Definisi Layar Amoled untuk Smartphone dan Keunggulannya Dibanding Layar Lain

Definisi Layar Amoled untuk Smartphone dan Keunggulannya Dibanding Layar Lain

Apa itu layar Amoled yang sering kamu jumpai pada smartphone? Layar dengan display Amoled ini sendiri sudah ada berbagai seri Hp terbaru dan merupakan singkatan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode. Teknologi layar ini sudah disematkan pada berbagai merek dan seri Hp seperti halnya Samsung. Tentunya kamu akan menemukan berbagai keunggulan dari jenis layar ini yang membuatnya banyak dipilih.

Apa Itu Definisi Layar Amoled

Keunggulan Layar Amoled Dibanding Jenis Layar Lain

 

Lalu, apa yang dimaksud dengan layar Amoled? Amoled adalah teknologi layar canggih dari OLED atau Organic Light Emotting Diode yang merupakan perangkat padat tersusun dari film-film tipis. Pada film ini akan terdapat molekul organik yang menghasilkan cahaya saat dialiri listrik. Tingkat ketajaman yang dihasilkan sangat tinggi sehingga memberi kualitas yang semakin jernih pada gambar dan video.

Salah satu brand kenamaan untuk gadget yang menggunakan jenis layar ini adalah Samsung yang juga menjadi layar sentuh Amoled untuk pertama kalinya.

Keunggulan Layar Amoled Dibanding Jenis Layar Lain

Keunggulan Layar Amoled Dibanding Jenis Layar Lain

Brand dan merek Hp semakin bersaing untuk menghadirkan kualitas produk yang terbaik, termasuk pada elemen layarnya. Dalam hal ini, penggunaan layar Amoled semakin disukai dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, seperti halnya :

  • Memiliki tingkat kecerahan yang tinggi => Keunggulan ini bisa membuat penggunaan Hp mu semakin mudah. Amoled memiliki fitur penyetelan RGB yang membuat warna foto menjadi stabil. Dengan demikian, tampilan gambar dan video menjadi lebih cerah. Di sisi lain, meskipun dilihat dari bawah sinar matahari secara langsung, tampilan layar akan tampak terang dan warnanya cerah. Hal ini karena layar Amoled mampu menghasilkan tingkat kehitaman yang lebih daripada layar yang lain.
  • Tingkat konsumsi energi yang rendah => Dengan kualitas yang mumpuni, ternyata jenis layar ini memiliki tingkat konsumsi energi yang rendah. Layar ini lebih hemat daya yang membuat baterai Hp mu lebih tahan lama.
  • Memiliki rasio kontras yang lebih dalam daripada jenis layar lain => Hal ini tentu membuat penggunaan layar Hp lebih nyaman. Terlebih, layar dengan tipe Amoled ini mampu menyesuaikan tingkat kecerahan pada layar secara otomatis.
  • Layar responsif => Jika kamu menggunakan Hp dengan jenis layar Amoled, maka kamu bisa merasakan bahwa layar ini lebih responsif. Kamu juga bisa meningkatkan respon yang lebih cepat dengan melakukan refresh rate yang lebih tinggi.
  • Lebih tipis => Layar jenis Amoled tidak memerlukan backlight yang membuat panel layar lebih tipis dibanding jenis layar lainnya. Hal ini sekaligus juga membuat Hp dengan layar ini jadi lebih ringan. Maka tak heran jika ponsel dengan jenis layar Amoled memiliki harga yang lebih mahal dengan kesan yang lebih mewah.

Kekurangan Layar Amoled

Kekurangan Layar Amoled

Teknologi layar Amoled ini masih tergolong baru. Karena itu, harga perangkat dengan layar Amoled memiliki harga yang relatif lebih mahal dibadingkan dengan harga Hp dengan jenis layar lainnya. Brand terkenal dan ternama seperti Samsung dan LG merupakanĀ  beberapa contoh produsen yang memproduksi layar Amoled sehingga lebih mudah ditemukan pada perangkat yang mereka ciptakan.

Kekurangan lainnya adalah jenis layar Amoled ini rentan rusak dengan berbagai kondisi, seperti halnya saat menggunakan full brightness yang membuat layar ini akan terbakar. Selanjutnya akibat yang ditimbulkan adalah adanya jejak shadow atau burn in. Hal ini bisa terjadi jika kamu secara terus-terusan menggunakan Hp dalam mode full brightness.

Layar ini juga mudah rusak ketika Hp mu terjatuh. Hal ini bisa membuat masaah pada HP seperti halnya flicker atau layar yang selalu berkedip. Dengan demikian, maka penggunaan Hp pun akan kurang nyaman terlebih untuk waktu yang lama.

Lapisan-Lapisan dalam Layar Amoled

Lapisan-Lapisan dalam Layar Amoled

Sebelum membeli perangkat dengan jenis layar berteknologi Amoled, maka kamu perlu tahu bahwa jenis layar ini memiliki 4 lapisan. Berikut ini adalah penjelasannya :

  • Lapisan anode => Fungsi lapisan ini adalah untuk menciptakan lubang elektron yang fungsinya adalah untuk membuang elektron saat dialiri listrik.
  • Lapisan organik tengah => Lapisan yang ada di tengah ini dibuat dari polymer atau sejenis molekul organik
  • Lapisan katode => Sifat lapisan ini adalah transparan yang bertugas untuk menyuntikkan elektronĀ  saat dialiri listrik.
  • Lapisan bawah atau substrate => Fungsi lapisan ini sebagai alas layar OLED yang terbuat dari bahan plastik, gelas, kertas foil.

Selain untuk smartphone, jenis layar Amoled diaplikasikan pula untuk berbagai jenis perangkat elektronik. Contohnya adalah pada monitor PC, layar TV hingga gadget pada umumnya.

Cara Bedakan Layar Amoled dengan Layar Lain

Cara Bedakan Layar Amoled dengan Layar Lain

Amoled hadir sebagai standar baru untuk smartphone premium yang berkualitas. Pabrikan dan produsen smartphone berlomba untuk menghasilkan Hp terbaik dengan penggunaan layar yang efisien, berkualitas dan tingkat penggunaan daya rendah seperti halnya Amoled. Jika kamu ingin membeli Hp baru, maka ketahui dulu bagaimana membedakan antara layar Amoled dengan layar pada umumnya atau layar jenis LCD :

Cahaya pada layar smartphone

Cara sederhana ini bisa kamu gunakan untuk membedakan antara layar Amoled dengan layar LCD. Pada umumnya piksel pada jenis layar Amoled akan memancarkan cahayanya sendiri. Jadi, bagian layar yang hitam menjadi area dimana pikselnya tidak menyala.

Kamu bisa mengeceknya dengan mengunduh gambar serba hitam untuk uji Amoled. Setelah disimpan pada ponsel, maka buka penampil gambar layar penuh namun dengan bilah status dan navigasi yang disembunyikan. Lalu, ubah kecerahan ponsel sepenuhnya dan bawa Hp di tempat yang benar-benar gelap.

Jika kamu melihat cahaya yang memancar dari ponsel, maka Hp mu menggunakan jenis layar LCD. Namun jika layar Hp mu benar-benar gelap pada tingkat kecerahan sudah penuh, maka Hp mu memiliki layar Amoled.

Akses Situs Terpercaya

Cara ini cukup mudah dan sederhana untuk kamu praktekkan. Kamu tinggal mencari spesifikasi ponsel yang ingin kamu beli di situs online yang kredible. Di sana, kamu akan menemukan jenis LCD maupun Amoled pada bawah kategori Display.

Cara ini lebih praktis untuk kamu coba. Kamu juga bisa akses konten creator di youtube yang membahas tentang review Hp. Kamu bisa tahu dengan lebih pasti tentang spesifikasi Hp yang bersangkutan.

Jika kamu ingin membeli Hp baru, maka sebaiknya perhatikan spesifikasi secara lengkap termasuk jenis layarnya. Dengan demikian, maka kamu bisa mendapatkan manfaat yang maksimal ketika menggunakan Hp tersebut.

Namun perlu kamu ketahui bahwa menggunakan jenis layar di atas memiliki ketagori tersendiri. Ada layar dengan display Amoled dan ada yang Super Amoled. Tidak ada perbedaan yang significant dari segi sistem dan mekanismenya.

Yang membedakan kedua jenis layar ini adalah layar Amoled akan menggunakan lapisan layer lagi untuk sensor layar sentuh. Sedangkan pada layar Super Amoled tidak menggunakan elemen tersebut karena senstor layar sentuh sudah menyatu dengan panel.

Ada baiknya, Anda mengetahui juga tentang Sukma Convert yang menjadi penyedia jasa convert pulsa terpercaya. Kamu bisa mengubah pulsa di Hp mu yang tidak terpakai menjadi uang. Kamu juga bisa menggunakan berbagai fitur lain di tempat kami. Kunjungi website kami agar kamu bisa mendapatkan manfaat yang lebih banyak lagi.

Posted in Wawasan Umum and tagged , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *