jenis-jenis sosial media

Situs Jejaring Sosial yang Banyak Digunakan dan Terpopuler

Kini, berbagai sosial media yang paling populer sudah digunakan di Indonesia. Sosial media atau sosmed sendiri merupakan media daring yang memudahkan para penggunanya dalam melakukan interaksi atau berhubungan dengan orang lain. Dengan adanya sosmed, seseorang juga bisa melakukan komunikasi, berbagi, atau kegiatan lainnya secara lebih mudah dan praktis.

Dengan banyaknya manfaat terutama untuk berkomukasi dengan orang lain tanpa batasan waktu dan tempat, membuat sosial media semakin banyak digunakan. Berikut ini adalah berbagai sosmed populer yang telah banyak digunakan di berbagai pnjuru dunia :

1. Facebook

Sosial Media yang Paling Populer

Media sosial yang satu ini didirikan oleh Mark Zuckerberd dan teman sekelasnya yakni Dustin Moskovitz, Eduarda Saverin, juga Chris Hughes pada tahun 2004. Menurut laporan Facebook kuartal kedua tahun 2020, sosmed yang satu ini memiliki pengguna aktif mencapai angka lebih dari 2,7 miliar.

Kepopuleran Facebook tidak lepas dari fitur yang ditawarkan mulai dari fitur untuk meninggalkan reaksi dan komentar, mengunggah album juga foto, mencari topik dengan tagar, hingga fitur untuk mengirimkan file. Pengguna Facebook sendiri cukup bervariasi mulai dari anak muda hingga ada juga mereka berusia 40 ke atas.

2. Instagram

Sosial Media yang Paling Populer

Ada juga Instagram yang bisa digunakan untuk mengunggah foto hingga video yang disukai. Instagram dirancang oleh Kevin Systrom dan juga Mike Krieger (Burbin, Inc) yang dirilis secara perdana pada 6 Oktober tahun 2010. Selanjutnya, Instagram diambil alih oleh Facebook dengan nilai sekitar $1 miliar pada tanggal 9 April 2012.

Kepopuleran dari Instagram tidak kepas dari banyaknya fitur yang ditawarkan mulai dari fitur kamera, efek foto, fitur untuk memberikan reaksi dan komentar, mengunggah foto dan video, dan fitur lainnya.

Menurut data dari Napoleon Cat, pengguna Instagram di Indonesia mencapai 69,2 juta untuk periode Januari-mei 2020. Pengguna media komunikai ini didominasi oleh millenial.

3. Twitter

Sosial Media yang Paling Populer

Ada juga Twitter yang didirikan pada tanggal 21 Maret 2006 oleh Jack Dorsey, Biz Stone, noah Glass, dan Evan Williams. Sosial media yang satu ini memiliki jumlah pengguna 186 juta pengguna pada kuartal kedua 2020.

Twitter menawarkan beberapa fitur untuk memanjakan para penggunanya, seperti memberi kicauan hingga mengetahui trending topic yang tengah hangat-hangatnya dibicarakan oleh para pengguna.

4. Youtube

Sosial Media yang Paling Populer

Youtube merupakan situs berbagi video yang didirikan oleh Steve Chen, Chad Hurley, Jawed Karim pada 14 Februari 2005. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh sosial media populer yang satu ini adalah fitur untuk mengunggah video, memainkan video pada waktu yang spesifik, menggunakan dark mode, dan lain sebagainya.

Youtube menjadi salah satu media yang banyak digunakan terutama oleh pengguna berusia 16 sampai dengan 64 tahun di Indonesia. Ada banyak video menarik dari para content creator yang bisa dilihat melalui youtube.

5. Linkedin

Sosial Media yang Paling Populer

Linkedin merupakan situs yang berorientasi pada bisnis untuk jaringan profesional. Sosial media yang satu ini didirikan oleh Reid Hoffman, Allen Blue, Jean-Luc Vaillant, Konstantin Guericke, dan Eric Ly pada tahun 2002. Linkedin menawarkan beberapa fitur bagi para penggunanya mulai dari fitur Jobs, profile, grups, inbox, dan contacts.

Linkedin memiliki pengguna yang telah tersebar di berbgaia penjuru dunia dengan penggunanya yang mencapai 675 juta. Untuk Indonesia, jumlah pengguna Linkedin mencapai sekitar 12 juta.

6. Tiktok

Sosial Media yang Paling Populer

Sosmed yang satu ini mengedepankan fitur video yang banyak digunakan terutama oleh anak muda Indonesia. Sosial media yang satu ini memiliki 625 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Sedangkan di Indonesia, Tik Tok mengklaim memiliki 10 juta pengguna yang aktif.

Tik Tok menawarkan fitur untuk membuat video, lengkap dengan special effect yang siap membuat video menjadi lebih seru untuk diunggah. Platform video musik yang satu ini diluncurkan pada Zhang Yiming pada September 2016.

7. WhatsApp

Sosial Media yang Paling Populer

Ada juga WhatsApp yang bisa digunakan untuk dengan penggunanya yang cukup beragam. Terdapat sekitar 124 juta pengguna internet yang juga menggunakan WhatsApp di gadget mereka.

Beberapa fitur yang ditawarkan antara lain adalah adalah fitur panggilan suara, chatting, dan fitur untuk membuat status dalam bentuk foto juga video. WhatsApp sendiri didirikan pada tahun 2009 oleh Jan Koum dan Brian Acton. Selanjutnya, WhatsApp diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2014.

8. Line

Sosial Media yang Paling Populer

Sosial media yang satu ini merupakan media berbasis pesan yang juga populer di Indonesia. Pihak Line mengatakan jika penggunanya mencapai angka 90 juta pengguna dan lebih banyak digunakan oleh remaja.

Line didirikan oleh Naver pada 4 Spetember 2000 di Tokyo, Jepang. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Line antara lain adalah sticker, line call, melampirkan file, hingga menggunakan QR Code untuk menambah teman.

9. Tumblr

Sosial Media tumblr

Platform yang satu ini memungkinkan para penggunanya untuk mengirimkan konten dalam bentuk blok yang pendek. Platform Tumblr diluncurkan pada tahun 2007 dan sudah digunakan lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia.

Fitur yang ditawarkan bisa dimanfaatkan untuk memposting foto, audio, video, dan lain sebagainya. Tumblr sendiri didirikan pada Februari tahun 2007 oleh David Karp dan dioperasikan oleh Tumblr Inc.

10. Reddit

Sosial Media yang Paling Populer

Ada juga Reddit yang siap digunakan untuk melakukan diskusi dalam bentuk konten. Sosial media yang satu ini didirikan oleh Steve Huffman, Alexiz Ohanian, dan juga Aaron Swart pada tahun 2005 di AS.

Penggunanya sudah mencapai lebih dari 330 juta di seluruh dunia. Bisa dibilang, Reddit hampir sama seperti Kaskus, namun lebih besar lagi.

11. Pinterest

Sosial Media pinterest

Aplikasi virtual pin-board yang satu ini memungkinkan para penggunanya dalam mengunggah foto lalu dimasukkan ke dalam kategori album ataupun folder. Pinsterest didirkan pada Desember 2009 di San Fransisco, California, Amerika dengan pendirinya Ben Silbermann, Evan Sharp, dan juga Paul Sciarra.

Pinterest memiliki pengguna aktif per Agustus 2020 sebanyak 400 juta dan diperasikan oleh Pinterset, Inc. Pinterest memperkenalkan fungsi “pencarian visual” tahun 2017 yang memungkinkan pengguna mencari elemen gambar hingga memandu pengguna untuk mendapatkan konten serupa yang disarankan.

12. Renren

Sosial Media renren

Sosial media yang paling populer satu ini dimulai sebagai Xiaonei.com pada awalnya. Pendirinya adalah sekelompok mahasiswa yang antara lain adalah Wang Cing, Lai Bainqiang, dan juga Wang Huiwen pada Desember 2005.

 

Beberapa fitur yang ditawarkan antara lain adalah melakukan percakapan online, emoticon GIF, pengunduhan gambar bacth, hingga masuk dengan status tidak terlihat.

Bagi Anda yang ingin menukatkan pulsa dengan nilai tukar yang tinggi, bisa segera menghubungi Sukma Convert. Sukma Convert merupakan salah satu jasa convert pulsa terpercaya dan berpengalaman di bidangnya. Jika tertarik, Anda bisa segera menghubungi kami melalui nomor yang tersedia. Hindari menghubungi 2 kontak sekaligus, untuk menghindari salah arah dalam berkomunikasi.

Posted in Wawasan Umum and tagged , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *