Penyebab Umum HP Bisa Meledak, Lengkap dengan Cara Mencegahnya

Penyebab Umum HP Bisa Meledak, Lengkap dengan Cara Mencegahnya

Apa saja penyebab HP meledak dan cara mencegahnya agar tidak terjadi ? Seperti yang diketahui, berita mengenai HP meledak tidak hanya sekali dua kali terdengar. HP meledak sendiri terjadi karena beberapa alasan dan penyebab yang berbeda-beda. Dibutuhkan cara pencegahan yang tepat supaya hal seperti ini tidak terjadi.

Lantas apa saja penyebab terjadinya HP meledak sekaligus bagaimana cara untuk mencegahnya ? Anda bisa langsung simak beberapa ulasan mengenai penyebab dan cara mencegah HP meledak seperti yang berikut ini :

1. Mengisi Baterai di Tempat Tidur

Mengisi Baterai di Tempat Tidur

Pernahkah Anda meletakkan HP di balik bantal selagi diisi dayanya? Jika iya, kebiasaan satu ini sebaiknya Anda hilangkan. Kebiasaan yang satu ini membuat aliran udara menjadi terhambat dan membuat HP kepanasan. Jika sampai HP terbakar di balik bantal, hal ini juga akan berbahaya bagi pemiliknya.

Untuk pencegahan, sebaiknya Anda tidak meletakkan HP di tempat tidur ketika diisi dayanya. Pastikan juga untuk tidak meninggalkan HP yang di charge ketika Anda sedang terlelap tidur. Akan lebih baik jika Anda mengisi daya saat terjaga, sehingga bisa langsung dicabut jika pengisian dayanya sudah penuh.

2. Menggunakan HP saat Di charge

Menggunakan HP saat Di charge

Saat di charge, bagian baterai pada HP akan mengalami yang namanya peningkatan suhu. JIka Anda nekat menggunakan HP sembari di charge, maka suhu akan lebih meningkat dan membuat sistem charging menjadi lebih terbebani.

Akan lebih baik jika Anda tidak menggunakan HP saat di charger, apalagi untuk jenis penggunaan yang berat seperti halnya bermain game. Jika kebiasaan ini dilanjutkan, maka tidak hanya peningkatan suhu yang akan terjadi, namun juga berdampak pada usia penggunaan HP.

3. Menggunakan Baterai yang Rusak

Menggunakan Baterai yang Rusak

Kondisi baterai juga sebaiknya diperhatikan. Baterai lithium-ion bisa saja terbakar dan meledak jika baterai tersebut mengalami kerusakan fisik. Sebagai contoh penyebab kerusakan baterai adalah saat HP terjatuh atau ketika tertancap sesuatu. Jika hal ini terjadi, maka bukan tidak mungkin hal ini menyebabkan terjadinya hubungan pendek.

Akan lebih baik jika Anda tidak menggunakan baterai yang sudah rusah, termasuk ketika baterai tersebut masih di dalam perangkat. Dalam hal ini, Anda harus lebih berhati-hati saat menggunakan HP yang retak hingga bengkok, karena bisa saja baterai yang ada di dalamnya juga sudah mengalami kerusakan.

4. Charging HP Meski Sudah Penuh

Charging HP Meski Sudah Penuh

Beberapa orang sering tidak segera mencabut kabel charger meski HP sudah terisi penuh. Membiarkan HP tetap tertancap ke listrik sebenarnya tidak terlalu berbahaya, terutama pada HP modern sekarang ini. Namun jika dilakukan secara terus menerus, kebiasaan ini juga akan membuka potensi terjadinya ledakan HP.

Akan lebih baik jika Anda mengisi baterai saat sudah 40% dan lakukan pengisian baterai sampai 95%. Selain menghindari pengisian baterai yang terlalu penuh, hindari juga membiarkan baterai HP sampai habis total. Hal ini dilakukan supaya usia baterai yang digunakan bisa lebih awet.

5. Menggunakan Kabel Charger yang Kw

Menggunakan Kabel Charger yang Kw

PenyebabHP meledak dan cara mencegahnya selanjutnya berkaitan dengan kabel chargingnya. Banyak yang memilih membeli kabel charger kw karena harganya yang murah.

Padahal, kabel charger yang kw memiliki kualitas yang rendah dan biasanya tidak berasal dari toko resmi, sehingga terkadang pola pengaturan arus listriknya bisa saja berbeda.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, ada baiknya untuk menggunakan kabel charger yang original atau asli. Meski harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan produk kw, namun produk asli lebih berkualitas. Menggunakan produk berkualitas, membuat baterai HP lebih awet serta meminimalisir berbagai jenis gangguan.

6. Meletakkan HP di Tempat yang Panas

Meletakkan HP di Tempat yang Panas

Memperhatikan tempat HP diletakkan merupakan keharusan untuk meminimalisir gangguan. Sayangnya, banyak orang yang tidak peduli, bahkan meletakkan HP di dashboard mobil atau meletakkan di tempat lain yang terpapar matahari secara langsung.

Berbagai kebiasaan di atas sebaiknya segera dihentikan, terutama karena bisa memicu HP meledak. Akan lebih baik jika Anda tidak meletakkan HP di bawah paparan sinar matahari secara langsung, jika ingin HP yang dimiliki lebih awet.

Bagi Anda yang senang berwisata ke pantai, ada baiknya juga untuk tidak meletakkan HP di pasir. Selalu perhatikan dimana Anda menyimpan dan meletakkan HP Anda dan hindari tempat yang panas.

7. Kondisi Colokan yang Buruk

Kondisi Colokan yang Buruk

Bagi Anda yang seringkali bepergian dan mencari colokan listrik untuk pengisian HP, sebaiknya lebih berhati-hati mulai dari sekarang. Selalu perhatikan kondisi dari colokan yang akan digunakan. Anda harus tahu jika tidak semua colokan listrik aman digunakan serta memiliki keluaran listrik yang stabil untuk digunakan.

Jangan sampai salah pilih colokan yang justru berbahaya untuk melakukan pengisian HP. Solusi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan colokan yang berkualitas buruk adalah dengan mengamati colokan itu sendiri. hindari colokan yang ada bekas kerusakan seperti halnya tercerabut hingga yang terlihat hangus.

8. Menggunakan Baterai Kw

Menggunakan Baterai Kw

Sama seperti kabel charger, baterai Anda gunakan juga sebaiknya baterai yang asli. Baterai yang tidak asli meski murah, namun memiliki kualitas yang rendah, sehingga bisa meningkatkan dampak buruk pada HP yang digunakan.

Agar baterai yang digunakan lebih terjamin, maka menggunakan baterai asli sebaiknya dipilih, terutama baterai yang berasal dari vendor HP. Hindari pembelian baterai abal-abal yang orisinalitasnya diragukan. Meski harganya lebih mahal, Anda produk yang asli lebih aman digunakan.

9. HP yang Basah Terkena Air

HP yang Basah Terkena Air

HP basah bisa terjadi karena banyak hal, terutama karena jatuh ke air atau pengguna yang meletakkannya secara sembarangan. Jika memang HP yang Anda miliki basah entah karena tercebur ke air atau masalah yang lain, ada baiknya untuk segera mematikan HP dan hindari untuk menggunakannya sampai HP mengering.

Anda juga bisa melepas baterai HP jika memang baterai yang digunakan bisa di lepas. Anjuran yang satu ini berlaku untuk HP yang memang tidak memiliki ketahanan terhadap air dan juga debu.

10. Penggunaan Processor Secara Berlebihan

Penggunaan Processor Secara Berlebihan

Anda juga harus tahu jika processor bisa menyebabkan panasnya HP secara alami. Bahkan chipset yang kuat sekalipun memiliki masalah termal saat multitasking serta saat menjalankan aplikasi dengan grafis yang berat.

Penyebab HP meledak dan cara mencegahnya sebaiknya diketahui agar penggunaan HP bisa dilakukan secara lebih bijak. Mencegah HP panas dan meledak membuat penggunaan HP bisa dilakukan secara awet serta bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama. Alhasil, Anda juga tidak perlu bergonta-ganti HP.

Memiliki pulsa berlebih dan ingin menukarnya, Anda bisa langsung hubungi jasa convert pulsa dari Sukma Convert. Anda bisa menukarkan pulsa melalui kami untuk ditukarkan dengan uang tunai atau ditukar dengan saldo dompet digital. Keuntungan menukar pulsa di sini adalah nilai tukar yang tinggi serta proses tukar yang mudah.

Posted in Wawasan Umum and tagged , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *