Apa itu GLONASS

Pengertian GLONASS Sebagai Sistem Navigasi Buatan Rusia

Anda perlu mengetahui Apa itu GLONASS dan manfaatnya sebagai salah satu sistem navigasi satelit. GLONASS sendiri adalah sistem yang memberikan alternatif untuk GPS dan menjadi sistem navigasi kedua yang mampu beroperasi secara global dan dengan presisi yang sebanding.

Apa Itu GLONASS dan Sejarah Diciptakannya

apa itu glonass dan sejarah diciptakannya

Lantas apa sebenarnya sistem navigasi GLONASS itu? GLONASS merupakan singkatan dari Navigation Satellitite System yang dioperasikan oleh Angkatan Pertahanan Luar Angkasa. GLONASS sendiri adalah sistem navigasi yang dimiliki oleh Rusia dan menjadi salah satu produk teknologi tinggi yang cukup fenomenal.

Sejarah diciptakannya GLONASS dimulai saat pembuatan satelit berbasis sistem navigasi radio yang pertama kali dikembangkan oleh Uni Soviet yang dinamakan dengan Tsiklon. Tujuannya adalah untuk memberikan posisi yang lebih akurat pada kapal selam balistik. Pada saat itu, sekitar 31 satelit Tsiklon diluncurkan antara tahun 1967 dan juga 1978. Sayangnya terdapat masalah pada sistemnya.

Antara tahun 1968 sampai dengan 1969, sistem navigasi yang baru dibuat untuk mendukung angkatan laut, tanah, hingga udara. Baru pada tahun 1970, persyaratan formal untuk pembuatan sistem ini diselesaikan dan di tahun 1976, GLONASS mulai dibangun.

Generasi pertama dari satelit GLONASS adalah 7,6 meter dengan lebarnya yang berukuran 7,2 meter yang diukur dari panel surya mereka. GLONASS sendiri adalah salah satu program yang mahal dari Federal Space Agency Rusia yang memakan anggaran tidak sedikit. Pada tahun 2010, GLONASS sudah mencapai 100 persen mencakup wilayah Rusia dan memungkinkan cakupan global secara penuh pada bukan Oktober 2011. Hal ini tidak lepas dari kostelasi orbital dari 24 satelit yang dipulihkan.

GLONASS jika Dibandingkan GPS

apa itu glonass dan sejarah diciptakannya

Akurasi dari GLONASS milik Rusia diklaim setara dengan GPS. Jika dalam sebuah penerima GPS bisa memperbaiki posisi sebuah lokasi yang tidak terekspos lebih dari 3 sampai dengan 4 meter, maka GLONASS dapat mencapai 7 sampai dengan 10 meter. Orbit GLONASS sendiri cocok untuk digunakan pada ketinggian dimana sinyal GPS sulit didapatkan.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan GLONASS

apa itu glonass dan sejarah diciptakannya

Sama seperti sistem navigasi yang lain, penggunaan GLONAS juga memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan GLONASS :

Variasi Perangkat

GLONASS bisa digunakan dalam perangkat bervariasi, termasuk juga digunakan pada perangkat jam, seperti halnya STRYD dan juga Garmin.

Berdasarkan Posisi Orbitnya

GLONASS lebih dekat dengan bumi jika dibandingkan dengan GPS hal ini membuat tingkat akurasinya lebih baik, saat Anda berada di lokasi yang tidak terlacak GPS.

Selain kelebihan, sistem navigasi GLONASS juga tidak lepas dari beberapa kekurangan, seperti yang berikut ini :

Harga

Untuk digunakan secara personal, harga yang ditawarkan untuk menggunakan teknologi ini cenderung lebih mahal dari GPS.

Dari Sisi Penerima

Konsumsi daya yang dihabiskan oleh GLONASS juga lebih banyak jika dibandingkan dengan daya untuk penerima GPS.

Bisa dibilang, GLONASS adalah perangkat rival, alternatif, dan juga pendukung dari GPS. Dari pengertian apa itu GLONASS dan kelebihannya di atas, hal ini membuktikan jika teknologi informasi tidak hanya terpusat pada Amerika Serikat saja.

Anda memiliki kelebihan pulsa dan ingin ditukar dengan uang tunai? Anda bisa segera menghubungi Sukma Convert sebagai jasa convert pulsa terpercaya. Sebelum melakukan penukaran, Anda bisa cek dulu harga tukar yang kami tawarkan. Tidak perlu khawatir karena harga kurs yang kami tawarkan selalu tinggi.

Posted in Wawasan Umum and tagged , , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *