Pengertian Bootloop dan Apa Saja Penyebabnya

Pengertian Bootloop dan Apa Saja Penyebabnya

Bagi Anda pengguna android, sebaiknya ketahui apa itu bootloop pada gadget Anda tersebut. Jenis gangguan yang satu ini bisa terjadi kapan saja dan membuat penggunaan ponsel menjadi terganggu. Berdasarkan tingkat kerusakannya, dibagi menjadi 2 yaitu light bootloop dan juga hard bootloop.

Pengertian dan Definisi Apa Itu Bootloop pada Handphone

Pengertian dan Definisi Apa Itu Bootloop pada Handphone

Bootloop merupakan gangguan yang terjadi pada piranti lunak dari android. Adapun ciri jika ponsel Anda mengalami bootloop adalah kesulitan untuk masuk ke dalam sistem dengan kondisi ponsel yang menampilkan logo android. Selain logo android, bisa juga logo vendor lah yang muncul di layar secara berulang.

Apa Saja Penyebab Bootloop dan Cirinya

Apa Saja Penyebab Bootloop dan Cirinya

Selain ciri di atas, ciri lainnya adalah ponsel yang seringkali melakukan restart sendiri. Ponsel juga terkadang mati serta tidak dapat dihidupkan lagi. Ketika pengguna mencoba menghidupkan ponselnya, maka hanya tampilan logo merek saja yang akan muncul di layar ponselnya.

Gangguan diatas tentunya akan sangat menganggu terutama jika Anda tengah membutuhkan ponsel untuk berkomunikasi hingga menunjang pekerjaan sehari-hari. Agar gangguan yang satu ini bisa dihindari, ada baiknya untuk mengetahui penyebab ponsel mengalami gangguan diatas, seperti yang berikut ini :

  • Sering melepas baterai => Sering melepas baterai terlebih saat kondisi ponsel yang menyala adalah salah satu penyebabnya. Kebiasaan yang satu ini dapat menyebabkan bootloop atau bahkan berbagai jenis gangguan yang lain seperti halnya kerusakan data. Ponsel juga bisa mati total jika kebiasaan ini diteruskan
  • Salah mengatur permission => Kesalahan dalam mengatur hak akses aplikasi supaya aplikasi bisa mengakses beberapa informasi pada ponsel juga bisa berakibat Selalu berhati-hati dan teliti dalam memberikan permission di ponsel Anda
  • Mengubah script pada folder sistem => Pengubahan script terkadang dilakukan oleh pecinta game supaya dapat menikmati game yang mereka inginkan. Padahal, mengganti isi script dengan aplikasi yang ada secara sembarangan berpotensi meningkatkan terjadinya gangguan berupa bootlop
  • Pemasangan mod => Memasang mod tidak sesuai dengan kondisi ROM ponsel juga bisa berakibat Selain itu, kondisi mod yang tidak tersusun dengan baik juga menjadi salah satu penyebab terjadinya gangguan. Sebelum melakukan pemasangan mod, ada baiknya untuk memastikan dulu jika spesifikasi ponsel sudah sesuai

Selain penyebab di atas, penyebab lain yang bisa saja menimbulkan gangguan bootloop pada ponsel adalah kegiatan melakukan restore file.

Dengan mengetahui berbagai penyebab yang bisa membuat ponsel mengalami gangguan, Anda juga bisa lebih berhati-hati dalam menggunakan ponsel untuk menghindari gangguan yang satu ini.

2 Jenis Bootloop Pada HP

2 Jenis Bootloop Pada HP

Ada 2 jenis bootloop yang biasa terjadi pada ponsel seperti halnya bootloop ringan atau light bootloop dan juga jenis bootloop yang parah atau hard bootloop. Untuk mengetahui secara lebih jauh mengenai perbedaan dari kedua jenis bootloop diatas, Anda bisa langsung simak ulasan yang berikut ini :

Light Bootloop

Jenis gangguan yang satu ini disebut juga dengan bootloop ringan yang biasanya terjadi secara mendadak. Cirinya adalah kemunculan black screen selama beberapa saat. Bisa juga ditandai dengan ponsel yang hanya menampilkan logo saja. Masalah yang satu ini bisa saja terjadi karena beberapa hal seperti bermain game atau saat sedang melakukan instal aplikasi.

Hard Bootloop

Jenis gangguan yang satu ini bisa terjadi jika gangguan sudah cukup parah. Salah satu penyebabnya adalah ponsel pengguna yang gagal dalam melakukan upgrade pada sistem operasinya. Bisa juga disebabkan oleh penggantian stock ROM hingga memunculkan proses booting yang terjadi secara tidak normal.

Untuk mengatasi berbagai masalah di atas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Namun tentunya, Anda harus mencari dulu apakah bootloop yang terjadi merupakan gangguan yang masih ringan atau sudah tergolong parah. Selanjutnya, Anda bisa mengatasi gangguan sesuai dengan jenis bootloop yang terjadi.

Cara Mengatasi Bootloop dengan Benar

Cara Mengatasi Bootloop dengan Benar

Bootloop harus segera diatasi agar ponsel bisa digunakan kembali. Untuk cara mengatasi tersebut yang mudah dan tepat, Anda bisa simak beberapa cara yang berikut ini :

Mencabut Baterai

Cara yang satu ini bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan bootloop yang tergolong ringan. Untuk langkahnya, Anda bisa simak langsung cara yang berikut ini :

  • Matikan ponsel => Jika sudah, Anda bisa mencabut kartu SIM yang tertanam di dalamnya. Cabut juga memori eksternal dan juga baterai jika yang Anda gunakan adalah ponsel yang bukan betarai tanam
  • Diamkan => Tunggu dan diamkan ponsel mulai dari setengah jam hingga seharian lalu pasang kembali komponen yang sudah Anda cabut tersebut. Nyalakan lagi ponselnya dan masalah sudah teratasi

Melakukan Factory Reset

Cara yang satu ini bisa dilakukan untuk jenis gangguan bootloop yang parah alias hard bootloop. Sebelum melakukan factory reset, ada baiknya untuk mencadangkan dulu berbagai data yang terdapat di dalam ponsel. Selanjutnya, Anda bisa lakukan langkah yang berikut ini :

  • Cari menu recovery => Anda bisa menekan bagian tombol power + volume down. Tekan sampai muncul tampilan logo ponsel di layar lalu lepaskan tombol yang ditekan jika menu sudah muncul
  • Lakukan reset => Selanjutnya adalah pilih menu backup & resert lalu pilih Jika sudah, Anda bisa memilih menu wipe Data / factory reset. Jika sudah muncul pesan pemberitahuan, Anda bisa pilih yes dan langkah melakukan factory reset sudah selesai dilakukan

Menghapus Cache Sistem Ponsel

Cara menghapus cache sistem merupakan cara untuk mengatasi bootloop secara mudah dan sederhana. Dan berikut ini langkah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan penghapusan cache pada sistem ponsel yang Anda gunakan.

  • Cari menu recovery mode => Anda bisa langsung menekan bagian tombol power + volume down. Tunggu beberapa saat sampai logo ponsel muncul di layar. Lepaskan tombol lalu cari menu recovery mode
  • Lakukan pembersihan cache => Anda bisa pilih menu anvanced lalu pilih wipe-dalvik cache. Dan jika sudah Anda bisa pilih menu mounts & storage yang dilakukan dengan memilih menu wipe/cache

Meski demikian, Anda juga harus tahu jika menu recovery mode pada setiap ponsel bisa berbeda antara satu dengan yang lain. Anda bisa menyesuaikan cara masuk ke menu ini sesuai dengan tipe ponsel yang Anda gunakan.

Mengetahui apa itu bootloop dan cara mengatasinya sebaiknya diketahui oleh para pemilik ponsel. Dengan demikian, Anda juga bisa gerak cepat dalam mengatasi gangguan pada ponsel yang satu ini.

Bagi Anda yang memiliki pulsa berlebih dan ingin ditukar dengan uang tunai di rekening ataupun ditukar menjadi saldo Ovo, Gopay, dan Dana, bisa menghubungi Sukma Convert. Kami merupakanjasa convert pulsa yang sudah berpengalaman di bidangnya. Klik disini untuk menggunakan apliksi kalkulator pulsa kami.

Posted in Wawasan Umum and tagged , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *