Pengertian NFC, Manfaat, hingga Cara Mengaktifkannya

Pengertian NFC, Manfaat, hingga Cara Mengaktifkannya

Apa itu fitur NFC di smartphone dan manfaatnya ? NFC sendiri merupakan singkatan dari Near Field Communication yang dikembangkan dari RFID (Radio Frequency Identification). Adapun ponsel android pertama yang menggunakan fitur satu ini adalah Samsung Nexus S.

Pengertian dan Apa Itu Fitur NFC di Smartphone

Pengertian dan Apa Itu Fitur NFC di Smartphone

NFC adalah fitur protokol komunikasi jarak pendek yang memungkinkan dua alat elektronik dapat tersambung dan bertukar data antara satu dengan yang lain. Jenis smartphone keluaran terbaru biasanya telah diinstal NFC.

Dengan adanya fitur satu ini, maka Anda bisa menggunakannya untuk memindahkan data secara lebih cepat dalam jarak yang dekat. Adanya NFC juga membuat penggunanya tidak perlu menggunakan kabel ataupun bluetooth saat ingin memindahkan data

Jika penasaran dan ingin tahu apakah ponsel pintar yang Anda miliki sudah terinstal fitur satu ini, maka tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan.

Cara pengecekan bisa dilakukan dengan masuk ke setting > wireless & Networks. Selanjutnya, cari tahu apakah ada menu NFC atau tidak di smartphone yang dimiliki.

5 Manfaat NFC pada Smartphone

Manfaat NFC pada Smartphone

Apa saja manfaat yang ditawarkan oleh fitur yang satu ini ? Penggunaan NFC sendiri memiliki banyak manfaat bagi para pengguna smartphone, seperti yang berikut ini :

1. Melakukan Transfer File

Anda bisa mengirim gambar, dokumen, nomor telepon, atau jenis file yang lain secara lebih mudah dengan memanfaatkan fitur ini. Dengan adanya NFC, berbagai jenis file tersebut bisa ditransfer ke smartphone lain dengan cara menempelkan kedua smartphone. Cara yang pertukaran file satu ini tentu mudah untuk dilakukan.

2. Untuk Menandai Suatu Lokasi

NFC juga bisa digunakan untuk menandai suatu lokasi dengan cara menempelkan NFC tag khusus. Hal ini tidak lepas dari dukungan fitur yang berupa LBS atau singkatan dari Location Based Service.

Dengan adanya fitur NFC, Anda juga bisa melakukan check in dan check out di suatu tempat, sebagai contoh di perkantoran yang sudah mendukung absen dengan NFC.

3. Untuk Melakukan Pembayaran Cashless

Anda juga bisa memasukkan data kartu debit dan juga kartu kredit ke dalam smartphone NFC. Hal ini membantu Anda melakukan pembayaran tanpa harus menggunakan uang tunai. Untuk pembayaran, Anda cukup menggunakan smartphone saja, tanpa harus mengeluarkan kartu. Praktis bukan ?

Saat menggunakannya, Anda cukup menempelkan smartphone yang dimiliki ke alat tertentu. Senlajutnya, NFC akan bekerja dengan memberikan data yang dibutuhkan untuk melakukan proses pembayaran. Alhasil, Anda bisa melakukan pembayaran secara lebih mudah.

4. Melakukan Akses Informasi Smart Card

NFC juga bisa digunakan untuk membaca data, termasuk juga smart card. Dengan demikian, Anda bisa melakukan pengecekan saldo yang dimiliki. Bisa juga digunakan untuk mengisi saldo e-money ataupun kartu e-toll yang sesuai dengan kebutuhan.

5. Menyambungkan Smartphone dengan Perangkat Lain

Anda bisa menghubungkan dua perangkat secara dua arah hingga menerima juga mengirim informasi. Berbeda dengan bluetooth yang harus melakukan pairing terlebih dulu, maka hal ini tidak berlaku pada NFC yang bisa disambungkan dengan tinggal tempel saja.

Dengan adanya NFC, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menghubungkan antara smartphone dengan headset, speaker hingga wireless router yang sudah dilengkapi dengan NFC.Dan masih banyak lagi manfaat dari NFC yang bisa digunakan sesuai dengan keperluan yang Anda miliki.

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan NFC

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan NFC

Selain mengetahui apa itu fitur NFC di smartphone dan manfaatnya, penting juga untuk tahu bagaimana cara mengaktifkan fitur yang satu ini. Biasanya NFC sudah diaktifkan pleh pihak produsen smartphone. Namun jika belum, maka Anda bisa mengaktifkannya sendiri dengan cara yang cukup mudah.

Caranya adalah dengan masuk dulu ke homescreen di smartphone yang dimiliki lalu cari quick menu dan pilih tombol NFC. Jika sudah aktif, Anda bisa langsung menggunakannya untuk berbagai kebutuhan.

Salah satu penggunaan NFC adalah untuk melakukan transfer data. Untuk cara melakukan transfer data melalui NFC, Anda bisa ikuti langkah yang berikut ini :

  • Mengaktifkan sensor NFC => Caranya adalah dengan mengaktifkan dulu sensor pada kedua smartphone yang akan digunakan. Jika sudah, Anda bisa mendekatkan bagian belakang smartphone agar saling berhadapan
  • Pilih File => Di bagian perangkat utama, Anda bisa memilih file yang akan dikirimkan lalu tekan tombol share dan pilih android beam. Jika sudah, maka kedua perangkat akan muncul menu permintaan penerimaan
  • Terima data => Anda bisa menekan tombol accept untuk memulai proses transfer data lalu tunggu sampai proses terima datanya selesai. Jika sudah, maka file akan segera tersimpan di smartphone kedua

Perbandingan antara NFC dan Bluetooth

Perbandingan antara NFC dan Bluetooth

Hingga saat ini masih banyak orang yang lebih memilih menggunakan bluetooth dan masih asing dengan NFC. Padahal, penggunaan fitur yang satu ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan penggunaan bluetooth, seperti kelebihan yang berikut ini :

  • Daya yang konsumsi => Bluetooth mengkonsumsi baterai selama ia dihidupkan. Namun, NFC tidak mengkonsumsi banyak daya dan menguras baterai lebih sedikit
  • Kecepatan koneksi => NFC hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 detik dalam menghubungkan 2 perangkat

Meski memiliki beberapa kelebihan di atas, namun NFC juga memiliki kelemahan jika dibandingkan dengan bluetooth. NFC sendiri bekerja dalam jarak pendek. Berbeda dengan bluetooth yang bisa berfungsi pada perangkat meski jaraknya 10 meter sekalipun.

Cara Aman Mengaktifkan NFC

Cara Aman Mengaktifkan NFC

Meski penggunaan NFC cukup aman untuk dilakukan, namun Anda tetap harus melakukan pencegahan dari hal yang tidak diinginkan. Untuk bisa menggunakan NFC secara lebih aman, Anda bisa coba beberapa tips yang berikut ini :

  • Kunci dengan Pin => Anda bisa mengunci fasilitas yang satu ini dengan PIN yang hanya Anda sendiri tahu apa pinnya. Penggunaan pin bisa digunakan supaya tidak sembarang orang bisa mengaktifkan NFC dan menggunakannya untuk hal yang merugikan Anda sebagai pemilik smartphone
  • Hindari terus menerus menggunakannya => Ada baiknya untuk menggunakan fitur NFC seperlunya saja. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya perangkat lain yang mencoba mengambil data dari perangkat yang Anda gunakan

Selain beberapa hal di atas, ada baiknya juga jika tidak tidak mendekatkan perangkat ke perangkat lain saat  NFC sedang menyala.

Bagi Anda yang masih belum mengerti apa itu fitur NFC di smartphone, manfaat, dan cara mengaktifkannya, Anda bisa langsung simak ulasan di atas. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan NFC secara bijak sesuai dengan kebutuhan yang Anda miliki.

Sukma convert merupakan salah satu jasa convert pulsa yang siap melayani penukaran sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Penukaran melalui Sukma Convert menawarkan banyak kelebihan, terutama karena harga tukar yang tinggi serta langkah penukaran pulsa yang mudah dan praktis untuk dilakukan.

Posted in Wawasan Umum and tagged , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *