Jenis dan Kategori USB beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Jenis dan Kategori USB beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Jika kamu menggunakan gadget atau PC untuk pekerjaan maka kamu harus tahu tipe dan jenis USB atau Universal Serial Bus. Perangkat penghubung atau konektor ini bukan hanya bisa digunakan untuk komputer saja. Namun, USB bisa pula diaplikasikan atau dihubungkan ke konsol permainan, kamera, flash drive, scanner, mouse, keyboard, hingga ponsel (smartphone).

Apa yang Dimaksud dengan USB

Apa yang Dimaksud dengan USB

USB adalah standar bus serial yang membantu menghubungkan perangkat-perangkat yang bisa membantu transfer data berupa dokumen, foto, video dan lain sebagainya. Sistem dari USB sendiri didesain secara asimetris dan ditujukan untuk menghilangkan penambahan expansion card ke komputer atau perangkat gadget. Bukan hanya untuk transfer data, USB juga digunakan untuk charging dan lain sebagainya.

Secara umum, penggunaan USB ditujukan agar koneksi bisa lebih mudah dan menjadi standar penghubung berbagai perangkat elektronik. USB juga menjadi pengganti untuk berbagai bentuk konektor yang terpasang pada PC sehingga konfigurasi perangkat lunak bisa lebih sederhana. Dengan USB, maka proses transfer data bisa lebih singkat dari satu perangkat ke perangkat yang lain.

Kegunaan USB secara Umum

Kegunaan USB secara Umum

USB merupakan perangkat yang dimiliki oleh hampir semua orang, terlebih bagi yang bekerja dengan komputer atau PC. Kini, USB bisa lebih canggih karena bisa terhubung dengan ponsel tertentu. USB sendiri memiliki berbagai kegunaan yang mungkin saja belum Anda tahu sebelumnya, seperti halnya :

USB untuk Transfer Data

Fungsi ini adalah yang paling banyak orang gunakan. Data yang USB bisa digunakan sebagai konektor sekaligus perangkat yang membantu transfer data secara mudah dan singkat. Jenis data yang bisa ditransfer bisa berupa dokumen, gambar, video bahkan aplikasi.

Kamu bisa transfer data dari berbagai perangkat seperti antar komputer, laptop, bahkan dari komputer ke ponsel. Untuk itu, kamu perlu memilih jenis USB yang sesuai dengan jenis perangkat yang akan dihubungkan karena ada banyak jenis dan tipe dari USB.

USB untuk Mengunci dan Membuka PC

PC atau Personal Computer merupakan perangkat komputer yang sering kali digunakan oleh perseorangan. Penggunaan PC sangat umum di berbagai tempat seperti rumah, kantor hingga pusat perbelanjaan.

Saat ini, untuk meningkatkan sistem keamanan pada PC, maka banyak yang melindungi data di dalamnya dengan password. Selain cara tersebut, kamu juga bisa memanfaatkan USB untuk mengunci komputer.

Untuk memaksimalkan fungsi ini, maka download software Predator untuk windows. Tool ini sangat populer untuk mengubah USB menjadi kunci fisik dari PC yang kamu gunakan. Tinggal colokkan USB ke komputer, maka kamu bisa mengakses komputer atau PC mu.

USB untuk Menyimpan Aplikasi Favoritmu

USB bisa kamu gunakan untuk menyimpan aplikasi yang ingin kamu gunakan sehingga kamu bisa menggunakannya kapan saja dan dimana saja dari berbagai perangkat dan gadget. Beberapa aplikasi bisa kamu simpan dalam USB dalam bentuk ZIP dan dapat langsung kamu gunakan di komputer mana saja. Cara ini sangat praktis karena kamu tidak perlu instal aplikasi di komputer milikmu.

USB Meningkatkan Kinerja PC

Jika komputermu lemot, maka percepat dengan USB yang kamu miliki. Caranya adalah dengan mengaktifkan tools bernama Windows ReadyBoost dan colokkan ke perangkat. Pilih ReadyBoost pada kotak dialog yang ditampilkan pada layar.

Program ini memungkinkan performa komputer lebih cepat dan lebih baik. Untuk mengaktifkan tools ini maka kamu butuh USB dengan kecepatan yang tinggi.

USB Menghubungkan Komputer dengan Penyimpanan Eksternal

Penyimpanan eksternal merupakan memori yang berada di luar perangkat yang bersangkutan. Jadi, memori ini bisa dicabut dari perangat yang digunakan. Jenis perangkat ini ada banyak macamnya. Ada yang berupa flashdisk yang bisa dihubungkan dengan komputer maupun laptop dengan bantuan USB.

Kelebihan Penggunana USB pada Perangkat

Kelebihan Penggunana USB pada Perangkat

USB menjadi salalah satu perangkat yang umum digunakan karena memiliki berbagai kegunaan. Apalagi, USB memiliki berbagai kelebihan tersendiri, seperti halnya :

  • Kecepatan transfer yang tinggi => Pada port USB, kamu bisa menikmati kelebihan berupa transfer data yang cepat. Sering kali, data yang ditransfer ini akan dipotong-potong dengan ukuran yang kecil yaitu 64 byte. Dengan USB, kamu bisa transfer file berupa game, aplikasi, film hingga video sekalipun.
  • Fleksibel penggunaannya => USB sangat penting dalam berbagai bidang. Kamu bisa menghubungkan satu perangkat dengan perangkat yang lain. Misalnya dari komputer ke ponsel dan berbagai gadget lainnya.
  • Mudah dibawah kemana saja => Perangkat ini berukuran minimalis dan kecil sehingga mudah untuk kamu bawa kemana saja.

USB adalah perangkat yang sangat dibutuhkan. Akan tetapi, perangkat ini juga memiliki kelemahan tersendiri yaitu dari panjang kabel maksimal yang terkadang dianggap kurang. Jadi, antara satu perangkat ke perangkat lain tidak bisa jauh posisinya.

Jenis dan Kategori USB yang Perlu Kamu Tahu

Jenis dan Kategori USB yang Perlu Kamu Tahu

Ponsel dan sebagian besar perangkat elektronik memiliki koneksi USB. Hal ini memudahkan kamu untuk transfer data hingga untuk melakukan berbagai kegiatan seperti halnya membuka aplikasi dari perangkat lain. Yang perlu kamu tahu adalah bahwa USB ini memiliki banyak jenis dan tipe. Masing-masing tipe memiliki penggunaan tersendiri, seperti halnya :

  • USB type A => USB jenis ini adalah salah satu yang paling banyak digunakan oleh kita saat ini. Kegunaan dari USB ini adalah sebagai penghubung ke keyboard, mouse dan untuk transfer data serta charging Hp. Bentuknya persegi panjang dan bisa digunakan untuk berbagai jenis port, seperti halnya USB 3.0, USB 1.1. dan USB 2.0.
  • USB type B => USB ini lebih jarang digunakan daripada USB type A. Kegunaan dari USB ini adalah untuk penghubung ke komputer, laptop, Hp, dan kamera digital, printer dan scanner.
  • Mini USB => Konektor ini digunakan untuk berbagai perangkat mobile yang kita gunakan sehari-hari. Seperti namanya, ukuran USB ini lebih kecil dibanding USB pada umumnya. USB ini bisa digunakan sebagai penghubung berbagai perangkat seperti smartphone maupun kamera digital.
  • Micro USB => USB ini lebih sering digunakan saat ini daripada mini USB dan bisa ditemui pada charger Smartphone.
  • USB type C => Jenis USB ini termasuk baru di pasaran dengan bentuk yang lebih kecil serta bisa digunakan sercara bolak-balik atau reversible. Jadi penggunaannya lebih praktis dengan kecepatan transfer data yang lebih tinggi. Pada berbagai jenis dan seri laptoo, tablet hingga smartphone sudah banyak yang menggunakan jenis USB type C ini.

USB merupakan salah satu perangkat yang kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari mulai dari transfer data hingga untuk charging. Dengan beragam jenis USB yang ada di pasaran saat ini, maka sebaiknya kenali fungsi dan pemakaiannya agar sesuai dengan perangkat yang kamu gunakan.

Pada era digitalisasi yang semakin cangih saat ini, kamu juga perlu mengetahui salah satu situs terpercaya yaitu Sukma Convert. Kami adalahjasa convert pulsa yang memberi kamu banyak keuntungan. Salah satunya adalah kami bisa mengubah pulsa yang menumpuk di Hp mu menjadi uang. Kamu juga bisa menggunakan berbagai fitur di website kami yang aman dan mudah digunakan.

Posted in Wawasan Umum and tagged , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *