apa itu gps

Pengertian GPS Mulai Dari Cara Kerjanya Serta Kelebihan Kekurangannya

Sudahkah Anda paham apa itu GPS sebenarnya? Banyak yang belum tahu tentang GPS. Padahal, penggunaan GPS sendiri sudah umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. GPS sendiri adalah salah satu sistem navigasi satelit yang terdiri dari setidaknya 24 satelit. Penggunaan sistem ini adalah untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan sinyal dari satelit.

Apa itu GPS dari Definisi dan Pengertiannya

apa itu gps dari definisi serta kelebihan kekurangannya

GPS merupakan singkatan dari Global Positioning System. Alat navigasi ini didesain supaya bisa menyediakan posisi secara instan, menyediakan informasi, dan kecepatan di hampir semua tempat di permukaan bumi.

GPS juga didesain supaya bisa digunakan dalam posisi apapun dan memungkinkan seseorang untuk bisa melacak posisi armada, mobil, atau kendaran lainnya secara real time. Secara sederhana, GPS juga bisa diartikan sebagai sistem pelacak posisi untuk mengetahui koordinat mana kita berada dan koordinat lokasi mana yang ingin diketahui.

Cara Kerja GPS dan Keakuratannya

apa itu gps dari definisi serta kelebihan kekurangannya

Lantas bagaimana GPS bekerja? GPS terdiri dari satelit-satelit yang mengorbit di bumi sebanyak 2 kali dalam sehari. Saat mengorbit, satelit akan memancarkan sinyal unik serta parameter orbit untuk kemudian ditangkap oleh penerima yang ada di bumi.

Jika sudah, receiver akan menghitung jarak antara dirinya dan juga satelit GPS dengan cara mengukur waktu yang dibutuhkan untuk menerima sinyal yang berasal dari masing-masing satelit. Informasi tersebut akan digunakan untuk menentukan posisi penerima melalui teknik trilateration yaitu dengan mencari titik persilangan di antara radius jarak satelit GPS terdekat.

Untuk menentukan lokasi dan juga melacak pergerakan dua dimensional atau garis bujur dan lintang, penerima membutuhkan sinyal dari minimal 3 satelit. Penggunaan 4 satelit atau lebih, membuat penerima bisa menentukan posisi 3-D yakni garis lintang, garis bujur, dan juga ketinggian.

Lantas seberapa akurat GPS? GPS sangatlah sakurat karena memiliki desain multi-saluran paralel. GPS bahkan bisa mempertahankan kunci pelacakan pada pepohonan yang padat atau di lingkungan perkotaan dengan banyaknya gedung-gedung yang tinggi.

Meski demikian, ada beberapa faktor yang mampu mempengaruhi keakuratan dari GPS.  Adanya penundaan ionosfer dan troposfer, signal multipath, hingga kesalahan clock receiver adalah beberapa hal yang bisa mempengaruhi keakuratannya. Jumlah satelit yang terlihat juga memberikan pengaruh terhadap keakuratan GPS.

Semakin banyak satelit, maka penerima GPS semakin baik tingkat akurasinya. Namun, saat sinyal diblokir, seseorang bisa saja mendapatkan posisi yang salah, atau bahkan tidak ada posisi sama semali untuk dibaca.

Sejarah Awal GPS Dibuat dan Diciptakan

apa itu gps dari definisi serta kelebihan kekurangannya

Selain mengetahui pengertian GPS, penting juga untuk mengetahui sejarah awal dibuat dan diciptakannya pelacak posisi yang satu ini. Awal mula dibuatnya GPS adalah dimulai saat penemuan para ilmuwan Amerika Serikat yakni Massachusetts Institute of Technology.

Ilmuwan menemukan frekuensi sinyal radio satelit milik Rusia yang naik turun mendekat dan menjauh. Penemuan tersebut akirnya menghasilkan gagasan besar. Ilmuwan menemukan jika satelit bisa dilacak dari darat dengan cara mengukur frekuensi sinyal radio yang dipancarkan. Dan sebaliknya, lokasi pihak penerima di darat juga bisa dilacak berdasarkan jarak dari satelit.

Dari penemuan di atas, muncul ide untuk menciptakan sistem navigasi dengan sinyal satelit sebagai basisnya. Selanjutnya, GPS di rancang pada tahun 1970 yang dilakukan oleh Depertemen Pertahanan Militer Amerika Serikat.

Sebelum diciptakan GPS, Amerika juga telah memiliki sistem navigasi lainnya seperti halnya, VOR atau VHF Omni-directional Radio dan juga LORAN atau yang merupakan singakatan dari Long Range Radio Navigation. Namun, keakuratannya dianggap masih lemah karena tidak menjangkau skala global.

Tahun 1974, GPS pertama akhirnya diluncurkan dan disusul oleh satelit lainnya di tahun-tahun berikutnya. Satelit tersebut membentuk konstelasi yang menjangkau luas bahkan di segala penjuru. Tahun 1994, para ilmuwan mengumumkan jika sistem GPS sudah bisa digunakan sepenuhnya.

5 Manfaat dari GPS

apa itu gps dari definisi serta kelebihan kekurangannya

GPS memudahkan seseorang saat bernavigasi ketika berkendara. Penggunaan GPS bisa digunakan oleh semua orang yang memiliki koneksi internet dan juga ponsel pintar. Tidak hanya itu, GPS juga memiliki kontribusi yang besar untuk dunia militer hingga pemantau gempa. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak 5 manfaat GPS yang berikut ini :

1. Kebutuhan Berkendara

Banyak orang menggunakan GPS untuk memandu mereka sampai di lokasi yang diinginkan. Mereka juga bisa memanfaatkan GPS untuk keperluan mencari tahu dimana lokasi mereka berada saat ini. Untuk mendapatkan manfaat GPS yang satu ini, Anda bisa memasang GPS tracker.

2. Melacak Kendaraan

GPS bisa juga digunakan untuk mengetahui lokasi kendaraan yang hilang dengan cara melihat titik koordinat yang dihasilkan oleh alat yang terpasang di kendaraan tersebut. Sedangkan untuk bisa melihat titik lokasi kendaraan, seseorang bisa memanfaatkan ponsel pintar atau dengan menggunaka media yang lainnya.

3. Pemantau Gempa

GPS bisa juga digunakan untuk memantau pergerakan bumi. Dengan demikian, ahli Geologi bisa memperkirakan kemungkinan terjadinya gempa di suatu wilayah. Manfaat yang satu ini tidak lepas dari pengembangan GPS yang semakin ditingkatkan keakuratannya.

4. Informasi Geografis

Mempermudah pembuatan peta, sebagai referensi pengukuran suatu wilayah, hingga berguna untuk mengukur jarak perbatasan, dan lain sebagainya.

5. Dalam Dunia Militer

Penggunaan GPS juga membantu dalam sistem pertahanan militer. Dalam prakteknya, GPS bisa digunakan untuk memantau pergerakan dari musuh serta penuntun arah jatuhnya bom sehingga bisa lebih tertarget.

Dengan banyaknya manfaat di atas, tidak heran jika GPS dianggap sebagai sistem navigasi yang penting di dunia modern saat ini.

3 Kekurangan dari GPS

apa itu gps dari definisi serta kelebihan kekurangannya

Selain mengetahui apa itu GPS dan kelebihan hingga sejarahnya, penting juga untuk tahu kekurangan dari sistem navigasi yang satu ini. Berikut ini adalah kekurangan dari GPS sebagai salah satu sistem navigasi yang banyak digunakan saat ini :

1. Keakuratan Tidak Selalu Tepat

Hal ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor yang membuat tingkat keakuratan GPS tidak selalu tepat. Beberapa faktor yang berpengaruh pada keakuratan GPS antara lain adalah signal multipath hingga kesalahan clock receiver.

2. Dipengaruhi oleh Posisi Satelit

Tidak hanya dipengaruhi oleh posisi satelit, GPS juga dipengaruhi oleh proses sinyak yang tertunda. Kondisi dari atmosfer juga seringkali mempengaruhi kecepatan dari GPS.

3. Membutuhkan Sinyal yang Kuat

Bagi Anda yang menggunakan GPS di ponsel, maka sinyal yang bermasalah memberi pengaruh pada operasi GPS. Saat adanya hujan lebat, hingga gempa, GPS juga sulit beroperasi dengan baik lantaran sinyal provider yang terganggu akibat gangguan alam.

Terlepas dari kekurangan di atas, GPS memiliki andil yang besar dalam kehidupan manusia sehari-hari. Pemanfaatan GPS juga sudah dilakukan secara hampir menyeluruh di berbagai lapisan masyarakat.

Bagi Anda yang memiliki kelebihan pulsa dan ingin ditukar menjadi uang cash, bisa segera menghubungi Sukma Convert. Kami merupakan jasa convert pulsa terpercaya dan telah melayani banyak klien dengan jumlah penukaran yang berbeda-beda. Sebelum melakukan penukaran, Anda bisa cek dulu jumlah kurs yang berlaku.

Posted in Wawasan Umum and tagged , , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *