia hingga ke Indonesia.

Produk Hp Nokia yang Pernah Berjaya Pada Masanya

Produk Hp Nokia yang Pernah Berjaya Pada Masanya

Nokia berhasil memproduksi Handphone yang populer dan banyak digunakan oleh masyarakat. Beberapa produk di bawah ini hanya beberapa contoh yang paling legendaris pada masanya :

  • Nokia 3210 => Telepon seluler ini bisa dibilang paling ikonik dari Nokia. Hp ini tahan banting dan sangat awet serta tidak rentan rusak. Desain ponsel ini tebal namun tidak mudah pecah bahkan saat terjatuh.
  • Nokia 8110 => Telepon seluler dari Nokia ini juga bisa dibilang sebagai salah satu yang legendaris. Tampilannya sangat klasik dengan fitur berupa penutup keypad dengan jenis spring loaded yang dapat dibuka. Pada saat itu, handphone ini sangat populer apalagi pernah digunakan dalam film The Matrix.
  • Nokia 9000 communicator => Salah satu keunikan dari Hp ini adalah dari bentuknya yang menyerupai laptop mini. Keypad yang digunakan adalah jenis Qwerty. Saat itu, tampilan Hp ini bisa dibilang cukup eksklusif dan menjadi salah satu kebanggaan tersendiri jika kamu memilikinya.
  • Nokia N Gage => Desain dari Hp ini mirip dengan gameboy. Saat itu, Hp ini diluncurkan untuk memenuhi kebuthan gaming penggunanya. Bahkan Hp ini sudah dibekali dengan fitur layar yang berwarna. Hp ini menjadi barang berharga pada jamannya.

Kemunduran Nokia yang Mengejutkan Publik

Kemunduran Nokia yang Mengejutkan Publik

Nokia menjadi salah satu produsen Hp pertama yang dikenal oleh dunia. Jika mendengar namanya, pasti tergambar Hp-Hp legend yang mungkin pernah kamu gunakan. Namun, kejayaan Nokia tidak bertahan selamanya.

Pada tahun 2013, publik dikejutkan dengan dibelinya Nokia oleh Microsoft. Merk dagang Asha dan Lumia yang identik dengan Nokia pun ikut serta dalam akuisisi Microsoft. Jadi, ponsel merek ini tidak akan diproduksi lagi di pasaran.

Akan tetapi, nama Nokia tetap menjadi milik Finlandia sebagai produsen utama yang tidak ikut dibeli oleh Microsoft. Jadi, jika Micsosoft meluncurkan ponsel maka namanya bukan Nokia Lumia, namun Microsoft Lumia. Pihak Microsoft tidak bisa menggunakan nama Nokia. Kamu tidak akan bisa membeli Nokia yang baru. Jika kamu ke konter Hp, maka kamu bisa membeli Nokia yang bekas.

Nokia telah merajai pasar telepon seluler selama 14 tahun. Perusahaan ini mengira tidak akan ada pihak yang mampu bersaing dengan Nokia. Karena itu, perusahaan tidak melakukan pengembangan gadget yang menjadi penyebab Nokia ditinggalkan penggunanya. Kemudahan dari Android dan Apple mengalahkan popularitas Nokia yang telah berjaya sebelumnya.

Nokia telah berhasil menjadi perusahaan raksasa untuk produk telepon seluler di dunia. Akan tetapi, karena kurangnya update terhadap software dan trend pengguna, akhirnya Nokia harus menyerah.

Kamu mungkin menjadi salah satu pengguna setia Nokia pada masa lalu. Kini, ada banyak kemudahan yang bisa didapat dari Smartphone yang lebih mudah digunakan. Bahkan, saat ini kamu bisa mengubah pulsamu menjadi uang.

Sukma Convert bisa membantu untuk mengubah pulsa yang menumpuk di HP menjadi uang untuk kebutuhan lainnya. Kami adalah jasa convert pulsa yang berpengalaman dan terpercaya. Kunjungi website kami dan dapatkan lebih banyak layanan dan jasa yang bisa kamu gunakan.

Posted in Wawasan Umum and tagged , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *