7 Penyebab dan 7 Ciri Kerusakan pada Handphone

Apa Saja Penyebab Kerusakan dan Cirinya pada HP (Handphone)

7 penyebab dan 7 ciri kerusakan pada handphone sebaiknya perlu Anda diwaspadai. Kerusakan pada ponsel sendiri sering ditemui dan tentunya menjadi penyebab kenapa ponsel tidak lagi bisa digunakan dengan baik atau bahkan mati total. Hal ini tentu saja merugikan bagi para pengguna ponsel terutama jika aktivitas sehari-hari Anda mengharuskan menggunakan jenis gadget satu ini.

7 Penyebab Kerusakan pada Ponsel

7 penyebab dan 7 ciri kerusakan pada handphone

Ada banyak penyebab ponsel mengalami masalah yang sebaiknya Anda hindari untuk menjaga ponsel tetap berjalan dan bisa digunakan dengan baik. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang dimaksud :

1. Memori Penuh

Masalah yang satu ini biasanya terjadi karena penyimpanan internal yang terbatas. Memori data internal biasa digunakan video, foto, atau bahkan file dari aplikasi. Jika data yang tersimpan di dalamnya sudah terlalu banyak, ponsel juga akan bermasalah dan perlu dihapus dulu data yang sekiranya tidak berguna.

2. Penggunaan Charger yang Tidak Resmi

Charger ponsel tidak resmi atau bajakan memang banyak beredar di pasaran. Pembeliannya yang lebih mudah dan harga lebih murah, membuat banyak orang tertarik untuk membelinya. Sayangnya, penggunaan charger yang tidak resmi bisa memicu kerusakan pada ponsel yang Anda gunakan.

3. Charge Ponsel Terlalu Lama

Kebiasaan yang satu ini merupakan penyebab ponsel rusak yang bisa jadi tidak Anda sadari. Beberapa orang bahkan mengecas ponsel dalam waktu lama hingga ditinggal tidur. Meski dianggap sebagai sesuatu yang sepele, namun, ponsel tidak akan awet jika kebiasaan ini diteruskan.

Ponsel yang di cas terlalu lama bisa membuat baterai ponsel tidak bertahan lama dan berkurang dengan sangat cepat. Tidak hanya itu, cas ponsel yang terlalu lama bisa membuat baterai menggembung dan meledak. Akan lebih baik jika Anda mengecas ponsel dalam waktu yang cukup serta sesuai dengan aturan.

4. Ponsel Kemasukan Air

Membawa ponsel yang ceroboh terkadang membuat ponsel terjatuh ke dalam air. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan atau bahkan ponsel yang mati total. Untuk mengatasi penyebab rusaknya ponsel yang satu ini adalah dengan membongkar ponsel dan masukkan ke dalam semangkuk beras.

5. Menerima Panggilan saat Ponsel dicas

Ada beberapa dampak buruk jika kebiasaan yang satu ini terus Anda lanjutkan. Bukan hanya ponsel yang mudah rusak, namun juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Panas ponsel tidak bagus untuk baterai dan membuatnya cepat rusak. Jika dilihat dari segi kesehatan, maka paparan ponsel bisa saja mengganggu kesehatan otak.

6. Tidak Pernah Mematikan Ponsel

Banyak orang yang kini seolah tidak bisa dilepaskan dari penggunaan gadget. Alhasil, mereka selalu membawa gadget kemana-mana bahkan saat berada di dalam rumah. Sayangnya, penggunaan yang dilakukan terus menerus tanpa pernah mematikan ponsel bisa berakibat buruk bagi ponsel itu sendiri.

Akan lebih baik jika Anda mematikan ponsel beberapa jam sehari. Hal ini dilakukan supaya ponsel bisa bekerja dengan baik lagi setelah proses dimatikan selesai.

7. Mengunduh Situs yang Mengandung Malware

Sekarang ini ada begitu banyak aplikasi yang bisa ditemukan dengan mudah di toko aplikasi atau bahkan situs tertentu. Sayangnya tidak semua aplikasi bisa diunduh secara aman karena mengandung yang namanya malware.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Anda sebaiknya rajin memperbarui aplikasi agar keamanan juga bisa diperbaruhi serta untuk menambal bug yang ada.

7 penyebab dan 7 ciri kerusakan pada handphone, ada yang ringan serta yang berat. Jika kerusakan yang terjadi adalah jenis kerusakan yang ringan, maka bisa diperbaiki dengan cara-cara yang sederhana. Namun jika kerusakan yang timbul adalah jenis kerusakan yang berat, maka bisa diperbaiki di tempat servis atau bahkan dengan mengganti beberapa komponen di dalam ponsel.

7 Ciri-ciri Penyebab Kerusakan pada Handphone

7 penyebab dan 7 ciri kerusakan pada handphone

Terjadinya kerusakan pada ponsel bisa diketahui karena ada ciri-ciri tertentu yang menyertainya. Berikut ini adalah beberapa ciri ponsel yang mengalami kerusakan baik karena kebiasaan buruk pengguna atau karena komponen di dalam ponsel yang mengalami kerusakan :

1. Baterai Sulit Terisi Penuh

Penggunaan charger tidak resmi membuat ponsel mengalami lemot hingga tidak bisa dioperasikan secara cepat dan baik. Belum lagi lamanya waktu pengisian ponsel akibat charger palsu yang digunakan. Akan lebih baik jika Anda menggunakan charger resmi serta bergaransi agar ponsel awet dan dengan pengisian juga cepat.

2. Baterai Cepat Habis

Merasa baterai cepat habis meski baru saja di cas? Bisa jadi karena penyimpanan daya dari ponsel sudah mengalami kerusakan. Baterai yang cepat habis membuat ponsel tidak bisa digunakan secara maksimal lantaran pengguna harus segera mengisi ulang daya berulang kali dalam waktu singkat.

3. Panas Berlebihan

Kerusakan lainnya adalah ponsel yang mengalami panas berlebihan, meski hanya digunakan dalam waktu singkat. Jika masalah yang satu ini Anda alami, maka bisa jadi baterai ponsel tengah mengalami masalah.

4. Bentuk Baterai Berubah

Baterai normal pada umumnya memiliki bentuk persegi panjang dan dengan desain yang tipis. Namun, jika baterai tersebut mengalami perubahan bentuk dimana salah satunya adalah berubah mengembung, maka bisa dipastikan jika baterai ponsel tersebut telah mengalami kerusakan.

5. Ponsel Sering Hang

Kerusakan yang satu ini membuat ponsel lemot hingga hang secara tiba-tiba. Hal ini cukup sering ditemukan dengan penyebab yang beragam, dimana salah satunya adalah kebanyakan mengunduh aplikasi. Untuk mengatasinya, Anda bisa menghapus aplikasi yang tidak berguna agar ponsel bisa kembali berjalan normal.

Jika ponsel yang dimiliki sering mengalami macet dan mati sendiri, maka tidak ada salahnya untuk restart ponsel terlebih dahulu.

6. Arus Tidak Stabil

Kerusakan baterai lainnya bisa dilihat dari arus pengisian baterai. Arus pengisian yang tidak stabil terkadang masuk dan di saat berikutnya tidak, mengindikasikan jika ada yang tidak beres pada ponsel yang digunakan. Dalam hal ini, Anda bisa membeli charger baru agar pengisian bisa lancar dilakukan.

Namun jika sudah beli charger dan hasil tetap sama, maka bukan chargernya yang bermasalah, namun justru komponen baterainya.

7. Sinyal Ponsel Tidak Keluar

Bisa saja sinyal ponsel muncul sendiri atau bahkan tidak muncul sama sekali. Penyebab dari jenis kerusakan yang satu ini cukup beragam. Kerusakan bisa berhubungan dengan komponen atau bahkan yang berhubungan dengan sistem.

7 penyebab dan 7 ciri kerusakan pada handphone memang cukup beragam. Lantas bagaimana cara agar ponsel bisa awet dan bisa digunakan secara lancar? Ada baiknya untuk tidak menggunakan handphone terlalu lama. Selain itu, pastikan jika Anda tidak menggunakan ponsel saat sedang di cas. Hindari juga ponsel mati sendiri akibat kehabisan baterai ya.

Bagi Anda yang tertarik untuk menukar pulsa menjadi uang tunai yang masuk ke dalam rekening, Anda bisa menghubungi SukmaConvert. SukmaConvert merupakan jasa convert pulsa yang menawarkan kurs cukup tinggi. Jika tertarik, Anda bisa segera menghubungi kami pada salah satu kontak yang tersedia.

Posted in Wawasan Umum and tagged , , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *