17 Tips yang Bisa Diikuti Supaya Ponsel Tahan lama

17 Tips yang Bisa Diikuti Supaya Ponsel Tahan lama

Ada banyak tips merawat HP agar awet yang bisa Anda ikuti. Dengan melakukan berbagai tips tersebut, Anda tidak perlu bergonta-ganti HP dalam waktu singkat. Tidak hanya tahan lama dan tidak mudah rusak, merawat HP dengan baik juga membuat ponsel jarang mengalami gangguan dan bisa digunakan secara lancar.

Untuk tips merawat HP yang tepat agar tidak mudah rusak, Anda bisa langsung ikuti 15 tips yang berikut ini :

1. Unduh Aplikasi yang Berguna Saja

Unduh Aplikasi yang Berguna Saja

Hingga saat ini ada banyak sekali aplikasi yang bisa diunduh secara gratis. Sayangnya, kebanyakan aplikasi bisa membuat penyimpanan HP mudah penuh. Belum lagi performa HP juga bisa saja menurun karen terlalu banyak aplikasi. Akan lebih baik jika Anda menginstal berbagai jenis aplikasi yang berguna dan memang sering digunakan saja.

2. Mulai Gunakan Passowrd

Mulai Gunakan Passowrd

Menghindari orang yang usil atau yang berniat mencuri data, ada baiknya jika Anda mulai memasang password di ponsel. Pastikan jika password hanya Anda sendiri yang tahu dan jangan beritahukan password anda kepada orang lain. Tips membuat password adalah membuatnya yang unik dan pastikan untuk tidak lupa password sendiri.

3. Menggunakan Charger Original

Menggunakan Charger Original

Hingga saat ini, ada banyak sekali jenis charger KW yang beredar di pasaran. Pembelian jenis charger yang KW barangkali memang lebih murah, sayangnya, charger KW memiliki kualitas di bawah standar yang belum tentu cocok dengan spesifikasi baterai yang HP Anda miliki. Jika terus menerus digunakan, hal ini bisa saja menimbulkan kerusakan pada HP.

4. Jangan Selalu Tergantung dengan Powerbank

Jangan Selalu Tergantung dengan Powerbank

Powerbank memang sangat membantu terutama bagi Anda yang ingin mengisi daya, namun tidak menemukan sumber listrik. Meski demikian, penggunaan powerbank sebaiknya digunakan saat benar-benar mendesak dan tidak terlalu sering. Penggunaan yang terus menerus bisa memicu kerusakan yang tidak diinginkan.

5. Isi Daya Sesuai Kebutuhan

Isi Daya Sesuai Kebutuhan

Hindari mengisi daya sampai dengan 100%. Hal ini dilakukan supaya baterai HP yang Anda miliki bisa bertahan secara lebih lama. Akan lebih baik jika Anda mengisi daya antara 30 sampai dengan 80% saja supaya baterai ponsel bisa lebih awet. Dengan demikian, baterai ponsel yang Anda miliki juga akan lebih tahan lama.

6. Hindari Bermain Game saat Isi Daya

Hindari Bermain Game saat Isi Daya

Ada banyak game seru yang bisa dimainkan di HP. Namun, ada baiknya Anda memainkan game secara tidak berlebihan dan tahu kapan tepat untuk bermain. Dalam hal ini, ada baiknya Anda menghindari bermain game sembari mengisi daya karena bisa membuat beban HP lebih berat. Jika memiliki kebiasaan buruk yang satu ini, ada baiknya Anda mulai menghentikannya.

7. Pasang Antivirus

Pasang Antivirus

Tips merawat HP agar awet yang selanjutnya adalah memasang antivirus supaya HP menjadi lebih terlindungi. Apalagi, sekarang ini ada banyak jenis virus yang bisa saja berasal dari email, pesan teks, ataupun aplikasi. Pastikan Anda membersihkan ponsel dengan menggunakan anti virus secara rutin untuk menghindari gangguan yang tidak diinginkan pada HP.

8. Mematikan HP saat Tidak Dibutuhkan

Mematikan HP saat Tidak Dibutuhkan

Seperti halnya alat elektronik yang lain, HP juga membutuhkan istirahat. Dengan mematikannya saat tidak digunakan, hal ini akan membantu dalam mendinginkan komponen HP seperti halnya processor, RAM, atau bahkan baterai di dalamnya.

9. Simpan HP dengan Baik

Simpan HP dengan Baik

Hindari meletakkan atau menyimpan HP secara sembarangan. Penyimpanan yang sembarangan, berpotensi membuat HP menjadi lebih cepat rusak karena bisa saja HP terkena percikan air, jatuh, dan lain sebagainya. Jika tidak ingin HP rusak akibat kecerobohan sendiri, maka pastikan Anda selalu meletakkan dan menyimpannya di tempat yang aman.

10. Mencadangkan Data HP

Mencadangkan Data HP

Mencadangkan HP merupakan tips yang sebaiknya dilakukan, terutama supaya pengguna tidak kehilangan data pentingnya. Data yang dimaksud bisa berupa apa saja mulai dari file, musik, video, foto, dan lain-lain. Dengan memindahkan data tersebut untuk dicadangkan, maka kinerja RAM, ROM, atau bahkan chipset juga akan lebih ringan. Alhasil, HP juga akan lebih awet.

11. Hindari Isi Daya Baterai Saat Tidur

Hindari Isi Daya Baterai Saat Tidur

Terutama tidur, seseorang membutuhkan waktu yang terkadang cukup lama untuk bangun kembali. Sedangkan pengisian ponsel, hanya memakan waktu antara 2 sampai dengan 3 jam sebelum akhirnya terisi penuh. Mengisi daya saat tidur bisa membuat HP panas, sehingga membuatnya menjadi lebih cepat mudah rusak dan tidak awet.

12. Bersihkan Debu yang Menempel

Bersihkan Debu yang Menempel

Ada baiknya HP dibersihkan dari debu secara rutin supaya tidak mengendap dan membuat HP menjadi cepat panas. Untuk membersihkan debu yang menempel, Anda bisa memanfaatkan lap microfiber ataupun lap kacamata. Hindari menggunakan tisu yang mana serat tisu bisa saja tertinggal di HP.

13. Hindari Game yang Berat

Hindari Game yang Berat

Jenis game yang berat hanya akan membuat kinerja HP melambat atau bahkan mengalami hang. Ada baiknya jika Anda menginstal jenis game yang sesuai dengan spesifikasi yang dimiliki ponsel. Jika terus menerus HP dipaksakan memainkan game yang berat, bukan tidak mungkin HP akan mengalami gangguan saat digunakan bahkan kerusakan.

14. Hindari Multitasting

Hindari Multitasting

Ada banyak orang yang cenderung membuka banyak aplikasi sekaligus saat menggunakan HP. Hal ini bisa saja membuat HP melambat kinerjanya, apalagi jika spesifikasi dari HP tidak mendukung. Akan lebih baik jika Anda menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan terlebih dahulu baru kemudian membuka lagi yang baru.

15. Bersihkan Cache

Bersihkan Cache

Data cache yang terlalu besar akan menganggu kinerja HP dan membuatnya menjadi lemot. Cache juga memakan memakan memori internal yang jika tidak segera dibersihkan, hal ini akan menganggu proses loading. Sebaiknya, Anda secara rutin membersihkan cache terutama jika HP yang dimiliki sudah mulai lemot.

16. Hindari Overheat

Hindari Overheat

Overheat bisa saja terjadi saat Anda menggunakan HP dalam jangka waktu yang lama dan terus menerus. Penggunaan HP hingga overheat bisa memperpendek masa pakai baterai. Jika kebiasaan penggunaan HP sampai overheat terus menerus dilakukan, bukan tidak mungkin jika HP Anda menjadi cepat lowbat.

17. Hindari Menggunakan Volume Speaker Full

Hindari Menggunakan Volume Speaker Full

Seperti yang diketahui, speaker merupakan bagian penting dari HP. Manfaatnya adalah untuk mendengarkan musik hingga untuk menelepon. Supaya speaker HP tidak mudah rusak, ada baiknya Anda mendengarkan musik dengan volume maksimal 90 persen saja.

Ingin HP yang dimiliki awet serta jauh dari gangguan atau kerusakan ? Maka tidak ada salahnya Anda mengikuti beberapa tips merawat HP agar awet di atas. Dengan merawat HP secara tepat, HP juga bisa tahan lama dan serta memiliki kinerja yang baik. Alhasil, hal ini juga akan menguntungkan Anda karena bisa menggunakan HP tanpa gangguan atau bahkan lemot.

Memiliki pulsa berlebih dan ingin ditukar menjadi uang tunai atau dalam bentuk saldo dompet digital ? Anda bisa menghubungi Sukma Convert yang merupakan jasa convert pulsa terpercaya. Sukma Convert telah melayani banyak penukaran pulsa dengan jumlah yang beragam. Segera hubungi kami di salah satu kontak untuk melakukan penukaran pulsa.

Posted in Wawasan Umum and tagged , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *