Apa Saja Perbedaan dari VR dan juga AR

Apa Saja Perbedaan dari VR dan juga AR

Apa saja perbedaan VR dan AR yang juga merupakan teknologi yang sudah banyak membantu manusia ?Meski tidak semua orang tahu apa itu teknologi VR ataupun AR, namun, penggunaan kedua jenis teknologi ini telah banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, travelling, atau bahkan untuk hiburan.

Mengenai Virtual Reality

Mengenai Virtual Reality

Virtual reality merupakan teknologi yang bisa digunakan untuk menghadirkan realita maya di dunia nyata. Virtual reality atau yang seringkali disingkat dengan VR bisa di eksplore dengan berbagai indera manusia, entah itu indera penglihatan, pendengaran, sentuhan, dan indera yang lainnya.

Untuk bisa menikmati VR Anda membutuhkan berbagai peralatan khusus seperti halnya sarung tangan, headseat, hingga bahkan treadmill khusus VR. Lantas bagaimana dengan AR atau Augmented Reality ?

Mengenai Augmented Reality

Mengenai Augmented Reality

AR merupakan teknologi yang memungkinkan seseorang dalam menambahkan unsur-unsur digital dalam dunia maya. Sebagai contoh adalah saat Anda menggunakan fitur insta story di Instagram. Software yang ada di IG tersebut akan membaca wajah Anda lalu menambahkan animasi di layar layar ponsel.

Teknologi AR sendiri menyisipkan suatu informasi ke dunia maya dan menampilkannya di dunia nyata dengan bantuan peralatan seperti halnya komputer, kacamata khusus, webcam, atau bahkan HP android.

Contoh Penerapan Teknologi VR dan AR

Contoh Penerapan Teknologi VR dan AR

Hingga saat ini penarapan teknologi VR dan juga AR sudah banyak dilakukan dalam berbagai bidang. Adapun beberapa contoh penerapan VR dan AR dalam kehidupan sehari-hari, antara lain adalah sebagai berikut :

Penerapan Virtual Reality

VR bisa dimanfaatkan untuk menjelajahi berbagai pilihan tempat wisata secara virtual. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan teknologi VR untuk merasakan suasana dan melihat berbagai objek wisata yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya melalui dunia virtual.

Dengan adanya teknologi ini, Anda juga akan lebih terbantu dalam merencakan kunjungan wisata kedepannya. Teknologi VR satu ini, tentunya cocok bagi pemilik agen wisata. Karena dengan menyediakan teknologi VR di kantor yang dimiliki, klien bisa langsung mencobanya untuk mencari tahu mana layanan wisata sesuai yang ia inginkan.

Penerapan VR juga bisa digunakan untuk mengganti suasana dalam suatu ruangan. Jika Anda merasa bosan dengan suasana ruangan yang begitu saja, maka Anda bisa menciptakan suasana yang baru dengan VR.

Sebagai contoh, Anda menggunakan perangkat VR untuk berpindah ke dunia virtual dalam bentuk ruangan yang tenang, ruangan dengan pemandangan bunga, pemandangan pegunungan, atau bahkan menciptakan suasana layaknya kafe. Tinggal dipilih sendiri susana ruangan yang Anda inginkan.

Penerapan Augmented Virtual

Sama seperti VR, AR juga bisa diterapkan dalam banyak sekali bidang. Salah satunya adalah diterapkan dalam bidang pembelajaran sebagai contoh adalah mata pelajaran biologi. Dalam hal ini, teknologi AR bisa digunakan untuk mempelajari anatomi maklhuk hidup. Teknologi AR akan membantu pengguna dalam menampilkan bentuk sel dari berbagai sisi.

Anda juga bisa menggunakan AR untuk mencoba berbagai jenis produk sebelum akhirnya dibeli secara langsung. Sebagai contoh, Anda ingin membeli sepatu, namun tidak tahu apakah sepatu tersebut cocok atau tidak saat digunakan. Anda juga tidak memiliki cukup waktu luang untuk datang langsung ke toko guna mencoba-coba sepatu.

Dengan adanya teknologi AR, Anda bisa mencoba sepatu tanpa harus datang langsung ke tokonya. Jika cocok, baru kemudian Anda datang ke toko atau membeli sepatunya secara online.

Dan masih banyak lagi penerapan teknologi AR dan juga VR dalam kehidupan sehari-hari manusia. Bahkan bisa juga dijadikan sebagai media hiburan untuk menghilangkan penat dan juga pelepas stres sebagai contohnya adalah untuk bermain game.

5 Perbedaan VR dan AR

5 Perbedaan VR dan AR

Bagi orang yang masih awam, barangkali belum mengerti letak perbedaan VR dan AR. Perbedaan keduanya bisa ditemukan dari beberapa hal, mulai dari perangkat yang digunakan, media yang ditampilkan dan lain sebagainya. Jika ingin tahu lebih lanjut mengenai perbedaan keduanya, maka tidak ada salahnya jika Anda simak ulasannya di sini :

1. Media yang Ditampilkan

Media AR tidaklah seintensif VR. Dalam hal ini, AR hanya akan memberikan tambahan halus di dunia nyata. AR biasanya berbentuk 3D yang bisa dilihat melalui aplikasi dengan kamera ponsel. Sedangkan VR merupakan sistem imersif yang biasanya menggunakan bantuan komputer untuk bisa menciptakan lingkungan virtual bagi para penggunanya.

2. Perangkat yang Digunakan

Adapun perangkat utama yang digunakan oleh VR adalah headset VR yang bisa dikombinasikan dengan konsol untuk melakukan interaksi dengan sajian virtual. Headset VR juga biasanya dikoneksikan dengan laptop yang memiliki minimal spesifikasi tertentu supaya pengguna bisa merasakan pengalaman virtual yang mereka inginkan.

AR sendiri tidak membutuhkan perangkat khusus. Sebagai contoh, Anda bisa menikmati AR hanya dengan menggunakan ponsel ataupun tablet yang didalamnya ada aplikasi pendukungnya.

3. Proses yang Dihasilkan

Dunia VR merupakan dunia maya yang terpisah dengan lingkungan nyata. VR sudah diprogram sebelumnya. Berbeda dengan AR yang bisa digabungkan dengan lingkungan nyata dan bisa terjadi secara langsung terhadap dunia nyata.

4. Pengalaman Bermain

Pengguna seolah merasa terisolasi saat menggunakan teknologi VR. Dalam hal ini, pengguna akan merasa jika mereka sedang berada secara keseluruhan di dunia virtual. Sedangkan saat menggunakan AR, pengguna tetap akan terhubung dengan dunia nyata sembari berinteraksi dengan objek virtual yang ada.

5. Tampilan Latar Belakang yang Digunakan

Lingkungan VR dibuat hasil dari komputerisasi dari si pembuat. Sedangkan lingkungan AR adalah lingkungan di dunia nyata yang bisa kita temui sehari-hari seperti halnya jalanan, sekolah, rumah, dan lain sebagainya.

Dari perbedaan di atas, maka bisa disimpulkan jika VR dibuat untuk menghasilkan tampilan virtual supaya pengguna bisa sepenuhnya berada di dunia maya. Sedangkan AR tidak dibuat untuk menggantikan lingkungan nyata ke bentuk virtual.

Mana yang Lebih Baik Antara VR dan AR ?

Mana yang Lebih Baik Antara VR dan AR ?

Setelah mengetahui perbedaan VR dan AR, banyak dari kita yang bertanya-tanya, mana yang lebih baik di antara keduanya ?

Keduanya merupakan jenis teknologi ini tentu tidak saling menjatuhkan, melainkan sudah banyak membantu berbagai pekerjaan manusia sesuai dengan kebutuhan si pengguna. Kedua teknologi ini juga memiliki dampak yang besar terhadap cara pengguna dalam melakukan interaksi dengan dunia digital.

Teknologi AR maupun VR, juga memberikan manfaat di banyak bidang dengan menawarkan proses yang lebih efisien juga mampu meningkatkan pelatihan. Selain menawarkan banyak kelebihan di bidang industri, penggunaan teknologi ini juga berdampak positif pada bidang kesehatan maupun retail.

Apakah Anda memiliki banyak pulsa dan ingin menukarnya dengan saldo dompet digital ataupun uang ? Jika iya, maka Anda bisa segera menghubungi jasa convert pulsa terpercaya di Sukma Convert. Kami merupakan salah satu jasa tukar pulsa yang telah berpengalaman dan melayani banyak pelanggan dengan jumlah penukaran yang beragam.

Posted in Wawasan Umum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *