Alasan Komponen Hp Yang Rawan Rusak dan Bagaimana Mengatasinya

Apakah kamu sedang menghadapi masalah berupa komponen hp yang rawan rusak dan butuh servis? Jika iya, maka kamu perlu tahu apa saja yang menyebabkan kerusakan tersebut. Setelah itu baru kamu bisa melakukan tindakan preventif agar bisa menjaga performa Hp tetap optimal. Menjaga komponen Hp juga bisa membuatmu lebih hemat karena tidak perlu melakukan servis Hp terlalu sering.

Apa Saja yang Termasuk Komponen Hp

Apa Saja yang Termasuk Komponen Hp

Saat membeli Hp bisa jadi kamu tidak memperhatikan apa saja komponen yang ada di dalamnya. Jika demikian, maka kamu perlu tahu dulu apa saja komponen dan bagian dari smartphone mu agar kamu bisa merawatnya dengan lebih baik lagi. Berikut ini adalah beberapa perangkat dan bagian dalam Hp masa kini :

  • Layar Hp => Layar termasuk komponen utama dari Hp atau smartphone. Komponen ini juga bisa rusak karena berbagai sebab, seperti terjatuh, tergores atau karena tertindih barang yang berat. Saat ini, ada berbagai jenis layar yang digunakan oleh brand Hp. Ada jenis layar LCD dan LED. Masing-masing jenis layar menggunakan teknologi yang berbeda.
  • Baterai pada Hp => Baterai menyediakan daya sehingga smartphone bisa menyala dan melakukan tugasnya dengan baik. Jenis dan daya yang dimiliki oleh sebuah baterai menjadi pertimbangan penting sebelum membelinya. Hal ini karena ada Hp yang konsumsi baterainya sangat boros maupun hemat. Untuk saat ini, banyak smartphone yang menggunakan teknologi Lithium-Ion. Kerusakan pada baterai Hp bisa ditandai dengan baterai yang lemah maupun bocor.
  • System on Chip => Kamu juga bisa menyebutnya sebagai komponen SoC. Di dalamnya terdapat beberapa bagian, yaitu CPU, GPU, procesor, modem LTE dan lain sebagainya. Ada banyak produsen dari SoC ini seperti Samsung, MediaTek dan beberapa brand lainnya.
  • Memori Hp => Sebuah smatphone tidak akan bisa berjalan tanpa adanya memroi dna penyimpanan. Kamu sering menyebutnya dengan RAM. Kini, RAM banyak yang menggunakan teknologi LPDDR3 serta teknologi LPDDR4X. Sedangkan untuk memori internalnya, banyak smartphoe yang memasang memori sebesar 16Gb hingga ada yang sebesar 256GB.
  • Modem pada Hp => Modem jadi pertimbangan penting karena makan mempengaruhi kemampuan menangkap sinyal sehingga Hp mu bisa terkoneksi dengan baik. Jika modem mengalami kerusakan maka kegiatan browsing bisa terganggu.
  • Kamera => Saat ini banyak orang yang membeli Hp dengan pertimbangan kamera yang memadai dan canggih. Untuk mendukung kinerja komponen ini maka kamera Hp bisa terdiri dari sensor untuk mendeteksi cahaya serta dilengkapi dengan lensa serta procesor gambar. Akan lebih baik jika kamu juga tahu ukuran sensor kamera pada Hp yang akan dibeli.
  • Sensor => Komponen ini menjadai salah satu yang sangat penting pada handphone masa kini. Setidaknya ada 5 jenis sensor yang dipasang di Hp, yaitu Accelerometer, Digital Compass, Gyroscope, Proximity Sensor, serta Ambient Light Sensor. Komponen ini juga bisa menjadi penentu harga handphone, jika semakin canggih sensornya maka akan semakin mahal harganya.
  • Konektor charger => Benda kecil pada Hp ini sering kali mengalami masalah. Kerusakan pada bagian ini sering kali dikarenakan aktivitas fisik penggunanya. Contohnya saja ketika kamu menarik ponsel saat pengisian baterai dengan kasar, maka bisa membuatnya cepat rusak.
  • Touchscreen => Bagian dari Hp ini kerap kali rusak karena berbagai hal. Salah satunya adalah karena terbanting, kehujanan atau terkena air tanpa sengaja.

Kenapa Komponen Hp Rawan Rusak

Kenapa Komponen Hp Rawan Rusak

Hardware atau perangkat Handphone rawan rusak bisa jadi karena kebiasaan yang kita lakukan setiap hari. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa membuat komponen dalam Hp cepat rusak :

  • Membiarkan suhu Hp terlalu panas atau overheat => Ada banyak sebab yang membuat Hp menjadi overheat. Salah satunya adalah meletakkan Hp di dashboard mobil. Selain itu, bermain game yang terlalu lama juga bisa membuat suhu Hp terlalu panas. Jika hal ini terjadi maka komponen baterai yang akan rawan rusak.
  • Sering menjatuhkan Hp => Layar Hp berupa LED maupun LCD lebih rawan rusak karena tipis dan atraktif. Kerusakan bisa terjadi karena sering jatuh yang berakibat pada keretakan pada layar maupun pecah. Bahkan, meski sudah dilengkapi dengan gorilla glass, namun jika sering terjatuh, maka bisa cepat rusak juga.
  • Terkena air => Ketika kehujanan atau ketika bermian air, Hp bisa tanpa sengaja menjadi basah. Hal ini bisa membuat Hp cepat rusak. Kecuali Hp yang telah dilengkapi fitur waterproof, maka kamu tidak perlu terlalu kahwatir.
  • Malas memberishkan cache => Komponen Hp bisa cepat rusak jika kamu terlalu sering menggunakannya. Usahakan matikan Hp sesaat mislanya setiap 1 jam. Lalu, bersihkan cache dan bebaskan memori. Hal ini akan membuat performa Hp meningkat. Hal ini jua bisa mengurangi ketergantunganmu pada Hp.
  • Memori Hp yang terlalu penuh => Umumnya, saat ini memori Hp berkisar 32 GB dan bisa penuh karena kamu mengunduh terlalu banyak aplikasi maupun menyimpan foto serta video. Jika memori Hp terlalu penuh maka performa Hp menjadi turun dan tidak bisa memperbarui aplikasi lagi.

Cara Mencegah Komponen Hp agar Tidak Rawan Rusak

Cara Mencegah Komponen Hp agar Tidak Rawan Rusak

Seiring dengan berjalannya waktu, performa Hp bisa menurun. Apalagi jika kamu punya kebiasaan buruk seperti melakukan charge hp terlalu lama maka bisa berakibat rusaknya baterai Hp. Selain itu ada banyak hal yang membuat kompone Hp cepat rusak. Maka dari itu, pelajari cara dan tis merawat serta mencegah agar komponen Hp tetap awet dan tidak mudah rusak =>

  • Selalu gunakan charger yang asli => Jangan terbiasa meminjam charger Hp dari orang lain apalagi jika mereknya berbeda. Gunakan charger sesuai dengan spesifikasi Hp yang kamu miliki. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada baterai.
  • Jangan malas memberishkan debu pada Hp => Debu yang mengendap bisa merusak komponen dalam Hp termasuk chip dan memori di dalamnya. Debu juga bisa membuat perangat Hp menjadi mudah panas. Gunakan lap berupa microfiber atau bisa juga dengan lap kacamata untuk membersihkan Hp termasuk bagian layarnya.
  • Gunakan case smartphone => Kegunaan case Hp ini bisa melindungi Hp saat terjatuh. Usahakan saat memebeli case Hp, pilih yang bisa melepas panas sehingga bisa menghindari Hp overheat. Kamu juga bisa melepas case Hp ini saat mengisi daya baterai untuk melepas panas.

Ternyata ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk melindungi komponen Hp yang mudah rusak sehingga bisa lebih awet. Selanjutnya, jika kamu bingung dengan pulsa Hp yang sudah menumpuk, maka saatnya mnghubungi Sukma Convert sebagai jasa convert pulsa yang terpercaya. Kami bisa menyulap pulsa menjadi uang tunai atau untuk keperluan kamu yang lainnya. Caranya mudah dan pastinya aman untuk kamu gunakan.

Posted in Wawasan Umum and tagged , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *