teknologi bluetooth

Apa Itu Definisi dan Sejarah Bluetooth dan Apa Saja Manfaatnya

Teknologi bluetooth merupakan salah satu jenis teknologi yang banyak di pasang di berbagai perangkat gadget. Manfaat utamanya adalah untuk mempermudah pengguna dalam memindahkan file dari satu gadget ke gadget yang lain secara praktis tanpa kabel pendukung.

Lantas apa sebenarnya bluetooth itu?

Apa Itu Definisi dan Pengertian dari Teknologi Bluetooth

Teknologi Bluetooth

Penggunaan bluetooth sudah tidak asing dilakukan terutama di zaman moden seperti saat ini. Bluetooth sendiri adalah teknologi komunikasi nirkabel yang beroperasi pada frekuensi dianatara 2.402 GHz sampai dengan 2.480 GHz. Bluetooth memiliki jaringan yang cukup kecil dan biasanya hanya mencapai 10 m.

Bluetooth sendiri mampu mendeteksi dan juga saling terhubung antara satu dengan yang lain secara otomatis sampai dengan sekitar 8 perangkat dalam waktu yang bersamaan.

Sejarah dan Asal Mula DItemukannya Teknologi Bluetooth

Teknologi Bluetooth

Pada awal perkembangannya, teknologi yang satu ini adalah teknologi tanpa kabel dengan pita frekuensi 2,4 GHz Unlicenzed ISM (Industrial, Scientific, and Medical). Bluetooth sendiri menggunakan frequency hopping tranceiver yang menyediakan layanan komunikasi data serta suara secara real time.

Bluetooth disponsori oleh 5 perusahaan besar yaitu IBM, Intel, Toshiba, Nokia, dan juga Ericson. Perusahaan ini membentuk Special Interest Group. Dokumen bluetooth versi 1.0 mulai diluncurkan pada tahun 1999 pada bulan Juli. Selanjutnya, dokumen untuk bluetooth yang versi 2.0 juga diluncurkan pada tahun yang sama, namun di bulan Desember.

Berbeda dengan teknologi bluetooth paling awal, pada bluetooth versi 2.0 terdapat penambahan 4 promotor. Teknologi bluetooth juga terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu dan mulai diaplikasikan pada berbagai jenis perangkat.

Apa Saja Manfaat dari Bluetooth Sebagai Teknologi Komunikasi Tanpa Kabel

Teknologi Bluetooth

Keberadaan bluetooth sangat dibutuhkan, tertama karena memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Adapun beberapa manfaat bluetooth sebagai teknologi komunikasi tanpa kabel, antara lain adalah sebagai berikut.

Penghubung antara mouse dan juga keyboard

Bisa digunakan untuk menghubungkan antara mouse dan juga keyboard pada laptop yang digunakan untuk bekerja ataupun kebutuhan yang lain. Mouse dan keyboard yang mendukung teknologi bluetooth sudah semakin banyak dan bisa dipilih sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Penghubung proyektor

Bagi Anda yang ingin menyambung ke proyektor secara mudah dan praktis, maka teknologi bluetooth bisa digunakan. Dibandingkan dengan cara lama, hal ini tentu lebih mudah dan hemat waktu. Apalagi, proyektor model lama, harus disambungkan dulu ke laptop dengan kabel agar gambar yang ingin ditampilkan bisa dibaca.

Mendengarkan musik lebih mudah

Bluetooth juga membuat Anda bisa mendengarkan musik secara lebih praktis tanpa harus menggunakan kabel. Cocok bagi Anda yang ingin acara mendengarkan musik saat olahraga atau bersantai lebih nyaman tanpa terganggu kabel yang melintang.

Tidak hanya untuk mendengarkan musik, keberadaan bluetooth juga berguna bagi Anda yang ingin menerima panggilan telepon secara mudah.

Transfer file

Bluetooth juga mempermudah acara berbagi file yang bisa berupa dokumen, musik, video, atau bahkan bentuk file yang lain. Seperti yang diketahui, memori ponsel yang terbatas menjadi salah satu hal yang tidak bisa dihindari, terutama jika kita gemar menyimpan berbagai dokumen di dalamnya.

Akan sangat merepotkan jika Anda harus melepas memori atau bahkan memasang kabel ke laptop hanya untuk membagikan file ponsel ke dalam perangkat yang lain. Cukup dengan bluetooth lalu aktifkan pemasangannya, maka file dalam memori bisa dikirim secara lebih mudah tanpa repot.

Print tanpa kabel

Ada beberapa dokumen yang harus diprint melalui printer. Dan dengan adanya bluetooth, maka printer yang sudah mendukung teknologi ini bisa segera melakukan print dokumen tanpa harus menggunakan kabel.

Dengan banyaknya manfaat bluetooth di atas, tidak heran jika sekarang banyak perangkat yang mengadopsi bluetooth untuk mempermudah kinerjanya.

5 Kelebihan dari Teknologi Bluetooth

Teknologi Bluetooth

Ada banyak alasan kenapa teknologi bluetooth dianggap sebagai teknologi yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih praktis. Hal ini tidak lepas dari berbagai kelebihan yang bluetooth tawarkan, seperti beberapa kelebihan yang berikut ini.

1. Bisa digunakan untuk berbagai perangkat

Bluetooth bisa melakukan sinkronisasi antara PC ke ponsel pintar dan begitu juga sebaliknya. Tidak hanya itu, bluetooth juga bisa digunakan pada jenis perangkat yang lain, seperti halnya printer, earphone, dan yang lainnya.

2. Praktis untuk digunakan

Dengan adanya bluetooth, kegiatan transfer data juga lebih mudah karena Anda tidak perlu menggunakan kabel penghubung.

3. Penghubung internet

Bisa juga digunakan untuk bisa terhubung internet saat tidak ada jaringan wifi yang bisa digunakan. Meski demikian, koneksi dari bluetooth sendiri tidaklah sebesar jaringan Wifi.

4. Jangkauan lumayan luas

Jangkauan juga lumayan luas sampai dengan 10 m. Dalam hal ini, Anda bisa mengirimkan file ke perangkat lain selama masih berada dalam radius yang telah ditentukan.

5. Bermain game

Bisa juga digunakan untuk melakukan permainan multiplayer pada beberapa jenis game tertentu. Manfaat yang satu ini tentu sangat menguntungkan bagi para pecinta game.

Penggunaan bluetooth bisa digunakan pakai berbagai jenis perangkat seperti halnya kamera, printer, PC, router, dan lain sebagainya.

4 Kekurangan dari Teknologi Bluetooth

4 kekurangan

Meski memiliki banyak kelebihan yang membantu manusia dalam berbagai kegiatan transfer file, namun bluetooth juga tidak lepas dari yang namanya kekurangan. Adapun beberapa kekurangan dari bluetooth, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Kecepatan data tidak tetap

Ada saat dimana Anda bisa mengirimkan data ke perangkat lain secara cepat, namun tidak jarang juga kecepatannya lambat. Kecepatan sendiri tergantung pada jenis perangkat yang digunakan dan juga jenis data yang akan dikirim.

2. Adanya virus

Keberadaan virus membuat Anda harus berhati-hati. Terlebih pada perangkat seluler, ada banyak virus yang beredar melalui jaringan bluetooth sehingga harus selalu waspada agar virus tidak merusak ponsel.

3. Sulit menemukan penerima

Hal ini bisa terjadi saat ada banyak orang yang tengah menggunakan bluetooth dalam jarak yang berdekatan. Dalam hal ini, Anda harus memastikan dulu nama dari pengguna bluetooth agar tidak terjadi salah kirim ke pengguna yang lain.

4. Memperhatikan mekanisme pengiriman

Ada beberapa mekanisme pengiriman yang perlu diperhatikan dalam pengiriman suatu data ke perangkat lain. Jika mekanisme tersebut tidak selesai dilakukan atau tidak diikuti, maka data juga tidak akan terkirim.

Teknologi bluetooth merupakan salah satu teknologi yang memungkinkan terjadinya pengiriman data secara lebih mudah dan juga cepat. Pemanfaatan teknologi ini bisa diterapkan pada berbagai jenis perangkat yang digunakan. File yang dikirimkan melalui bluetooth juga sangat beragam, mulai dari dalam bentuk dokumen, musik, atau bisa juga video.

Bagi Anda yang memiliki pulsa lebih dan ingin menukarnya dengan uang tunai, bisa segera menghubungi Sukma Convert. Kami merupakan jasa convert pulsa terpercaya dan berpengalaman di bidangnya. Sebelum melakukan penukaran, Anda bisa cek dulu harga tukar pulsa yang kami tawarkan.

Posted in Wawasan Umum and tagged , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *