teknologi 5 g

Apa Itu Definisi dan Sejarah 5G serta Kelebihan Kekurangannya

Apa itu teknologi 5G yang paling terkini? Teknologi ini digadang-gadang mampu menyediakan konektivitas dan kecepatan internet yang tinggi. 5G juga menawarkan berbagai kelebihan, terutama dalam penggunaan ponsel pintar atau smartphone. Penggunaannya cocok bagi Anda yang ingin mengakses internet hingga mengunggah juga mengunduh file secara mudah dan cepat.

Apa Itu Definisi dan Pengertian dari Teknologi 5G

Teknologi 5G

5G sendiri adalah generasi kelima yang diklaim sebagai fase berikutnya dari standar komunikasi seluler dengan peningkatkan melebihi jaringan 4G. Teknologi yang satu ini Memanfaatkan spektrum radio secara lebih baik dan memungkinkannya untuk mengakses internet dengan lebih banyak perangkat pada saat yang bersamaan.

Penggunaan teknologi dari 5G juga memungkinkan seseorang bisa mengunduh film berdefinisi tinggi hanya dalam waktu 1 menit atau lebih. Alhasil, teknologi ini menawarkan banyak keuntungan terutama dari segi efektivitas juga efisiensi.

Sejarah dan Asal Mula Ditemukannya Teknologi 5G

Teknologi 5G

Sejarah dan juga asal mula dari penggunaan jenis teknologi yang satu ini tentu tidak lepas dari generasi pertamanya, yaitu 1G. Perjalanan dari teknologi jadingan sendiri, bisa disimak melalui ulasan yang berikut ini.

  • Teknologi 1G => 1G sendiri diperkenalkan di Jepang pada tahun 1979 yang kemudian, Amerika Serikat menyetujui penggunaan teknologi ini dengan ponsel Motorola Dyna TAC.
  • Teknologi 2G => Teknologi yang satu ini meluncur dengan berbagai kelebihan dari teknologi yang pertama yaitu suara ponsel yang lebih jernih. Pengguna ponsel juga bisa memanfaatkan teknologi tersebut untuk mengirimkan gambar, pesan, hingga MMS, sesuai kebutuhan.
  • Teknologi 3G => Teknologi 3G dirilis pertama kali di negeri Sakura dan dilakukan oleh NTT DoCoMo. Dibandingkan dengan teknologi sebelumnya, teknologi yang satu ini tentu lebih canggih ditandai dengan adanya layanan baru seperti halnya video call, video streaming, dan juga voice over
  • Teknologi 4G => Adalah teknologi jaringan yang ditandai dengan peluncuran iPhone yang dilakukan pada tahun 2007. Sayangnya, masih banyak daerah yang masih belum menikmati teknologi yang satu ini.
  • Teknologi 5G => Kemajuan teknologi membuat 5G terlahir. Teknologi yang satu ini menawarkan berbagai kelebihan dibandingkan dengan teknologi-teknologi jaringan yang sebelumnya.

Seiring dengan perkembangan zaman, berbagai teknologi yang disediakan membawa banyak kepraktisan terutama untuk membantu mempermudah kegiatan manusia sehari-hari.

Perbandingan Teknologi 5G dan 4G LTE

Teknologi 5G

Teknologi yang satu ini menawarkan kapasitas yang jauh lebih besar dibandingkan dengan jaringan 4G. Perbedaan lainnya juga bisa dilihat dari kecepatannya yang lebih baik dibandingkan dengan 4G karena menggunakan teknologi radio yang lebih maju hingga banyaknya spektrum yang tersedia.

5G sendiri dianggap sebagai jaringan seluler yang akan menggantikan 4G dengan memberikan sejumlah peningkatan, seperti halnya jangkauan, kecepatan, hingga keandalan.

5 Kelebihan dari Teknologi 5G

Teknologi 5G

Teknologi yang satu memiliki banyak sekali keunggulan, terutama bagi para pengguna ponsel pintar. Apalagi, teknologi yang satu ini dilengkapi dengan gelombang milimeter yang menggunakan frekuensi 30 sampai dengan 300 gigahertz. Dibandingkan dengan jaringan 4G, maka gelombang radio yang dimiliki oleh teknologi ini lebih tinggi.

Lantas kelebihan apa saja sih yang bisa didapatkan dengan menggunakan teknologi jaringan yang satu ini? Anda bisa langsung simak ulasan yang berikut ini.

1. Internet lebih cepat

Siapa yang tidak ingin berselancar secara cepat di internet tanpa harus menunggu loading lama? Tentu setiap orang menginginkannya. Teknologi jaringan 5G sendiri membuat internet semakin cepat, bahkan diklaim bisa sampai 2 kali lipat dari kecepatan 4G.

Dengan kecepatan internet yang bagus, maka aktivitas browsing, entah untuk sekedar mencari informasi, keperluan pekerjaan, dan belajar juga akan semakin lancar. Tidak hanya itu, namun panggilan telepon, pesan teks, juga akan lebih ditingkatkan layanannya.

2. Menghemat waktu dari para pengguna

Selaras dengan kelebihan di atas, Anda juga akan lebih hemat waktu dan tenaga saat menggunakan untuk beraktivitas. Selain untuk kegiatan internet, kegiatan lain seperti mengunggah file juga bisa lebih cepat, bahkan dalam ukuran file yang besar sekalipun. Alhasil, waktu juga tidak akan banyak terbuang.

3. Lebih hemat baterai

Ada banyak hal yang menjadi penyebab baterai ponsel menjadi boros. Salah satunya adalah kegemaran berselancar di internet tanpa henti. Namun, hal ini bisa lebih diminimalisir dengan adanya jaringan 5G.

Teknologi yang satu ini membuat ponsel tidak harus bekerja keras untuk menangkap sinyal, seperti pada penggunaan jaringan-jaringan yang sebelumnya. Alhasil, ponsel juga bisa digunakan secara lebih lama dari sebelumnya.

4. Jaringan yang luas

Cakupan jaringan dari 5G juga sangat luas, bukan hanya di kota-kota saja, namun juga ke daerah-daerah. Alhasil, sinyal juga akan lebih mudah untuk didapatkan. Dengan demikian, mau kemanapun Anda, Anda akan tetap terhubung jaringan dengan sinyal yang bagus dan kuat.

5. Mendeteksi bencana alam

Seperti yang diketahui, bencana bisa terjadi dimana saja dna kapan saja. Meski demikian, dengan adanya teknologi yang serba canggih, termasuk juga dengan memanfaatkan jaringan 5G, bencana alam juga bisa lebih diprediksikan. Bahkan, teknologi ini juga bisa digunakan untuk mencari orang hilang.

Kelebihan lain yang bisa didapatkan dari teknologi yang satu ini adalah proses pendidilan yang berupa online learning juga akan menjadi lebih mudah.  Dan dengan banyaknya kelebihan di atas, tidak heran jika ada banyak orang yang menyambut baik penggunaan jaringan 5G.

3 Kekurangan dari Teknologi 5G

tiga kekurangan

Namun, di balik banyaknya kelebihan yang ditawarkan, teknologi yang satu ini juga tidak lepas dari yang namanya kekurangan. Adapun beberapa kekurangan dari 5G, antara lain adalah sebagai berikut :

1. Membutuhkan banyak BTS

BTS adalah Base Tranreceiver Station yang banyak dibutuhkan karena menggunakan gelombang milimeter dalam penerapannya. BTS sendiri merupakan infrastruktur yang berguna untuk memfasilitasi komunikasi tanpa kabel antara komunikasi dengan jaringan operator.

2. Radiasi gelombang milimeternya tinggi

Dengan radiasi gelombang milimeternya yang lebih tinggi, maka dampak pada kesehatan juga perlu diperhatikan. Gelombang ini bisa berakibat pada luka bakar atau bahkan kerusakaan termal lainnya. Bisa terjadi jika pemanasannya terlalu banyak.

3. Membutuhkan biaya yang tinggi

Biaya yang harus dikeluarkan untuk mebangun infrastruktur dari jaringan 5G tentu tidak sedikit. Selain itu, teknologi yang satu ini juga masih dalam proses penelitian.

Dengan mengetahui kelebihan dan juga kekurangan dari teknologi 5G, hal ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Pertimbangan yang dimaksud adalah apakah selanjutnya ingin membeli jenis ponsel dengan teknologi ini atau tidak.

Bagi Anda yang memiliki kelebihan pulsa, Anda bisa langsung menghubungi Sukma Convert, sebagai jasa convert pulsa pilihan. Kami siap melayani penukaran pulsa yang akan ditukarkan dalam bentuk uang lalu dikirimkan ke rekening atau dengan diganti dalam bentuk saldo dompet digital, sesuaikan sendiri dengan pilihan Anda.

Posted in Wawasan Umum and tagged , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *