Definisi Lengkap Tentang Pengertian AR dan Manfaatnya

Definisi Lengkap Tentang Pengertian AR dan Manfaatnya

Apa itu AR atau yang merupakan singkatan dari Augmented Reality ? Seiring dengan berkembangan zaman, muncul berbagai jenis teknologi canggih untuk mempermudah kehidupan manusia. Salah satunya adalah kemunculan AR yang menggabungkan antara dunia nyata dengan elemen virtual.

Definisi dan Pengertian Apa Itu Augmented Reality

Definisi dan Pengertian Apa Itu Augmented Reality

AR bisa diartikan sebagai teknologi yang memperluas dunia nyata dengan cara menambahkan beberapa lapisan informasi digital ke dalamnya. Penerapan AR di zaman sekarang bisa ditemukan dalam berbagai hal.

Sebagai contoh adalah saat Anda menggunakan fitur insta story yang ada di Instagram. Saat Anda melakukan selfie, Anda bisa menggunakan berbagai jenis bingkai ataupun filter yang tersedia. Tidak heran jika wajah Anda juga akan berubah sesuai dengan filter yang digunakan di layar ponsel pintar.

Sejarah Augmented Reality dan Perkembangannya

Sejarah Virtual Reality dan Perkembangannya

 

AR telah mengelamai banyak perkembangan hingga saat ini. Lantas bagaimana sejarah perkembangan AR dari dulu sampai dengan sekarang ? Berikut ini adalah sejarah singkat AR yang bisa Anda simak :

  • Tahun 1960an => Pada tahun 1968, tercipta layar pertama yang dipasang di kepala oleh Ivan Sutherland dan juga Bob Sproull. Alat tersebut diberi nama The Sword of Damocles yang merupakan perangkat kasar untuk menampilkan grafik primitif
  • Tahun 1970an => Di tahun 1975, Myron Krueger membuat videoplace – laboratorium realitas buatan
  • Tahun 1980an => Steve Mann mengembangkan komputer portabel yang disebut dengan Eyetrap dan dirancang untuk digunakan di depan mata
  • Tahun 1990an => Pada tahun 1992, Louis Rosenberg yang berasal dari Angkatan Udara AS menciptakan sistem AR
  • Tahun 2000an => Tahun 2004, Trimble Navigation menghadirkan teknologi AR untuk dipasang di bagian luar helm. Ada juga Wikitude yang membuat AR Travel Guide di perangkat android. Ada juga Niantic yang tahun 2016 meluncurkan game Pokemon Go di perangkat seluler

Seiring dengan perkembangan yang semakin maju, AR mulai diaplikasikan ke berbagai bidang untuk membantu kehidupan sehari-hari.

Cara Kerja Augmented Reality

Cara Kerja Augmented Reality

AR sendiri bisa ditampilkan melalui berbagai jenis perangkat seperti yang halnya ponsel, layar, ataupun kacamata. Perangkat tersebut dibutuhkan karena nantinya AR akan menampilkan informasi berupa gambar, animsi, ataupun yang berupa video. Terdapat beberapa komponen pendukung dalam AR, seperti yang berikut ini :

  • Proyeksi => Komponen yang satu ini berbentuk proyektor kecil yang berguna untuk mengumpulkan informasi dari sensor dan memproyeksikannya ke permukaan agar bisa dilihat
  • Kamera dan sensor => Manfaatnya adalah untuk mengumpulkan data informasi kolaborasi dengan pengguna. Kamera yang ada di ponsel bisa digunakan untuk melakukan pemeriksaan di lingkungan, menemukan barang fisik, dan lain sebagainya
  • Refleksi => Ada beberapa gadget AR yang dilengkapi dengan cermin untuk membantu penggunanya dalam melihat gambar virtual

5 Apa Saja Fungsi dan Manfaat dari Augmented Reality

5 Apa Saja Fungsi dan Manfaat dari Augmented Reality

Dalam kehidupan sehari-hari, AR sudah banyak digunakan dan ditemukan di berbagai bidang pekerjaan hingga untuk hiburan. Adapun beberapa manfaat AR untuk kehidupan sehari-hari, Antara lain adalah sebagai berikut :

1. Di Bidang Kesehatan

Bisa digunakan sebagai sarana untuk memberikan edukasi kepada calon dokter. Dalam hal ini, AR bisa digunakan untuk mengenalkan anatomi tubuh manusia dengan menggunakan animasi 3 dimensi. Dengan demikian, calon dokter juga bisa mengetahui dimana letak organ tertentu dan cara menangani bagian tersebut saat harus melakukan tindakan medis.

2. Berguna saat Traveling

Bagi Anda yang suka jalan-jalan, Anda juga bisa memanfaatkan AR untuk menunjang acara jalan-jalan Anda agar lebih aman dan nyaman. Acara jalan-jalan Anda menjadi lebih menyenangkan berkat teknologi canggih yang satu ini.

Sebagai contoh adalah penggunaan google translate. Saat Anda bepergian ke luar negeri dan menemukan tulisan menggunakan bahasa lokal, Anda bisa mengarahkan kamera ponsel ke tulisan tersebut. Selanjutnya, arti tulisan tersebut akan segera keluar ke layar ponsel Anda.

3. Menunjang Dunia Pendidikan

Dalam hal ini, teknologi AR juga bisa digunakan untuk menggantikan alat laboratorium dengan AR. Alhasil, kegiatan belajar mengajar yang satu ini juga akan lebih menarik bagi siswa karena sistem pengajaran yang lebih seru dan tidak monoton seperti biasanya.

4. Di Bidang Penjualan Produk

Keberadaan AR juga menguntungkan bagi mereka yang berkecimpung di dunia jual beli atau perdagangan. Dengan adanya AR, maka saat seseorang ingin berbelanja, mereka tidak perlu datang langsung ke toko hanya untuk mencoba produknya.

Sebagai contoh jika Anda membeli perabotan, maka Anda bisa mengarahkan ponsel ke ruangan yang diinginkan lalu letakkan perabotan di tempat sesuai kebutuhan. Selanjutnya, teknologi canggih satu ini, membuat Anda bisa tahu apakah perabotan tersebut cocok diletakkan di bagian rumah tersebut atau tidak. Jika cocok, Anda bisa segera lanjut melakukan pembelian.

5. Di Bidang Manufaktur

Teknologi yang satu ini juga bisa digunakan untuk membantu suatu perakitan mesin di pabrik. Saat ada karyawan yang salah langkah, teknologi ini akan memberitahu jika langkah perakitannya salah. Alhasil, proses perakitan juga bisa dilakukan secara lebih mudah dan juga karyawan bisa lebih mudah dalam melakukan pekerjaannya.

Dan masih banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari penggunaan AR terutama untuk membantu proses belajar mengajar, penjualan barang, hingga untuk pekerjaan.

Kelebihan dan Kekurangan Augmented Reality

Kelebihan dan Kekurangan Augmented Reality

Selain memiliki banyak manfaat, penggunaan AR dalam kehidupan sehari-hari juga menawarkan berbagai macam kelebihan dan kekurangan. Adapun beberapa kelebihan dan juga kekurangan yang ditawarkan oleh AR, seperti yang berikut ini :

Kelebihan Augmented Reality

Teknologi yang satu ini bisa digunakan untuk banyak jenis perangkat seperti halnya ponsel pintar ataupun pada konsol game. Penerapannya, berguna untuk berbagai bidang pekerjaan ataupun pendidikan. Dengan menggunakan AR, maka kegiatan belajar mengajar juga bisa dilakukan secara lebih seru dan juga menyenangkan bagi peserta didik.

Kekurangan Augmented Reality

Meski menawarkan banyak kelebihan, namun teknologi ini juga memiliki kekurangan yang sebaiknya diketahui. Dengan adanya fitur Augmanted Reality yang menyenangkan, akan lebih banyak orang yang menggunakan waktunya untuk bermain AR dan tergantung pada teknologi ini. Hal ini berdampak pada terjadinya interaksi di dunia nyata bisa saja berkurang.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti kurangnya interaksi dengan dunia nyata, maka ada baiknya untuk mulai mengurangi penggunannya.

Apa itu Augmanted Reality dan manfaatnya sangat menguntungkan manusia di berbagai bidang, entah di bidang pekerjaan, jalan-jalan, atau bahkan pendidikan. Sayangnya, tidak semua perangkat mendukung penggunaan teknologi yang satu ini.

Apakah Anda memiliki pulsa berlebih dan ingin menukarnya dengan uang ataupun dana di dompet digital ? Jika iya, maka Anda bisa menghubungi sukma convert sebagai salah satu jasa convert pulsa yang terpercaya. Untuk menukarkan pulsa di sini, Anda bisa menghubungi kami melalui salah satu pilihan kontak yang kami sediakan.

Posted in Wawasan Umum and tagged , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *