Penyebab Ponsel (Handphone) Panas

6 Penyebab Handphone Cepat Panas Saat Digunakan

Ada banyak penyebab ponsel (handphone) panas yang bisa berakibat pada kerusakan ponsel. Ponsel panas sendiri merupakan salah satu gangguan yang seringkali dialami oleh para pemilik ponsel saat menggunakan gadget mereka.

Bagi Anda yang seringkali mengalami gangguan ponsel panas, tidak ada salahnya untuk simak penyebab dan cara mengatasinya yang berikut ini :

1. Panas Eksternal

penyebab ponsel panas

Hal ini terjadi saat Anda tinggal di lokasi yang berhawa panas. Untuk mengatasi masalah yang satu ini, maka tidak ada salahnya jika Anda menghindari sinar matahari secara langsung pada ponsel.

Lepas juga sarung ponsel yang bisa menyebabkan panas tertahan di dalam hingga menyebabkan terjadinya overheating. Anda juga bisa mencoba mendinginkan ponsel yang panas dengan kipas.

2. Penggunaan Aplikasi

penyebab ponsel panas dan penggunaan aplikasi

Beberapa orang merasa sudah mematikan aplikasinya, namun ponsel tetap saja terasa panas. Jika memang Anda merasa sudah menutup aplikasi dan tidak menggunakannya lagi, maka bisa jadi background apps yang menjadi penyebabnya. Segera lakukan pengecekan penggunaan backgroud apps.

Caranya adalah dengan melakukan pengecekan di pengaturan lalu masuk ke Apps dan pilih background apps. Dari sana, Anda bisa mengetahui aplikasi apa saja yang berjalan tanpa digunakan. Selanjutnya, tutup aplikasi yang terus bekerja dan membuat ponsel panas tersebut.

3. Kabel Pengisi Daya

penyebab ponsel panas dan kabel pengisi daya

Kabel pengisi daya yang tidak standar pabrikan biasanya menjadi salah satu masalah panasnya ponsel. Selain panas, pengisi daya yang demikian juga bisa menyebakan baterai lambat masuk.

Disarankan untuk menggunakan kabel pengisi daya yang berkualitas atau sesuai dengan standar pabrikan. Pastikan juga untuk mengisi baterai tidak melebihi daya maksimal. Untuk menghindari panas berlebih dan mengurangi usia baterai, Anda juga bisa mengurangi tingkat kecerahan layar dari ponsel yang dimiliki.

4. Karena Penggunaan Wifi

penyebab ponsel panas dan penggunaan wifi

Banyak orang menggunakan Wifi untuk berselancar di internet secara bebas dan puas, sayangnya wifi juga menjadi penyebab kenapa ponsel cepat panas. Namun penyebab yang satu ini hanya terjadi jika koneksinya sedang tidak stabil. Untuk mengatasinya, Anda bisa memastikan dulu wifi saat tidak dibutuhkan.

5. Debu

debu di bagian belakang ponsel

Masalah debu juga sebaiknya diperhatikan. Karena jika tidak, debu bisa saja menempel di bagian belakang ponsel dalam jumlah yang tidak sedikit hingga menyebabkan panas. Solusinya, adalah dengan membuka bagian belakang ponsel lalu membersihkan debu yang menempel di sana.

Jika debu tidak dibersihkan, ponsel bisa saja sulit mendingin akibat panas yang tertahan oleh debu tersebut. Cara mengatasi penyebab ponsel (handphone) panas ini adalah dengan menggunakan sekaleng udara bertekanan yang bisa dibeli di toko elektronik.

6. Streaming Terlalu Lama

streaming terlalu lama

Kegiatan streaming membutuhkan koneksi internet dan daya yang besar. Tidak heran jika ponsel menjadi lebih cepat panas karena kegiatan yang satu ini. Untuk mengatasinya, Anda bisa membatasi waktu streaming yang terkadang dilakukan secara berlebihan.

6 hal di atas merupakan penyebab ponsel (handphone) panas yang bisa diselesaikan sesuai dengan solusi yang ada. Namun, jika penyebab ponsel panas belum diketahui dan disertai dengan kinerja ponsel yang memburuk, maka bisa jadi, Anda telah menggunakan ponsel dalam kurun waktu yang lama. Untuk masalah yang satu ini, tidak ada salahnya jika Anda mempertimbangkan pembelian ponsel yang baru.

Jika Anda memiliki kelebihan pulsa dan ingin ditukar dengan saldo ecommerce atau dengan uang cash yang masuk ke rekening, Anda bisa menghubungi sukma convert. Kami merupakan jasa convert pulsa terpercaya yang siap melayani penukaran pulsa dengan nilai kurs atau nilai tukar yang tinggi. Segera hubungi kami untuk penukaran secara lebih lanjut.

Posted in Wawasan Umum and tagged , , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *