Penyebab Baterai HP Mengembung yang Sebaiknya Diketahui

Penyebab Baterai HP Mengembung yang Sebaiknya Diketahui

Apa penyebab dan cara mengatasi baterai HP kembung yang perlu diketahui ? Baterai HP yang kembung merupakan salah satu masalah yang tidak jarang dikeluhkan oleh para pengguna gadget satu ini. Baterai yang kembung bisa memicu beberapa masalah, termasuk menurunnya performa HP saat digunakan.

Penyebab Baterai HP Kembung

Penyebab Baterai HP Kembung

Mencegah performa HP menurun dan dampak buruk lainnya, maka penting untuk tahu apa saja penyebab dan cara mengatasinya secara tepat. Berikut ini adalah beberapa penyebab dan solusi baterai HP kembung yang bisa langsung Anda simak :

1. Menggunakan Charger yang Tidak Sesuai

Saat Anda ingin melakukan pengisian ulang baterai, sebaiknya menggunakan charger yang sesuai. Penggunaan charger yang tidak sesuai dan tidak cocok membuat pengisian daya baterai menjadi kurang maksimal. Spesifikasi yang tidak sesuai, membuat daya listrik yang digunakan bisa saja over dan membuat baterai rusak.

Solusi untuk masalah yang satu ini adalah dengan menggunakan charger asli atau bawaan dari HP. Meski charger kw memiliki harga yang lebih murah, namun kualitasnya rendah dan output daya yang dihasilkan tidaklah stabil. Jika memang charger rusak atau hilang, maka Anda bisa membeli baru yang berkualitas.

2. Bermain Game Berlebihan

Bermain game memang seru. Tidak sedikit pemilik HP yang menggunakan perangkatnya untuk menonton video game ataupun bermain game dalam waktu lama. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya overheating atau panas berlebih. Jika dilakukan secara terus menerus, hal ini akan memicu terjadinya kerusakan pada baterai HP.

Solusinya adalah adalah dengan menggunakan HP seperlunya saja dan tidak berlebihan. Jika Anda gemar bermain game atau aktivitas lainnya di ponsel, ada baiknya untuk berhenti sebentar jika HP sudah mulai panas. Penting bagi Anda untuk lebih mengontrol aktivitas yang dilakukan di HP.

3. Melakukan Streaming secara Berlebihan

Seperti halnya saat Anda bermain video game, melihat video streaming sampai HP panas juga mengakibatkan baterai cepat rusak. Jika kebiasaan yang satu ini dilakukan secara terus-menerus, maka bukan tidak mungkin baterai HP bisa menggelembung hingga dampak buruk yang lainnya.

Penyebab dan cara mengatasi baterai HP kembung yang satu ini adalah dengan menghentikan kegiatan melihat video HP jika sudah mulai panas. Akan lebih baik jika Anda melakukan streaming secukupnya saja dan tidak berlebihan, meski ada banyak video seru yang bisa dilihat.

4. Menelepon Sembari Men-Charge

Tidak jarang seseorang menggunakan HP nya untuk menelepon sembari di charge. Padahal, ada banyak kerugian yang bisa timbul akibat kebiasaan buruk yang satu ini. Menelepon sambil di charger bisa membuat baterai cepat kembung hingga membuatnya menjadi lebih cepat panas.

Akan lebih baik jika Anda menghindari kebiasan menelepon sembari men-charge HP. Jika memang dalam kondisi mendesak yang membuat Anda harus menelepon sambil di charge, maka lakukan saat kondisi yang penting dan mendesak saja. Bisa juga Anda melepas dulu chargenya sementara saat HP digunakan menelepon.

5. Menggunakan Baterai yang Tidak Original

Ada banyak baterai yang dijual secara lebih murah dibandingkan dengan baterai original. Hal ini menjadi alasan banyak orang yang memilih menggunakan baterai kw yang murah dibandingkan yang asli. Padahal, komponen berkualitas rendah bisa merugikan, entah karena daya yang cepat habis atau karena baterai yang kembung.

Untuk mengatasi hal yang tidak diinginkan, akan lebih baik jika Anda menggunakan baterai asli. Baterai yang original memiliki kualitas yang lebih baik dan bisa lebih awet saat digunakan. Alhasil, Anda juga akan diuntungkan karena baterai yang tidak mudah rusak hingga perlu bergonta-ganti.

6. Baterai Sudah Terlalu Lama Digunakan

Seiring dengan usia baterai, maka kualitas baterai tersebut juga akan semakin menurun. Baterai yang terlalu lama digunakan biasanya lebih cepat ngedrop hingga berpotensi menggelembung.

Jika Anda mendapatkan baterai yang sudah lama dna menggelembung, ada baiknya untuk segera mengganti baterai. Apalagi, baterai tua bisa mengakibatkan beberapa dampak buruk lainnya saat digunakan. Tentunya, Anda sebaiknya mengganti baterai dengan baterai yang asli dan berkualitas.

7. Baterai Terlalu Lama Di Charger

Banyak orang yang terkadang lupa mencabut baterai hp begitu penuh terisi. Padahal, jika baterai tetap dicharger dalam kondisi penuh, hal ini bisa mengakibatkan terjadinya baterai over. Jika diteruskan, hal ini bisa membuat material baterai menjadi mengggelembung.

Akan lebih baik jika Anda mencabut baterai jika memang sudah terisi penuh. Dengan demikian, baterai HP juga bisa lebih awet saat digunakan. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Anda juga sebaiknya tidak melalukan pengisian baterai saat ingin tidur yang bisa mengakibatkan charger lupa dicabut.

8. Tempat dengan Suhu yang Terlalu Panas

Suhu yang terlampau panas bisa meningkatkan terjadinya kerusakan HP. Sebagai contoh adalah saat Anda menyimpan HP di ruangan terbuka ketika siang hari yang terik. Berbagai tempat dengan suhu panas juga sebaiknya dihindari untuk menjaga kondisi HP agar tetap baik.

Akan lebih baik jika Anda menyimpan HP dalam suhu yang wajar. Hindari kebiasan meninggalkan HP di mobil yang ditinggal atau di ruangan yang minim ventilasinya. Hal ini dilakukan supaya baterai HP bisa lebih awet dan tidak menggelembung.

9. Menggunakan Baterai Sampai Habis

Apakah Anda seringkali menggunakan HP sampai baterai habis dan perangkatnya mati ? Jika iya, maka segera hentikan kebiasaan yang satu ini. Sel-sel baterai membutuhkan daya yang besar untuk diisi kembali jika kondisi baterainya sangat habis.

Akan lebih baik jika Anda tidak menunggu daya baterai sampai benar-benar habis untuk dicas lagi. Karena jika kebiasaan ini berlanjut, maka usia baterai akan menurun.

10. Penggunaan Powerbank

Powerbank seringkali digunakan terutama ketika kita tidak bisa mendapatkan daya listrik di sekitar. Sayangnya, karena dianggap praktis dan mudah digunakan, membuat pengguna HP seringkali mengisi daya dari powerbank. Padahal, daya yang tidak stabil dari powerbank bisa merusak beberapa sistem listrik yang terdapat di HP.

Akan lebih baik jika Anda mengurangi kebiasaan menggunakan powerbank setiap kali ingin mengisi daya. Gunakan charger biasa dibandingkan membiasakan diri menggunakan powerbank setiap saat. Hindari ketergantungan menggunakan powerbank jika memang tidak terlalu diperlukan dan bukan kondisi yang mendesak.

Cara Mengatasi HP Kembung

Cara Mengatasi HP Kembung

Untuk mengatasi HP yang kembung, Anda bisa menggantinya dengan unit baterai yang baru. Pastikan jika baterai yang digunakan adalah baterai yang asli dan bukan yang kw. Penggunaan baterai yang asli tentunya lebih berkualitas dan lebih awet saat digunakan.

Penyebab dan cara mengatasi baterai HP kembung di atas bisa Anda simak untuk menghindari hal yang tidak diinginkan pada baterai ponsel Anda. Untuk menghindari penurunan usia baterai dan baterai yang mengembung, ada baiknya jika Anda melakukan pencegahan dengan merawat baterai dan HP Anda secara tepat.

Sukma Convert merupakan salah satu jasa convert pulsa terpercaya yang sudah berpengalaman. Kami siap menukar pulsa yang Anda miliki dengan uang tunai ke rekening atau dengan diubah menjadi saldo dompet digital. Pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga bisa menghubungi Sukma Convert untuk berkonsultasi.

Posted in Wawasan Umum and tagged , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *