pemakaian infrared

Apa Itu Inframerah dan Apa Saja Manfaat serta Kelebihan dan Kekurangannya

Teknologi infrared tentu sudah tidak asing lagi terdengar bagi Anda. Apalagi, jenis teknologi yang satu ini telah banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan manusia, mulai dari di bidang komunikasi, kesehatan, kedokteran, hingga kebutuhan yang lainnya. Lantas apa sebenarnya yang dimaksud dengan teknologi yang satu ini?

Apa Itu Definisi dan Pengertian dari Teknologi Infrared

Teknologi Infrared

Cahaya inframerah adalah tipe radiasi yang tidak tampak oleh mata manusia, namun bisa dirasakan panasnya. Keberadaan inframerah sendiri diaplikasikan pada banyak kegiatan seperti halnya proses untuk transfer data,  face recognition, teleskop astronomi, hingga remote control. Dan berikut ini adalah beberapa karakteristik dari sinar inframerah.

  • Bersumber dari radiasi panas
  • Memiliki panjang gelombang yang berbalik dengan suhu
  • Infrared juga tidak bisa menembus objek yang sifatnya tidak transparan

Sejarah dan Asal Mula DItemukannya Teknologi Infrared

Teknologi Infrared

Infrared merupakan teknologi yang pertama kali ditemukan oleh seorang astronom kelahiran Jerman. Adalah Sir William Herschel yang menemukan infrared pada tahun 1800. Herschel sendiri akrab dengan penemuan Newton yang menyatakan bahwa sinar matahari bisa dipisahkan menjadi komponen kromatik dengan pembiasan melalui prisma kaca.

Menurut Herchel, warna- warna barangkali memiliki tingkat panas yang berbeda antara satu dengan yang lain. Dari hipotesis tersebut, ia merancang eksperimen untuk melakukan pengujian terhadap teorinya. Selanjutnya, Herschel menciptakan spektrum dengan melewati sinar matahari melalui kaca prisma dan mengukur tingkatan suhu warna yang berbeda.

Saat mengukur suhu dengan spektrum dari cahaya ungu, biru, hijau, oranye, kuning, dan merah, Herschel menemukan bahwa semakin mendekati warna metah, suhu mengalami peningkatan.

Herschel selanjutnya mengukur suhu di luar bagian merah dari spektrum dan menemukan jika pada bagian tersebut memiliki suhu yang tertinggi dan mengandung paling banyak panas.

Eksperimen yang dilakukan oleh Herschel sendiri mengarah ke penemuan cahaya inframerah. Sejak penemuan tersebut, infrared telah banyak memberikan manfaat bagi manusia, sampai dengan saat ini.

3 Manfaat Infrared Pada Teknologi Komunikasi

Teknologi Infrared

Teknologi infrared seringkali telah banyak digunakan dalam bidang, termasuk juga di bidang komunikasi. Adapun beberapa manfaat infrared di bidang komunikasi antara lain adalah sebagai berikut :

1. Pengiriman data

Pengiriman data bisa lebih mudah dan praktis dengan adanya infrared. Penggunaannya juga bebas biaya dan bisa dilakukan kapan saja melalui perangkat yang sudah disematkan teknologi yang satu ini.

Sebelum bermunculan berbagai aplikasi untuk transfer data, penggunaan infrared menjadi salah satu pilihan disamping bluetooth.

2. Keamanan ponsel

Bisa juga digunakan untuk meningkatkan keamanan pada ponsel, dimana salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi pengenalan wajah. Teknologi ini akan menggunakan kamera inframerah untuk mengenali wajah dari sang pemilik ponsel.

Dalam hal ini, titik-titik dari sinar inframerah akan diproyeksikan ke arah wajah dan ditangkap kamera. Selanjutnya, fitur pengenalan wajah ini akan menghasilkan model wajah kita. Alhasil, ponsel juga akan semakin aman serta tidak mudah disalah gunakan oleh pihak lain.

3. Remote control

Ada juga remote control dari AC dan juga televisi yang memanfaatkan teknologi infrared. Dalam hal ini, sensor penerima akan mengubah sinyal cahaya infrared menjadi sinyal listrik yang memberikan instruksi mikroposessor sesuai dengan perintah.

Teknologi dari infrared juga banyak dimanfaatkan untuk alat komunikasi jarak jauh, kamera  tembus pandang, dan juga kamera nighscoop.

Manfaat Teknologi Infrared Pada Bidang Lainnya

Teknologi Infrared

Tidak hanya digunakan di bidang komunikasi, infrared juga berguna untuk keperluan lainnya, seperti yang berikut ini :

Bidang Kesehatan

Di bidang kesehatan, infrared memiliki manfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh hingga mengembangkan Ph yang ada di dalam tubuh. Manfaat lainnya adalah untuk mengenai informasi kesehatan dari organ yang ada di dalam tubuh seseorang.

Informasi dari infrared selanjutnya akan digunakan oleh dokter untuk mengambil keputusan atas pengobatan pasien. Dengan demikian, pengobatan bisa dilakukan secara lebih tepat sesuai dengan kondisi pasien.

Dalam Bidang Industri

Infrared juga digunakan dalam bidang industri dengan berbagai manfaatnya, seperti yang berikut ini :

  • Lampu infrared => Digunakan sebagai proses untuk melakukan pemanasan di bidang industri. Lampu infrared sendiri adalah lampu pijar dengan suhu drai kawat pijarnya mencapai kurang lebih 2500 0
  • Pemanasan infrared => Banyak digunakan pada berbagai jenis alat seperti halnya pemanggang dan juga bola lampu

Bidang Keruangan

Sebagai contoh adalah saat suatu gedung memiliki panas yang tidak normal di bagian tertentu, maka hal ini bisa terdeteksi dengan adanya teknologi yang satu ini. Alhasil, pemilik gedung bisa segera melakukan perbaikan pada bagian yang dirasa memiliki panas tidak normal tersebut.

Pemanfaatan teknologi dari infrared juga banyak digunakan di bidang pencitraan pandangan dan lain sebagainya.

2 Kelebihan dari Teknologi Infrared

2 kelebihan

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan teknologi yang satu ini kepada para penggunanya, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Transfer data mudah

Keberadaan teknologi dari infrared memungkinkan seseorang untuk melakukan transfer data secara lebih mudah dan tentunya bebas biaya. Cara transfer data melalui teknologi ini juga bisa dilakukan secara sederhana.

Transfer data menggunakan infrared juga tidak memerlukan sinyal. Alhasil, bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, sesuai dengan kebutuhan.

2. Tanpa kabel

Pengunaan infrared tergolong praktis dan mudah dilakukan. Teknologi ini memungkinkan seseorang untuk melakukan transfer data tanpa kabel. Caranya adalah dengan menghadapkan bagian modul inframerah ke perangkat yang diinginkan. Saat pengiriman dilakukan, tidak boleh ada benda yang menghalangi.

Dengan berbagai kelebihan di atas, tidak heran jika proses transfer data menjadi lebih mudah dan praktis melalui infrared.

2 Kekurangan dari Teknologi Infrared

kekurangan

Meski memiliki banyak kelebihan, namun infrared juga tidak lepas dari beberapa kekurangan. Dan berikut ini adalah beberapa kekurangan dari teknologi yang satu ini :

1. Lambat

Transfer data yang dilakukan dengan menggunakan infrared dianggap lebih lambat jika dibandingkan dengan teknologi lain seperti bluetooth. Tidak hanya itu, jarak transfer data dilakukan untuk jarak yang dekat dan tidak bisa pada jarak yang jauh.

2. Sedikit repot

Kerepotan disini terjadi karena transfer data harus dilakukan dengan menghadapkan cara kedua lubang infrared. Hal ini tentu cukup menyulitkan karena jika tidak dilakukan, transfer bisa gagal dilakukan.

Selain kekurangan di atas, kekurangan lainnya adalah bahaya jika terkena mata. Inilah kenapa, ada baiknya penggunaannya dilakukan hati-hati dan jangan sampai menyorot ke organ vital penglihatan yang satu ini.

Dengan mengetahui kelebihan dan juga kekurangan dari teknologi infrared, Anda juga akan semakin bijak dalam menggunakannya.

Apakah Anda memiliki kelebihan pulsa dan ingin ditukar dengan uang tunai ke rekening? Jika iya,  Anda bisa segera menghubungi Sukma Convert sebagai jasa convert pulsa terpercaya. Sebelum melakukan penukaran, Anda bisa cek dulu harga tukar yang kami tawarkan. Tidak perlu khawatir karena harga tukar yang kami tawarkan cukup tinggi.

Posted in Wawasan Umum and tagged , , , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *