Handphone 5G, Kelebihan dan Kekurangan yang Ditawarkannya

Handphone 5G, Kelebihan dan Kekurangan yang Ditawarkannya

Apa saja kelebihan handphone 5G yang ditawarkan kepada para penggunanya ? Jaringan generasi ke lima atau 5G kini hadir setelah kemunculan para pendahulunya yakni jaringan 1G, 2G, 3G, dan juga 4G. Handphone 5G menawarkan banyak sekali kelebihan yang siap memberikan pengalaman berkesan bagi para pengguna HP.

Apa itu Handphone 5G

Apa itu Handphone 5G

5G adalah standar telekomunikasi seluler lanjutan yang dibandingkan dengan 4G, ia dapat memberikan kecepatan lebih. Dibandingkan dengan pendahulunya, ponsel 5G lebih unggul dalam banyak hal, termasuk dalam kecepatan.

Selain itu, jaringan 5G juga diharapkan memiliki kapasitas yang lebih baik dan besar jika dibandingkan dengan 4G. Telah banyak vendor handphone yang kini merilis handphone 5G buatan mereka ke pasaran.

Perilisan handphone yang mengadopsi jaringan 5G di berbagai belahan dunia juga semakin meluas, termasuk juga di Indonesia. Handphone 5G sendiri diluncurkan dengan berbagai merek dan harga yang bervariasi. Harga tentunya tergantung pada merek dan spesifikasi yang handphone tersebut tawarkan.

5 Kelebihan Handphone 5G

Kelebihan Handphone 5G

Berminat melakukan pembelian handphone 5G ? Bagi Anda yang berminat melakukan pembalian handphone baru, tidak ada salahnya menyimak beberapa kelebihan handphone dengan jaringan 5G terlebih dulu. Handphone 5G sendiri menawarkan banyak kelebihan seperti yang berikut ini :

1. Memiliki Koneksi yang Cepat

Tidak jarang kita dibuat jengkel dengan internet yang lelet. Namun tidak perlu khawatir karena dengan menggunakan 5G, masalah yang satu ini bisa diatasi.

Dengan kecepatan yang lebih baik, berbagai aktivitas yang dilakukan juga bisa berlangsung secara lebih cepat. Bahkan, jaringan 5G diklaim memiliki kecepatan unduhan berkali lipat dari internet pendahulunya, 4G.

Dengan kelebihan yang satu ini, tentu Anda bisa memanfaatkan jaringan 5G untuk mengunduh film dengan resolusi tinggi hanya dalam waktu singkat. Alhasil, Anda juga akan diuntungkan karena bisa lebih hemat waktu dan tenaga ketika ingin mengunduh film ataupun musik favorit.

2. Bermain Game Menjadi Lebih Seru

Keseruan bermain game online seringkali membuat ketagihan. Hal ini tidak lepas dari banyaknya jenis game yang bisa dimainkan. Game online sendiri cocok dimainkan untuk menemani di saat waktu senggang atau ketika Anda tengah bosan dengan rutinitas harian.

Sayangnya tidak jarang gamers mengeluhkan jaringan koneksi yang buruk hingga menyebabkan terjadinya lag. Namun, gangguan seperti ini bisa lebih diminimalisir dengan penggunaan jaringan 5G karena kecepatan aksesnya.

Selain itu, latensi rendah yang ditawarkan oleh oleh 5G bisa membuat permainan menjadi lebih lancar tanpa harus terkendala dengan adanya lag.

3. Streaming Video yang Lebih Menyenangkan

Dengan menggunakan jaringan 5G, pengalaman streaming juga akan lebih menyenangkan dengan resolusi konten yang lebih tinggi. Anda juga tidak perlu khawatir terjadinya lag karena dengan kecepatan yang dimiliki oleh ponsel 5G, bahkan tidak membuat konten 8k sekalipun mengalami buffering.

Dengan kelebihan yang satu ini, streaming di youtube atau video lainnya juga bisa dilakukan secara lebih lancar tanpa gangguan.

4. Kualitas Video Call Lebih Baik

Dari segi komunikasi, 5G juga memungkinkan hubungan jarak jauh melalui video call menjadi lebih jernih. Video call sendiri adalah teknologi untuk berkomunikasi seperti bertatap muka secara langsung dengan penerima. Proses video call biasanya dilakukan dengan gadget yang terhubung dengan jaringan internet.

Dengan kelebihan yang satu ini, tentu berguna untuk menunjang komunikasi antara anggota keluarga atau saat digunakan untuk hubungan pekerjaan, dan lain sebagainya. Di zaman yang serba virtual seperti sekarang ini, jaringan 5G tentu akan sangat membantu.

5. Latensi yang Rendah

Pada jaringan 4G, latensi sendiri sudah terbilang rendah. Namun jaringan 5G, membuatnya hampir nol. Latensi sendiri adalah jeda waktu yang dibutuhkan dalam penghantaran data yang berasal dari pihak pengirim ke penerima atau perangkat.

Biasanya, semakin tinggi jeda waktu yang dibutuhkan, maka semakin lambat juga respons yang diberikan oleh pihak penerima atas perintah yang dikirimkan. Setiap generasi dari jaringan yang ada dibuat dengan adanya tujuan yakni mengurangi latensi yang ada.

Berbagai kelebihan dari handphone 5G di atas tentu sangat menguntungkan bagi para penggunanya. Keberadaan 5G membuat berbagai aktivitas para pengguna bisa dilakukan secara lebih baik dan juga cepat. Alhasil, pengguna 5G juga bisa lebih menghemat waktu dan juga tenaga dengan akses yang cepat.

Kekurangan Handphone 5G

Kekurangan Handphone 5G

Meski menawarkan berbagai kelebihan yang menguntungkan bagi para pemilik handphone, namun jaringan 5G juga memiliki kekurangan. Bagi Anda yang berminat membeli handphone 5G, sebaiknya ketahui dulu apa saja kekurangan dari jaringan ini.

Dengan mengetahui berbagai kelebihan dan kekurangannya, hal ini juga akan membantu Anda dalam memutuskan ingin lanjut membeli handphone 5G atau ditunda dulu. Adapun beberapa kekurangan dari handphone 5G antara lain adalah sebagai berikut :

1. Harga yang Masih Mahal

Harga menjadi salah satu penghambat untuk membeli handphone 5G, terutama jika dana yang Anda siapkan masih terbatas. Dukungan konektivitas dari 5G sendiri bisa ditemukan di handphone kelas flaghship saja.

2. Pilihan Belum Terlalu Banyak

Handphone 5G menawarkan pilihan yang masih belum terlalu banyak seperti halnya ponsel 4G. Belum lagi, tidak semua handphone 5G masuk ke Indonesia, sehingga mempersempit pilihan Anda untuk mendapatkan jenis handphone yang satu ini.

3. Membutuhkan Banyak BTS

Apa itu BTS ? BTS adalah insfrastruktur telekomunikasi yang berguna untuk memfasilitasi komunikasi nirkabel antara perangkat komunikasi serta jaringan operator. Untuk jaringan 5G, jaringan ini  membutuhkan banyak BTS atau base transceiver station.

Jaringan 5G sendiri menggunakan gelombang milimeter, berbeda dengan 4G yang masih menggunakan gelombang radio di urutan sentimenter.

4. Ukuran Handphone yang Besar

Mayoritas dari handphone 5G memiliki dimensi yang besar. Hal ini bukanlah tanpa alasan, melainkan karena sebagian besar dari handphone ini bergantung pada modem standalone alih-alih yang tertatam di chipset.

Dengan alasan di atas, maka tidak heran jika handphone 5G membutuhkan ruang ekstra untuk modem tersebut. Inilah kenapa brand handphone 5G memproduksi handphone mereka dengan ukuran lebih besar.

5. Masih Belum Merata Jangkauannya

Luas jangkauan dari jaringan ini masih terbatas. Hal ini juga yang menjadi pertimbangan bagi banyak orang untuk menunda dulu pembelian handphone 5Gnya. Di Indonesia, implementasi dari dari jaringan 5G masih dalam proses dan belum meluas.

Ingin membeli Handphone 5G ? Anda bisa simak beberapa kelebihan handphone 5G dan juga kekurangannya di atas. Handphone 5G sendiri telah ditunggu-tunggu oleh banyak lapisan masyarakat karena berbagai keungggulan yang ditawarkan.

Memiliki banyak kelebihan pulsa dan ingin menukarkannya ? maka Anda bisa langsung hubungi Sukma Convert yang merupakanjasa convert pulsa terpercaya. Tersedia beberapa pilihan kontak yang bisa dihubungi untuk melakukan penukaran pulsa menjadi uang tunai yang dikirim ke rekening atau untuk saldo dompet digital.

Posted in Wawasan Umum and tagged , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *